Mari Memahami Apa Itu Web API

API digunakan untuk mengambil data dan mempermudah proses development agar lebih efektif dan lebi...
Penulis
Admin
Kategori
Teknologi Web
Estimasi
6 menit baca
Dilihat
1.2K
Posting
24 Jun 2022
Mari Memahami Apa Itu Web API API digunakan untuk mengambil data dan mempermudah proses development agar lebih efektif dan lebih cepat. Lalu apa itu API, cara kerja API dan contoh API itu? Mari Memahami Apa Itu Web API
2022-11-25

Jika kamu merupakan developer atau programmer, mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya web API. API digunakan untuk mengambil data dan mempermudah proses development agar lebih efektif dan lebih cepat. Lalu bagaimana penjelasannya, cara kerjanya dan contohnya. Perusahaan besar seperti Google atau Facebook membuat web API sendiri untuk membantu dan meringankan beban kerja dalam server mereka. Beberapa dari layanan ini bahkan dapat digunakan oleh siapapun diseluruh dunia dengan keperluan tertentu, sebagai contoh mengambil beberapa postingan terakhir dari Instagram dengan menggunakan metode ini, nanti akan kita dijelaskan dibawah.

 

Web API: Pengertian, Contoh Dan Cara Kerjanya

 

 

1. Apa itu pengertian dari web API

API atau Application Programming Interface adalah sebuah antarmuka yang menghubungkan antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lain dalam bahasa pemrograman apapun. API merupakan sebuah perantara dalam menghubungkan aplikasi atau lintas platform.

Metode ini dapat dianalogikan sebagai memesan makan didalam restoran, disaat kalian memesan makanan, waiters yang akan memberikan menu makanan yang tersedia, setelah kalian selesai memesan dari menu, waiters tersebut akan meneruskan pesanan makanan kalian ke koki dan koki akan meneruskan makanan kalian setelah selesai dimasak, waiters tersebut itulah API dan menu merupakan data yang kalian pesan kedalam metode ini.

 

Apa itu web API

kodytechnolab.com

 

API diakses dalam protokol HTTP dan digunakan sebagai alat untuk melakukan komunikasi dengan developer lain dengan mengunakan berbagai macam bahasa pemrograman seperti PHP, Java, Ruby, .NET, Node JS, dll, yang bertujuan untuk merequest data tertentu. Dimana pemilik atau developer tidak perlu menyediakan data, tapi bisa mengambil data hanya dengan metode ini.

Sebuah website akan lebih mudah mengembangkan dengan cepat, misalnya untuk mengambil data, sebuah website akan membuat endpoint sendiri untuk mengambil data yang nantinya akan ditampilkan ke front-end. 

 

Jenis Web API

 

2. Apa saja jenis dari Web API

API terbagi kedalam 4 jenis dengan fungsi yang berbeda-beda yaitu Private, Public, Partner dan Composite.

1. Private API

Private hanya digunakan oleh penguna tertentu dan tidak bisa digunakan oleh public dan pengunaanya pun akan dibatasi.

Dan biasa digunakan untuk environment yang lebih kecil, misalnya sebuah front-end akan menghubungkan informasi yang akan ditampilkan melalui API pribadi dari platform tertentu atau pengembangan aplikasi yang berfokus pada aplikasi mobile yang khusus mengambil data dari layanan pribadi.

2. Public API

Public API merupakan hak akses data yang dapat digunakan oleh siapapun. Pengunaannya cukup luas dan Open Source.

Misalnya pengunaanya Google Map untuk menampilkan lokasi didalam Google Map yang akan kita tampilkan kedalam website atau bisa juga ingin menampilkan foto-foto post kalian di instagram yang bisa kalian integrasikan dengan mengunakan Instagram API.

3. Partner API

jenis partner mirip dengan jenis public namun akan bisa digunakan ketika kalian sudah registrasi terlebih dahulu dimana nantinya akan menyediakan key khusus untuk mengakses layanan.

Dan jenis ini memiliki aturan khusus didalamnya, untuk mengunakan layanan mereka, biasanya user yang ingin mengunakannya diharuskan membayar dengan jumlah tertentu untuk mendapatkan beberapa hak akses yang sudah diberikan oleh pemilik seperti jumlah request, data apa saja yang diperbolehkan dll.

4. Composite API

Jenis composite merupakan hak akses yang dapat menyimpan data dari berbagai server didalam suatu tempat.

Keuntungan dengan memiliki hak akses ini akan mendapatkan beberapa keuntungan dan flexibilitas akses data serta menghemat waktu.

 

JSON RPC API

wallarm.com

 

3. Mengenal Arsitektur dalam API

API juga memiliki arsitektur agar memiliki pondasi yang kuat dan dapat bertahan lama, setidaknya ada 3 jenis arsitektur, diantaranya:

1. RPC (Remote Procedure Call)

RPC merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk membantu kinerja client-side dan server-side dalam melakukan komunikasi.

RPC terdapat 2 jenis yaitu XML-RPC dan JSON-RPC, perbedaan dari kedua jenis ini terletak dalam transfer datanya, XML-RPC mengunakan file yang berupa XML (Extensible Markup Language) dalam melakukan transfer data, sedangkan JSON-RPC mengunakan file JSON (Javascript Object Notation) sebagai media untuk transfer data.

2. REST (Representational State Transfer)

Pengunaan arsitektur REST pada proses development cukup populer di kalangan developer, itu dikarena REST tidak membutuhkan baris kode yang panjang dan kompleks.

REST membentuk data berupa JSON dimana memiliki keunggulan dari pengunaan yang mudah dipahami dan ukuran filenya yang ringan yang berdampak pada performa aplikasi.

3. SOAP (Simple Object Access Protocol)

Berbeda dari REST yang mengunakan JSON, arsitektur lainnya adalah SOAP.

Dimana arsitektur SOAP membentuk data berupa XML, dimana XML ini merupakan sebuah dokumen khusus yang nantinya akan disimpan berupa dokumen XML.

 

4, Apa saja fungsi dan manfaat API?

Seperti yang sudah kita jelaskan tadi, banyak fungsi dan kegunaan dari metode ini yang dirasakan oleh developer.

1. Meringankan beban kerja server

Fungsi utamanya adalah meringankan beban kerja server dan membantu kinerja server, dimana dengan mengunakan metode ini tidak perlu lagi untuk mencari data, menyimpan semua data.

Dengan hanya cukup memanggil data dengan mengakses endpoint pada URL untuk mendapatkan data yang diinginkan dari server berasal.

2. Proses pembuatan aplikasi akan lebih cepat dan efektif

Sisi bagus dari metode ini adalah dari sisi pengembangan aplikasi dengan menghubungkan dua aplikasi yang berbeda, komunikasi antar platform akan jauh berjalan baik.

Jika kalian sedang mengembangkan aplikasi mobile, kalian hanya fokus dengan pengembangan aplikasi mobile tersebut, urusan data bisa ditangani oleh metode ini.

Proses integrasi dan penambahan fitur akan menjadi lebih cepat, karena tidak perlu mengupdate secara manual cukup dengan bantuan metode ini saja.

3. Membuat aplikasi bersifat fungsional

Aplikasi akan lebih fungsional dalam menambahkan informasi tertentu dan kalian tidak perlu menginputnya secara manual dan dapat tertangani dengan mudah.

Misalnya aplikasi yang membutuhkan biaya ongkos kirim kurir, jika tidak mengunakan metode ini, otomatis kita akan menginputnya secara manual dari nama kurir, harganya dll, akan terjadi masalah ketika harga tersebut berubah dan kita harus menginputkannya juga secara manual.

Seluruh data yang berkaitan akan berubah otomatis sesuai data yang berada diserver asal, maka data yang ditampilkan kedalam front-end pun akan berubah menyesuaikan perubahan dari server asal tadi.

 

Perbedaan Web API dan Web Service

 

5. Apa perbedaan Web API dan Web Service

Ada beberapa istilah lain yang harus kita pahami untuk membedakan web API dan web service.

Web API merupakan sistem aplikasi interface yang bertujuan untuk menghubungkan aplikasi satu dengan aplikasi lain berbasis website. Web service adalah layanan yang diberikan melalui platform berbasis website untuk menghubungkan aplikasi yang berbeda.

Perbedaan Web API dan web service:

  • Semua web service menggunakan API tapi tidak semua API digunakan sebagai web service.
  • Web service memfasilitasi untuk melakukan interaksi antara dua perangkat atau aplikasi melalui jaringan. Sedangkan API bertindak sebagai penghubung antara dua aplikasi berbeda sehingga bisa berkomunikasi satu sama lain ataupun tanpa jaringan.
  • Web service hanya menggunakan 3 jenis yaitu SOAP, REST, atau XML-RPC untuk berkomunikasi, sedangkan API dapat menggunakan jenis apapun.
  • Web service memerlukan jaringan, sedangkan API tidak selalu memerlukan jaringan.

 

6. Bedanya API, Rest API dan RESTful API

API adalah aplikasi interface yang bertujuan untuk menghubungkan antara aplikasi satu dengan aplikasi lainnya. Rest API merupakan salah satu dari jenis API itu sendiri. 

Sedangkan RESTful API merupakan REST client yang melakukan akses data pada REST server masing-masing, perbedaan sumber daya tersebut dapat dibedakan dari URLnya.

 

7. Cara kerja dan contoh API

Cara kerjanya adalah bagaimana aplikasi akan melakukan komunikasi kepada sebuah API itu sendiri, dan akan menerima request dari permintaan user untuk data yang akan ditampilkan dan server akan memberikan respon, informasi dan data kepada user.

Contoh yang banyak digunakan oleh orang lain pengunaan metode ini dalam menampilkan beberapa post terakhir di Instagram mereka, informasi user seperti followers, following, profile picture dll yang akan ditampilkan kedalam website.

Sebelum mengunakannya, kita harus mendaftarkan terlebih dahulu ke website developer instagram untuk mendapatkan hak akses dari url endpoint agar data yang ingin kita tampilkan dapat berjalan normal dan sesuai dengan aturan pemilik.

Dan setelah kita mendapat endpoint tersebut baru kita bisa olah data yang ingin kita tampilkan kedalam website secara otomatis tanpa kita harus memikirkan baris perbaris kodenya karena sudah mengunakannya itu tadi.

Website akan lebih cantik dengan tampilan post terakhir dan informasi akun instagram kalian dan akan meningkatan keprofesionalan website kalian itu sendiri.

 

Kesimpulan

Dengan memahami apa itu API dan bagaimana cara kerjanya, akan mempermudah proses development kalian menjadi lebih cepat dan efektif tanpa kalian harus membuat kode baris perbarisnya untuk memenuhi data itu sendiri, cukup dengan metode ini semua dapat diatasi.

Share