10 Tips Jitu Strategi Pemasaran Toko Online Bagi Pemula

Kita akan memberikan beberapa tips jitu dan strategi pemasaran untuk kalian yang bisa dicoba dala...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
820
Posting
16 Jul 2022
10 Tips Jitu Strategi Pemasaran Toko Online Bagi Pemula Kita akan memberikan beberapa tips jitu dan strategi pemasaran untuk kalian yang bisa dicoba dalam berbisnis online melalui sosial media, website & marketplace. 10 Tips Jitu Strategi Pemasaran Toko Online Bagi Pemula
2022-11-25

Dengan adanya internet tidak bisa dipungkiri, semua orang bisa mendapatkan semua hal dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan internet kita bisa melakukan pembelian barang secara online. Bagi pebisnis, hal ini dinilai menjadi suatu tren dimana semua orang membeli barang secara online. 

Dalam memasarkan produk, sebelumnya kita sudah bahas apa saja yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk kalian, bisa melalui sosial media, website, marketplace dll. Tapi apa saja yang bisa kalian lakukan untuk memaksimalkan dalam strategi berbisnis online kalian? catatanweb.com sudah merangkum semuanya untuk anda.

 

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

 

1. Targetkan website toko online kedalam halaman 1 pencarian

Beberapa benefit dan manfaat jika website online shop kalian berada didalam halaman 1 google adalah dapat menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Dalam hal ini, terdapat beberapa komponen penting seperti SEO, SEM, meningkatkan performa website atau menyewa jasa SEO professional untuk meningkatkan persentase website online shop kalian kedalam peringkat satu halaman pencarian google.

Untuk mengunakan jasa SEO professional, kalian harus jeli untuk memilih jasa SEO yang benar-benar kredibel dan lakukan analisa terlebih dahulu sebelum mengunakan jasa SEO agar memberikan hasil yang nyata.

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

 

2. Membuat konten menarik dan unik disosial media

Untuk menjual sebuah produk tidak cukup hanya dengan memfotokannya saja lalu posting di facebook atau instagram, ini berlaku untuk menjual produk atau jasa. Namun bagaimana agar orang lain ketika melihat profil bisnis dalam social media kalian bisa tertarik, menjaring pelanggan baru dan membuat penasaran.

Disini dibutuhkan kreatifitas dan analisa yang kuat, misalnya kalian memiliki toko online jualan baju, kalian bisa membuat video unik bagaimana tips merawat baju dengan baik, atau bisa membuat postingan yang unik dan menarik.

Hal ini dapat membuat pengunjung menjadi betah dan ketagihan, karena konten yang kalian bangun sangat unik dan tidak membosankan, dengan membuat konten yang unik, dapat meningkatkan 50% pelanggan baru kedalam bisnis kalian.

Jika kalian tidak bisa melakukan hal ini, sudah tersedia banyak sekali jasa yang menawarkan untuk membuat konten untuk website atau sosial media.

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

 

3. Posting disosial media dalam waktu yang tepat

Setalah membuat konten yang menarik dan unik, hal penting lainnya adalah memperhatikan waktu ketika mempublish konten. Biasanya pebisnis yang paham sudah menerapkan strategi ini sejak lama. Melakukan teknik ini masuk kedalam strategi pemasaran dalam bisnis online yang baik.

Di negara kita indonesia khususnya, waktu yang tepat ketika akan publish suatu konten sosial media adalah pada saat kondisi social share tinggi sekitar pukul 11.00 - 13.00 dan pada malam hari pukul 20.00 - 22.00.

Teknik ini dapat menargetkan kedalam pengguna sosial media yang sedang aktif. Waktu-waktu tersebut merupakan kondisi yang tepat untuk mempublish atau memposting konten, karena orang-orang sedang memiliki waktu yang senggang dan dapat melihat produk kalian secara menyeluruh.

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

 

4. Bergabung dengan marketplace

Ini juga penting, dengan bergabung dengan marketplace atau e-commerce yang kalian pasti sudah tahu apa saja itu, akan meningkatkan penjualan kalian dan menjangkau pelanggan lebih luas lagi. Tidak bisa dipungkiri hampir semua orang berbelanja di marketplace, alasannya cukup sederhana, yaitu menghindari dari penipuan dan keamanan.

Salah satu faktor krusial yang dibutuhkan dalam toko online adalah masalah pembayaran, jika dalam website toko online kalian belum sepenuhnya mengunakan payment gateway untuk melakukan pembayaran secara otomatis, dengan bergabung dengan marketplace bisa menjadi solusi. Karena konsumen akan lebih aman dengan adanya pihak ketiga yang bertanggung jawab terkait metode pembayaran ini.

Sembari melakukan optimasi dan peningkatan dalam website toko online kalian, bergabung ke marketplace adalah suatu pilihan yang tepat.

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

blog.hubspot.com

 

5. Riset tren

Bagi seorang pebisnis, memahami tren sangat penting dimana kalian harus dituntut untuk selalu up to date, fleksibel dan mengerti dalam menggunakan sosial media yang sedang booming digunakan oleh masyarakat. Mengingat disitu adalah peluang untuk melebarkan bisnis kalian.

Dengan mengerti tren didalam platform sosial media, kalian menjadi tidak kaku dan flexible. Hal ini akan membuat bisnis kalian jauh menjadi lebih baik dan bisa melakukan strategi bisnis yang tepat.

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

 

6. Berkolaborasi dengan Influencer

Bekerja sama dengan Influencer menjadi pilihan yang tepat untuk melebarkan bisnis, karena sudah banyak pebisnis lain yang melakukan hal ini. Manfaat dengan mengunakan Influencer adalah bisa memasarkan produk dengan target market yang tepat.

Misalnya kalian jual laptop atau gadget, kalian bisa melakukan kolaborasi atau kerja sama dengan Influencer yang senang mereview gadget. Dengan begitu, para followers dari Influencer tersebut akan penasaran dengan produk atau jasa kalian.

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

ifada.net

 

7. Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah salah satu bagian dari SEO yang saling melengkapi, Search Engine Marketing atau (SEM) bertujuan untuk memasang iklan atau menempatkan iklan dalam posisi paling atas dalam SERP Google, manfaat SEM lainnya adalah untuk menjangkau pengunjung untuk melihat produk atau jasa dan berpotensi untuk mengklik website kalian.

SEM ataupun SEO sama-sama wajib untuk diperhatikan dan dipelajari, agar hasilnya maksimal dan luar biasa.

 

Tips pemasaran digital marketing toko online

 

8. Affiliate marketing

Affiliate marketing bisa menjadi salah satu strategi yang bisa digunakan dalam memasarkan produk-produk yang kalian jual. Contoh affiliate marketing yaitu bekerja sama dengan blogger untuk memasang banner atau foto produk tertentu yang dipasang didalam website blog mereka.

Teknik ini sering dipakai atau digunakan oleh pebisnis pemula atau professional sekalipun. Intinya dengan berkolaborasi dengan orang lain, dapat mendongkrak performa bisnis online dan memberikan dampak positif kedalam produk dan jasa. Teknik affiliate marketing ini bisa kalian coba dalam memasarkan produk kalian dan bekerja sama dengan orang lain.

 

9. Gunakan layanan gratis seperti Google Bisnisku

Mengunakan layanan gratis seperti dari layanan Google Bisnisku ini bisa menjadi salah satu strategi pemasaran bisnis online kalian yang cukup efektif. Manfaat dari layanan ini bisa memberikan informasi terkait dengan bisnis yang sedang dijalankan seperti informasi alamat, nomor telepon, website, sosial media dan tentunya muncul kedalam mesin pencarian Google.

Fitur yang membantu dari layanan ini adalah reviewnya, dimana pelanggan yang pernah membeli produk kita bisa mereview produk atau jasa kita. Semakin baik reviewnya, semakin besar peluang orang lain akan membeli atau mengunakan jasa kita dan memberikan kredibilitas yang baik dimata audiens.

 

10. Marketing dengan mengunakan Whatsapp

Sudah menjadi rahasia umum bahwa aplikasi ini menjadi platform chat paling populer diseluruh dunia termasuk di indonesia. Kalian sebagai pemilik bisnis bisa manfaatkan hal ini dalam melebarkan sayap bisnis kalian.

Aplikasi ini menjadi primadona karena fitur dan pengunaannya yang simple dan mudah dipakai, banyak pebisnis lain yang mengunakan Whatsapp ini dalam menjual dan memasarkan produk atau jasa mereka.

Whatsapp Blast bisa digunakan untuk mengirim pesan sekaligus kepada customer yang pernah membeli produk atau jasa kita. Dengan teknik ini, secara berkala kalian bisa memberikan informasi produk terbaru atau penawaran lainnya terkait produk dan jasa kalian. Namun dengan catatan, jangan terlalu sering melakukan ini agar pelanggan tidak merasa terganggu.

 

Kesimpulan

Dengan berbagai macam teknik dan tips yang sudah kita berikan, mudah-mudahan bisa meningkatkan penjualan dan strategi pemasaran kalian dengan baik dan tertarget. 10 tips strategi diatas bisa diterapkan pada pebisnis pemula atau professional sekalipun, untuk mendapatkan dampak positif dalam bisnis.

Share