6 Tips Efektif Bisnis Online Bagi Pemula

Tips memulai bisnis online yang bisa kamu terapkan. Dimulai dari menentukan produk apa yang dijua...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
6 menit baca
Dilihat
966
Posting
10 Jul 2022
6 Tips Efektif Bisnis Online Bagi Pemula Tips memulai bisnis online yang bisa kamu terapkan. Dimulai dari menentukan produk apa yang dijual, cara memasarkannya dan menghadapi masalah dan mencari solusi ketika menghadapi konsumen. Bisnis online menjadi salah satu bisnis yang sangat digemari saat ini, mungkin beberapa dari kalian ragu dan bingung bagaimana langkah yang tepat untuk memulai bisnis online ini. 6 Tips Efektif Bisnis Online Bagi Pemula
2022-11-25

Bisnis online menjadi salah satu kegiatan yang sangat digemari saat ini, jika diantara kalian mungkin ragu atau bingung ketika menentukan langkah yang tepat untuk memulai bisnis online ini, artikel ini mungkin bisa membantu kalian. Dengan mengetahui beberapa tips yang nanti kita bagikan, semoga kalian dapat menjalani bisnis dengan kemudahan. Beberapa tips ini bisa diterapkan oleh pengusaha daring pemula maupun professional sekalipun.

Pada kesempatan kali ini, kita akan share 6 tips memulai bisnis online yang bisa kalian terapkan. Dimulai dari menentukan produk apa yang dijual, cara memasarkannya dan menghadapi masalah dan mencari solusi ketika menghadapi konsumen. Meskipun tidak selalu berjalan mulus, namun tantangan yang dihadapi akan jauh lebih enteng jika tahu tipsnya. Tips-tips tersebut diantaranya:

 

Tips Efektif Memulai Berjualan Online Bagi Pemula

 

 

1. Temukan masalah dan cari solusi dalam kebutuhan pasar

Kebutuhan pasar merupakan komponen penting dalam bisnis untuk memperkenalkan produk yang akan ditawarkan. berbisnis tidak hanya tentang berjualan, namun bagaimana produk kalian bisa memenuhi apa yang diminta oleh pasar dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Sebuah produk diciptakan untuk solving problem, misal.. produk sepeda motor diproduksi untuk memenuhi pasar untuk dapat berpergian dengan mudah. Karena produk yang tidak memenuhi kebutuhan pasar, kemungkinan besar untuk gagal.

Kalian harus menemukan apa masalah yang ada dalam pasar konsumen dan temukan solusinya untuk hal tersebut. Teknik ini agar nantinya menjadi sebuah produk yang memang dibutuhkan masyarakat, disertai dengan kualitas yang baik. Oke anggaplah kalian membuat produk tentang makanan, makanan merupakan kebutuhan utama manusia. Dalam berbisnis makanan, apakah produk makan yang kalian jual itu memang jenis makanan yang gemari pasar? apakah makanan tersebut dibuat dengan bahan-bahan kualitas yang baik dan bahan-bahan yang segar? apa yang membedakan produk makananmu dengan produk makanan lain yang sejenis?

Pertanyaan-pertanyaan itu yang menjawabmu dalam mencari solusi untuk menentukan produk yang pas untuk memenuhi pasar. Karena beberapa hasil penelitian, hampir sebagian perusahaan rintisan gagal karena produk yang mereka tawarkan tidak memenuhi atau menyelesaikan masalah pada konsumen.

Untuk mencari peluang bisnis, kalian perlu terbuka dengan segala hal, dan jangan terpaku dengan satu hal saja. Mencari peluang bisnis dapat kalian lakukan dengan cara apapun, misalnya: observasi dalam internet, mencari tahu di sosial media, bergabung dengan forum atau ngobrol dengan banyak orang. Dengan cara ini, segala informasi yang akan masuk akan bisa melihat segala peluang yang tepat.

Ketika peluang itu kalian dapatkan, coba buat beberapa sample produk/produk dummy untuk test minat pasar. Hal ini dilakukan untuk melihat respon konsumen dan bagaimana reaksi mereka dengan sample produk kalian. Jika dirasa memang produk kalian sudah memenuhi, coba buat kembali disertai dengan inovasi yang membuat produk menjadi tahan lama.

 

Tips berjualan online

 

2. Lakukan riset pasar

Metode ini sangat penting dilakukan untuk mengukur bidang suatu bisnis untuk menentukan ide yang akan dipilih ketika menjalankan bisnis online pertama kalian.  

Melakukan riset dibutuhkan sebagai pondasi dan pengambil keputusan yang didasari dari data-data yang dikumpulkan dari berbagai aspek. Riset yang dilakukan memang begitu adanya tidak hanya sekedar asumsi belaka.

Riset disini bermacam-macam ya, dari berbagai aspek bisa kalian coba. diantaranya riset data melalui Google trends, forum, keywords, sosial media atau survei. Hal tersebut diperlukan untuk mengumpulkan data-data yang nantinya akan kalian analisa untuk mencari permasalahan dalam kebutuhan konsumen dan menemukan solusi dari permasalahan tersebut.

 

Tips berjualan online

mobilespoon.net

 

3. Menentukan produk yang akan dijual

Setelah meriset dan menemukan masalah, saatnya untuk menentukan produk yang akan dijual secara online apakah berbentuk barang atau jasa.

Beberapa data-data riset yang kalian lakukan, akan menemukan beberapa jenis produk yang tepat untuk ditawarkan ke konsumen nantinya. Dan pastikan kembali agar produk tersebut sesuai dengan kebutuhan pasar. Jika belum yakin, lakukan riset kembali, gali lebih dalam.

Dalam bisnis online terdapat 3 jenis produk yang biasa dijual di internet, diantaranya:

  • Produk Digital seperti e-book, software, gambar, foto atau karya seni lainnya yang bernilai jual.
  • Produk Barang/fisik seperti handphone, laptop, komputer, makanan, aksesoris dll.
  • Produk Jasa seperti pemesanan tiket online, kurir barang dll.

Tentukan jenis produk apa yang menjadi pilihan tepat, selain untuk memenuhi kebutuhan pasar, pastinya juga sesuai dengan keinginan kalian ya disertai dengan riset data yang sudah dilakukan. Agar nantinya kalian bisa menjalaninya dengan enjoy.

 

Tips berjualan online

go.fiver.com

 

4. Analisa kompetitor

Ketika memulai bisnis, kompetitor itu tidak bisa dielakan. Kompetitor memang seharusnya ada dalam dunia bisnis untuk membuat kalian lebih kritis dalam berinovasi dan lebih kreatif dalam berbisnis disertai dengan membuat produk yang berkualitas. Dengan adanya kompetitor, kalian bisa lebih peka dalam menganalisis produk-produk atau jasa yang ditawarkan oleh kompetitor, bagaimana cara mereka menghadapi konsumen dan cara memasarkan produk atau jasanya.

Setelah menentukan ide bisnis dan produk apa yang akan kalian tawarkan ke pasar, lakukan analisa terhadap website mereka. Lihat dan teliti bagaimana mereka menampilkan foto produk, bagaimana mereka menawarkan fitur-fitur dalam website mereka, seperti apa Call To Action (CTA) dalam website mereka, bagaimana sistem pembayaran dalam website mereka lalu apakah detail dalam mendeskripsikan produk-produknya.

Lihat juga bagaimana mereka memasarkan produknya, apakah aktif melalui sosial media juga? atau menggunakan teknik SEM? teliti semuanya.

Beberapa pertanyaan diatas akan membuat kalian lebih kritis dalam membuat website toko online kalian nanti, bagaimana website dapat dengan mudah diakses oleh banyak user, membuat fitur-fitur yang tidak ada di kompetitor, bagaimana membuat sistem pembayaran yang efisien dengan dijamin keamanannya.

Lalu kelompokan beberapa kompetitor yang kalian riset, hal ini bertujuan agar dapat menganalisanya dengan mudah. Beberapa kompenen tersebut diantaranya kelompok primer, kelompok sekunder dan kelompok tersier.

Kelompok primer merupakan beberapa kompetitor yang memiliki target pasar dengan produk yang sama dengan jenis produk kalian, lalu kelompok sekunder merupakan beberapa kompetitor yang memiliki produk yang sama dengan jenis produk kalian namun memiliki target pasar yang berbeda, sedangkan kelompok tersier merupakan beberapa kompetitor dengan bisnis yang pasif dalam menargetkan pasar namun memiliki produk atau jasa yang tidak jauh berbeda dengan kalian. 

Dengan cara pengelompokan ini, kalian bisa lebih fokus dan menentukan prioritas dalam menganalisa kompetitor dan hal-hal tersebut juga akan membuat bisnis online kalian jauh lebih baik dan membuat sebuah produk yang berbeda atau unik dibandingkan kompetitor lain dan dapat bersaing secara sehat.

 

Tips berjualan online

 

5. Membuat website segera mungkin

Membuat website adalah langkah penting dalam bisnis online, karena website merupakan identias utama dalam bisnis online. Selain memasarkan produk kalian kedalam marketplace, memiliki sebuah website sangat penting karena dapat meningkatkan kepercayaan konsumen dan bisnis kalian.

Website itu ibaratkan toko dalam bisnis konvensional. Ketika sudah membuat website, kalian juga nanti akan memiliki domain. Domain inilah yang mempresentasikan nama dari bisnis kalian dan membedakan dengan yang lainnya. Website juga memberikan kesan penting pada konsumen, ketika konsumen ingat dan ingin membeli produk kalian, yang pertama konsumen kunjungi adalah website bisnisnya, lalu yang lainnya.

Kepercayaan konsumen sangat berarti bagi pebisnis online, hal tersebut akan berdampak pada kelangsungan bisnis online nantinya, oleh karena itu memiliki website ini sangat penting dan menyakinkan kepada konsumen bahwa produk kalian itu memang bukan abal-abal. Kehilangan kepercayaan membuat konsumen akan memilih alternatif lain, artinya kompetitor akan mengambil alih konsumen kalian.

Untuk memulai website, memang perlu memiliki keahlian dalam programming atau bisa menggunakan wordpress dan jasa pembuatan website. Selain itu, kalian disarankan juga untuk mempelajari lebih dalam tentang bagaimana website bekerja, karena membuat website tidak hanya sekedar membuatnya saja, bagaimana membangun struktur yang baik dari tampilan website, memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna, menentukan strategi dalam pemasaran, menggunakan teknik SEO atau SEM yang tepat. Semua hal tersebut bertujuan agar kalian dapat menentukan strategi yang tepat untuk menjangkau konsumen secara menyeluruh dan kenyamanan bagi pengguna.

 

6. Memberikan perhatian penuh pada konsumen lama

Segala promosi memang dilakukan untuk mendapatkan konsumen baru, namun jangan pernah untuk membandingkan dengan konsumen lama, misalnya pelanggan baru mendapatkan potongan diskon 50% sementara konsumen lama tidak mendapatkan hal yang sama, hal itu sangat berbahaya. 

Rawat konsumen dengan beberapa layanan yang membuat konsumen semakin betah dengan takaran yang sama seperti pelayanan customer support yang bagus (baik itu pelanggan lama atau baru), menggunakan sistem loyalty card atau menggunakan email marketing untuk memberikan info terbaru terkait produk atau jasa kalian.

 

Penutup

Semoga beberapa tips diatas dapat membantu kalian dalam memulai bisnis online dengan tepat dan efektif dan tentunya membuat bisnis online kalian menjadi sukses.

Share