10 Situs Freelancer Terbaik Dan Terpercaya Untuk Berbisnis

Beberapa pekerjaan freelance biasanya ada kaitannya dengan hobi, misalnya kamu senang mengedit vi...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
939
Posting
09 Jul 2022
10 Situs Freelancer Terbaik Dan Terpercaya Untuk Berbisnis Beberapa pekerjaan freelance biasanya ada kaitannya dengan hobi, misalnya kamu senang mengedit video, kalian bisa gunakan keahlian mengedit video tersebut untuk digunakan untuk pekerjaan tambahan dalam beberapa situs freelance. 10 Situs Freelancer Terbaik Dan Terpercaya Untuk Berbisnis
2022-11-25

Mencari pekerjaan tambahan memang saat ini sangat populer dilakukan terutama dalam dunia freelance ini, jika kalian sudah bekerja dikantor ingin menambah sisi pemasukan selain dari gaji utama atau bahkan menjadi pekerjaan utama, freelance bisa menjadi pilihan.

Beberapa pekerjaan freelance biasanya ada kaitannya dengan hobi, misalnya kamu senang mengedit video, kalian bisa gunakan keahlian mengedit video tersebut untuk digunakan untuk pekerjaan tambahan dalam beberapa situs freelance.

 

 

Mengetahui apa saja manfaat menjadi seorang freelancer

Banyak orang yang memilih pekerjaan ini karena flexibilitasnya karena tidak terikat dengan apapun, kalian bisa mendapatkan klien dari berbagai negara sesuai dengan kemampuan kalian dalam berbahasa dan platform digunakan untuk mencakup klien dari dalam negeri atau luar negeri.

Manfaat lainnya, kalian bisa mematok sendiri harga jasa yang akan ditawarkan kepada klien yang tentunya sesuai dengan kualitas yang didapatkan oleh klien. Dengan begitu kalian bisa mengukur kemampuan keahlian kalian sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Disini kami akan memberikan beberapa rekomendasi situs freelance dari dalam maupun luar negeri yang bisa kalian manfaatkan ketika mencari uang tambahan dan mengembangkan karir freelance, yuk simak apa saja.

 

Sribulancer website

 

1. Sribulancer

Sribulancer berhasil menjadi situs freelance populer diindonesia. Didalam situs ini kalian bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan yang bisa dilakukan seperti design grafis, design logo, pembuatan konten, editing, social media marketing, pembuatan website dan masih banyak lagi.

Sribulancer juga mendukung pembayaran dari dalam maupun luar negeri karena mendukung mata uang USD selain IDR, dengan hal ini tentu akan mendapatkan klien dari dalam maupun luar negeri.

 

Upwork website

 

2. Upwork

Upwork merupakan situs freelance yang dikenal dengan penguna dengan cukup besar. Upwork menawarkan beberapa pekerjaan dari jenis berbeda dengan tingkat keterampilan tertentu. Beberapa fitur yang disediakan cukup memudahkan dalam berinteraksi dengan klien seperti voice call, live chat, collaborative space atau pembuatan invoice.

Fitur berguna lainnya dari Upwork adalah terdapat fitur penilaian yang bisa mengidentifikasi klien terpercaya dan beberapa klien yang harus dihindari.

Dari segi pembayaran, Upwork cukup flexibel dimana kita bisa melakukan pekerjaan per jam atau per project ketika sudah berhasil diselesaikan.

 

Toptal website

 

3. Toptal

Situs Toptal menawarkan solusi kepada perusahaan yang membutuhkan dukungan dari freelancer untuk membantu bisnis mereka. Beberapa perusahaan ternama seperti spotify telah bekerja sama dengan Toptal.

Namun untuk mendaftar didalam Toptal, kalian diwajibkan memiliki portfolio yang berkualitas karena kebanyakan dari klien mereka adalah perusahaan-perusahaan besar yang tentunya nanti akan mendapatkan bayaran yang jauh lebih tinggi.

Pengaturan dalam menentukan project pun bisa dilakukan secara jangka panjang atau jangka pendek.

 

projects.co.id website

 

4. Projects.co.id

Situs Projects.co.id merupakan situs freelancer indonesia yang cukup terkenal, para freelancer dari kalangan professional maupun pemula sudah mengunakan layanan dari Projects.co.id ini.

Seperti pada umumnya, jenis pekerjaan yang disediakan dalam Projects.co.id cukup banyak seperti design, programming, editing foto/video, pembuatan konten dan masih banyak lagi.

Alur kerja dari Projects.co.id kita sebagai freelancer diharuskan untuk mengapply satu persatu pekerjaan yang ditawarkan klien, nantinya klien akan menghubungi kalian jika klien tersebut tertarik untuk mengunakan jasa kalian. Dengan sistem seperti ini memang cukup menyulitkan jika seorang freelancer pemula ingin menawarkan kepada klien karena harus bersaing dengan freelancer lain.

Salah satu fitur menarik dari Projects.co.id adalah Affiliate Referral, dimana bisa membuat kalian mendapatkan komisi jika ada yang mendaftarkan akun baru kedalam situs Projects.co.id, jika ada yang mendaftar nantinya akan melakukan transaksi melalui link yang disediakan.

 

Fastwork.id website

 

5. Fastwork

Fastwork.id merupakan situs freelance indonesia yang cukup banyak dipakai oleh perusahaan atau bisnis untuk mencari tenaga dari seorang freelancer. Berbagai industri tersedia didalam Fastwork seperti design, konten, programming dan lain sebagainya.

Jika pertama kali mendaftar kedalam Fastwork ini, kalian diharuskan melakukan proses verifikasi dalam penilaian yang cukup memakan waktu hingga 2-3 hari, yang artinya diharuskan untuk mengatur ulang profil terlebih dahulu agar dapat diterima oleh Fastwork yang nantinya akan mudah ditemukan oleh klien sesuai dengan keahlian kalian yang ditawarkan.

 

Sociabuzz website

 

6. SociaBuzz

Situs freelance SociaBuzz ini cukup unik, karena target pasar sangat detail untuk menemukan klien dengan kalian yang cocok sesuai dengan keinginan klien.

SociaBuzz merupakan situs jasa yang terkait dengan dunia fotografi dan modeling. Bahkan untuk keterampilan seperti Makeup Artist atau pembicara juga bisa dijual di SociaBuzz.

Jika kalian memiliki keahlian dibidang tersebut, bisa kalian manfaatkan dalam marketplace SociaBuzz ini, cukup menarik bukan.

 

Fiverr website

 

7. Fiverr

Website atau situs Fiverr merupakan situs pencari freelancer terkenal. yang unik dari Fiverr adalah kalian sebagai freelancer bisa membuat pemgumuman untuk mencari klien tidak seperti situs freelancer lainnya dimana klien yang mengumumkan untuk mencari freelancer.

Tentu saja alur kerja dari Fiverr tersebut cukup mempermudah freelancer dalam mencari klien, kalian hanya menunggu tawaran itu datang kepada kalian sesuai dengan pengumuman yang kalian buat terkait jasa yang ditawarkan.

Fiverr sangat strict terkait dengan data penggunanya, dengan hal itu kalian tidak perlu khawatir terkait kebocoran data pribadi, sistem mereka cukup baik untuk melindungi kalian dengan klien dalam bertukar data, data project dll.

 

Gurucom website

 

8. Guru

Guru merupakan salah satu platform freelancer terbaik dan terpercaya karena platform ini sudah digunakan lebih dari 3 juta pengguna dan memastikan klien untuk bertemu dengan freelancer sesuai dengan kemampuannya.

Dalam Guru, seorang klien dan freelancer diharuskan untuk membuat profil mereka sendiri yang bertujuan untuk mencocokkan antara klien dan freelancer. Guru juga memiliki fitur mencari pekerja berdasarkan lokasi, kategori ataupun jenis pembayarannya.

Kalkulasi bayaran yang disediakan oleh platform Guru terdiri dari upah per jam, per proyek, reguler (bulanan).

 

Freelancercom website

 

9. Freelancer

Situs web yang awalnya berasal dari startup australia ini cukup populer diindonesia karena kelebihan yang ditawarkan dan salah satunya dapat menghubungkan klien dengan freelancer yang berasal dari luar negeri ataupun sebaliknya.

Yang berbeda dari situs freelance lainnya adalah diharuskannya membayar untuk mendaftar anggota, namun hal itu bisa kalian coba terlebih dahulu atau free trial sebelum membayar anggota secara permanen. 

Kategori pekerjaan yang ditawarkan didalam freelancer.com ini cukup banyak yang bisa dipilih dari segi pembayaran dianjurkan untuk memiliki kartu kredit atau paypal ketika menerima pembayaran.

 

Peopleperhourcom website

 

10. PeoplePerHour

PeoplePerHour telah membantu banyak freelancer dari seluruh dunia, hal ini tentu bisa kalian manfaatkan untuk mencari klien dari luar negeri. Kalian bisa mendaftarkan diri sebagai freelancer dengan keahlian seperti desain dll.

Dikarenakan situs ini cukup populer dan banyak digunakan oleh freelancer dari seluruh didunia, maka persaingan menjadi ketat, namun dengan adanya sistem rating dapat digunakan sebagai sarana promosi.

Dari segi harga pun jangan terlalu mematok harga yang tinggi karena bisa kalah saing dengan lainnya, sebaiknya lakukan riset dulu untuk menentukan patokan harga yang akan ditawarkan.

 

Kesimpulan

Berbagai macam situs atau platform yang bisa kalian manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan atau penghasilan utama dari dalam negeri atau dari belahan dunia yang membutuhkan keahlian kalian.

Dari waktu yang flexibel dan harga sesuai dengan kemampuan kalian yang nantinya kalian akan menikmati dalam mengerjakan project dari klien.

Share