Web 3.0: Evolusi Teknologi Tercanggih Dimasa Depan

Web 3.0 sangat erat dalam menggunakan AI atau machine learning, karena semain canggih dan berkemb...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
1.0K
Posting
03 Aug 2022
Web 3.0: Evolusi Teknologi Tercanggih Dimasa Depan Web 3.0 sangat erat dalam menggunakan AI atau machine learning, karena semain canggih dan berkembangnya teknologi saat ini akan berpengaruh pada generasi situs kedepannya. Web 3.0: Evolusi Teknologi Tercanggih Dimasa Depan
2022-11-25

Perkembangan internet sangatlah pesat dan cepat, dengan bantuan internetlah kita dapat dengan mudah untuk mencari atau membeli sesuatu dalam internet. Setelah munculnya berita tentang metaverse yang akan merubah fase internet dimasa depan, baru-baru ini kita mendapatkan istilah baru yang berkaitan dengan metaverse yaitu evolusi dari teknologi web 3.0.

Saat ini kita menduduki generasi 2.0, dimana platform digital diseluruh dunia ini dibuat dengan basic teknologi HTML5, CSS3 dan Javascript, seperti YouTube, Facebook maupun wikipedia. Dalam perkembangan teknologi yang akan mendatang, platform lebih banyak menggunakan AI atau kecerdasan buatan.

 

Web 3.0: Evolusi Teknologi Tercanggih Dimasa Depan

themanualtherapist.com

 

 

1. Apa itu Web 3.0

Web 3.0 merupakan pergerakan era teknologi berbasis situs yang menawarkan informasi yang jauh lebih modern daripada generasi sebelumnya dengan bantuan AI atau Machine Learning dan merupakan generasi ketiga dari dua generasi sebelumnya yaitu 1.0 dan 2.0.

Generasi terbaru ini memang berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana generasi situs yang akan datang lebih diperluas lagi dan menerapkan konsep semantik dan AI untuk membaca dan berinteraksi dengan data, hal ini akan membuat pencarian informasi lebih relevan, cepat dan otomatis. Juga dapat meringankan mesin untuk mengumpulkan dan menarik kesimpulan dari internet.

Konsep ini pertama kali diperkenalkan oleh Tim Berners Lee yang menemukan World Wide Web atau WWW sebagai sarana untuk mengumpulkan dan membaca seluruh situs yang ada diinternet.

Pada generasi terbaru ini sangat berkaitan dengan beberapa aspek yang memperkuat hubungan diantara teknologi canggih agar dapat terkoneksi dengan baik.

 

2. Mengenal evolusi web dari waktu kewaktu

Sebelum masuk kedalam era terbaru yang akan datang, perlu kalian ketahui bahwa teknologi dalam website mengalami 3 perubahan, yaitu 1.0, 2.0 dan 3.0.

1. Generasi Web 1.0

Semenjak internet pertama diciptakan, generasi 1.0 merupakan teknologi yang paling sering digunakan untuk memberikan informasi dan akses kepada pengguna. Meskipun sangat terbatas, namun berkat munculnya generasi pertama ini kita dapat merasakan kemudahan berinternet dimasa sekarang dan masa yang akan datang.

Berbeda dengan generasi 2.0, pada generasi ini tidak menggunakan algoritma untuk mencari informasi yang relevan, namun hanya beberapa "orang terpilih" saja yang dapat masuk kedalam mesin pencari untuk memberikan informasi kepada pengguna. Dan dari segi tampilannya pun, rata-rata situs generasi awal tidak semenarik sekarang, dimana situs modern lebih interaktif dan menarik untuk pengguna ketika berkunjung kedalam situs, karena saat itu CSS dan javascript belum secanggih sekarang.

2. Generasi Web 2.0

Saat ini kita sedang dalam generasi 2.0, dimana website jauh lebih menarik dan interaktif dari segi pengalaman pengguna maupun interface. Dengan perkembangan teknologi yang pesat dari waktu ke waktu membuat beberapa teknologi seperti HTML, CSS dan Javascript semakin canggih dan mudah digunakan oleh siapapun untuk membuat sebuah platform dalam internet.

Dan juga kemudahan untuk berkomunikasi dan menghubungkan masyarakat dengan teknologi seperti platform social media (Facebook, Twitter, Instagram, YouTube dan lainnya). Mendistribusikan informasi yang tidak serumit generasi sebelumnya, kita hanya membutuhkan platform atau aplikasi untuk menyimpan dan membagikan data kepada pengguna internet.

3. Generasi Web 3.0

Meskipun generasi 3.0 belum terjadi, yang menarik adalah beberapa komponen seperti AI dan machine learning dalam perangkat maupun situs sudah kita rasakan bahkan sudah kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari, tujuan dibuatnya komponen ini untuk mempermudah proses informasi dan pencarian data secara online. Dan juga memungkinkan manusia hanya dapat berinteraksi dengan mesin untuk mencari data secara spesifik tanpa mengecek halaman situs satu persatu.

Generasi ini lebih menggunakan semantik metadata yang bekerja secara otomatis untuk mencari data, membuat konten maupun berinteraksi dengan orang lain. Dengan kata lain, hanya pengguna dan mesin saja yang dilibatkan.

Beberapa perusahaan bahkan sudah menerapkan semantik metadata seperti Yahoo, Radar Network, Best Buy, Google, Facebook, Flipboard dan Hewlett Packard, yang memiliki standar operasional untuk menjalankannya yaitu RDF (Resource Description Framework) dan W3C OWL (Web Ontology Language).

 

Web 3.0: Evolusi Teknologi Tercanggih Dimasa Depan

brookings.edu

 

3. Mengenal komponen dalam evolusi web 3.0

Agar generasi 3.0 dapat terealisasi, beberapa komponen dibutuhkan untuk memperluas teknologi didalamnya, apa saja itu?

1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence atau AI sangat bereratan dengan mesin untuk membaca makna didalam suatu data. Hal ini dapat membaca apa saja yang tidak sesuai seperti produk yang tidak relevan, sebuah penilaian yang tidak sesuai atau sebuah ulasan yang tidak murni.

Seperti ulasan dari Google play dan platform review situs yaitu trustpilot yang mengunakan AI untuk mereview ulasan yang masuk tidak sesuai atau tidak murni dari manusia. Mesin dapat mendeteksi ulasan mana saja yang tidak masuk kedalam kriteria.

2. Semantik metadata

Semantik metadata memungkinkan mesin untuk menganalisis suatu kata atau data dari situs untuk menghasilkan informasi yang relevan. Semantik metadata sangat berhubungan dengan kalimat atau kata-kata, dimana mencakup isi dari konten serta hubungan lainnya.

Teknologi ini akan memecahkan makna dari kata atau kalimat yang berbeda namun memiliki maksud yang sama, hal ini sangat membutuhkan kecerdasan buatan untuk menganalisis data sepenuhnya secara otomatis. 

Penerapan ini sudah kita lihat dapat mesin pencari Google untuk memberikan informasi yang relevan kepada pengguna sesuai dengan topik dan bahasa yang digunakan.

 

Web 3.0: Evolusi Teknologi Tercanggih Dimasa Depan

 

4. Pengaruh web 3.0 terhadap crypto

Web 3.0 dapat merubah beberapa karakteristik dibanding dengan generasi saat ini. Generasi 3.0 lebih bersifat open source dan memungkinkan pengguna dapat berinteraksi tanpa melibatkan beberapa pihak, hal ini dapat mempengaruhi aset crypto menjadi bagian penting dalam evolusi internet baru.

Dengan adanya desentralisasi, memungkinkan crypto memainkan peranan penting dalam era 3.0 yang cukup besar dan memungkinkan crypto menjadi bagian inti dari teknologi yang akan datang.

 

Kesimpulan

Perkembangan internet tidak lama lagi akan berubah sangat cepat, dengan beberapa kemunculan teknologi baru seperti AI dan machine learning akan membuat era teknologi terbaru semakin dekat, disertai dengan elemen lainnya yang mendukung terealiasinya generasi web 3.0. Apakah kalian sudah siap?

Share