12 Google Fonts Terbaik Untuk Website Modern

Font merupakan komponen vital dalam UX dan UI. Dalam mendesain sebuah website, pemilihan font san...
Penulis
Admin
Kategori
Website
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
1.4K
Posting
28 Jun 2022
12 Google Fonts Terbaik Untuk Website Modern Font merupakan komponen vital dalam UX dan UI. Dalam mendesain sebuah website, pemilihan font sangat berpengaruh dalam menentukan jenis typography dalam judul, kontras rasio, apakah sudah kompatibel dalam browser modern, mendukung dalam perangkat mobile dan lain sebagainya. 12 Google Fonts Terbaik Untuk Website Modern
2022-11-25

Berbicara tentang website, banyak sekali komponen yang mendukung sebuah website menjadi menarik, ramah bagi pengguna dan baik secara UX atau UI. Komponen website tidak hanya melulu tentang layout atau card yang unik, namun terdapat satu komponen yang tidak kalah penting yaitu font.

Font sangat amat penting keberadaannya, karena komponen inilah yang menentukan website apakah ramah bagi penguna atau tidak dalam keterbacaan suatu konten. Website yang tidak memperhatikan hal ini, kemungkinan besar untuk ditinggalkan penggunanya karena sulit untuk dipahami. Mari kita lihat apa saja manfaat dari font.

 

 

Manfaat font untuk website

Tentunya manfaat yang dirasakan akan membuat website menjadi ramah bagi pengguna dalam keterbacaan suatu konten, apalagi ditambah dengan layout website yang rapih atau pemilihan warna yang pas, font merupakan komponen vital dalam UX dan UI. Dalam mendesain sebuah website, pemilihan font sangat berpengaruh dalam menentukan jenis typography dalam judul, kontras rasio, apakah sudah kompatibel dalam browser modern, mendukung dalam perangkat mobile dan lain sebagainya. Dalam browser sendiri, font ini sudah ada defaultnya, tanpa menggunakan pihak ketiga pun tidak masalah. Namun penggunaan font yang unik dapat mencerminkan identitas pada bisnis atau website dan meningkatkan kesan yang baik kepada audiens.

Manfaat lainnya adalah untuk meningkatkan branding, pemilihan font dalam suatu branding itu sangat berpengaruh. Coba lihat contoh logo pada perusahaan-perusahaan ternama, mereka menggunakan font tertentu untuk menentukan identitas bisnis mereka dan menghasilkan ciri khas. Karena dengan memilih yang tepat, bisnis atau website kalian dapat membangun komunikasi non-verbal yang baik kepada pengguna.

Font juga dapat memberi kesan kepada pengguna tentang brand kalian, oleh karena itu jangan salah untuk memilih jenis typography, komponen ini harus dipilih sesuai dengan jenis bisnis kalian. Lakukan riset terlebih dahulu jika kalian belum yakin dengan yang akan dipakai. Karena audiens dapat menilai apakah website kalian atau logo kalian dapat memberikan kesan mewah, sederhana atau apapun..

 

Mengunakan Google Font

Semua website diseluruh dunia, hampir seluruhnya lebih memilih Google fonts dalam penggunaan typography pada website mereka, alasannya cukup sederhana, layanan ini sangat mudah untuk diimplementasikan, tersedia ratusan jenis font yang bisa dipakai, meningkatkan tampilan pada website dan mendapat dukungan dari berbagai browser modern.

Berikut adalah rekomendasi jenis typography dari layanan ini yang wajib kalian ketahui dan wajib dicoba:

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Montserrat

 

1. Montserrat

Typography ini yang dikembangkan oleh Julieta Ulanovsky ini masuk kedalam jajaran font terbaik untuk website. Sudah banyak website yang mengunakan Montserrat ini. Montserrat pertama kali diluncurkan pada project kickstarter, kemudian dirilis untuk publik yang hingga kini bisa kita gunakan.

Montserrat ini mengambarkan tampilan huruf modern dan klasik yang elegan.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Lato

 

2. Lato

Tidak kalah dengan Montserrat, Lato cukup populer digunakan oleh website-website modern. Lato pertama kali diciptakan oleh seorang desainer yaitu Lukasz Dziedzic. Lato termasuk kedalam keluarga jenis sans serif yang sedikit familiar, namun beberapa dibulatkan pada detail huruf tertentu.

Lato mendapat dukungan dari Google untuk perilisannya dibawah naungan license Open Font License pada Desember 2010.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Nunito

 

3. Nunito

Selanjutnya adalah Nunito, yang dibuat oleh Vernon Adams yang cukup populer digunakan karena desain yang modern, menarik dan serbaguna. 

Nunito dirancang untuk website, tampilan layar dan memiliki tingkat ketebalan tertentu, sehingga cocok digunakan dalam kondisi apapun.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Oswald

 

4. Oswald

Vernon Adams selaku creator dari Oswald, awalnya diciptakan untuk keperluan komputer dan perangkat seluler. Oswald merupakan redesign dari karya sebelumnya yaitu Alternate Gothic diawal abad 20.

Oswald sangat cocok digunakan dalam judul atau kutipan.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Poppins

 

5. Poppins

Indian Type Foundry menciptakan font keren yang satu ini sebagai sans-serif yang menarik untuk digunakan dalam teks apapun. Font ini cukup populer digunakan oleh website-website modern karena dapat dengan mudah terbaca dalam berbagai perangkat.

Poppins juga mendukung lebih dari 150 bahasa hindi dan sanskerta.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Roboto

 

6. Roboto

Font yang satu ini bisa dibilang font sejuta umat karena banyak digunakan dalam website, media cetak atau lainnya. Dalam situs resmi Google fonts, Roboto merupakan typography yang paling sering didownload oleh user. Roboto sangat digemari karena desain yang modern, user friendly dan professional.

Roboto merupakan font default pada OS android, chrome, material design dan produk-produk Google. Selain itu, Roboto juga sudah didukung dalam berbagai browser modern pada website atau mobile yang menjadikan Roboto sangat digemari.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Work Sans

 

7. Work Sans

Proyek Work Sans dirancang oleh desainer asal Australia yaitu Wei Huang. Diawal mula pembuatan, Work Sans terinspirasi dari semua jenis-jenis sans-serif. Work Sans dirancang dengan penggunaan teks berbeda dari segi bobot yang lebih berat dan lebih ringan.

Work sans sangat cocok digunakan dalam website atau media cetak yang sudah dioptimalkan untuk penggunaan tampilan web dalam berbagai resolusi layar.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Rubik

 

8. Rubik

Rubik yang merupakan typography dari keluarga sans-serif yang dirancang oleh Phillip Hubert dan Sebastian Fischer pada proyek Chrome Cube Lab. Rubik memiliki bobot dengan 5 gaya romawi dan miring.

Rubik membuat varian lain yang dikelola oleh Meir Sadan dengan menggunakan bahasa ibrani pada tahun 2015 dan menjadi pilihan untuk penggunaan teks dalam body website yang memberi kesan nyaman.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Mulish

 

9. Mulish

Mulish merupakan typography dari keluarga sans-serif yang serbaguna serta minimalis yang dirancang untuk tampilan dan typography yang dirancang oleh Vernon Adams pada tahun 2011 lalu disempurnakan hingga tahun 2014.

Mulish banyak digunakan dalam website modern, karena sangat baik dalam spacing atau jarak antara satu karakter dengan karakter lainnya, yang membuat tampilan menjadi pas dan nyaman dibaca.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Merriweather

 

10. Merriweather

Merriweather diciptakan oleh Eben Sorkin yang dirancang untuk readability dalam tampilan layar. Merriweather memiliki X-Height yang baik sehingga cocok diimplementasikan kedalam judul atau paragraf. 

Ada jenis lainnya dari Merriweather ini, yaitu Merriweather Sans, dimana typography jenis sans-serif yang selaras dengan gaya bobot keluarga serif. Merriweather termasuk font yang banyak digunakan dalam website modern saat ini.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Open Sans

 

11. Open Sans

Open Sans sangat populer karena bentuk desainnya yang sederhana, serba guna dan memiliki karakteristik keterbacaan yang sangat baik dalam setiap bentuk hurufnya. Typography yang dirancang oleh Steve Matteson ini, menjadikan Open Sans masuk kedalam font terbaik.

Open Sans dapat menyatu dengan jenis typography lainnya, itu dikarenakan Open Sans dapat mencakup set karakter dengan standar ISO latin 1, latin CE, Yunani dan Cyrilic. Dirancang khusus dengan gaya tegak lurus, netral dan ramah, font ini sangat cocok diimplementasikan dalam penggunaan website, media cetak dan perangkat mobile.

 

Daftar Google Font Terbaik Untuk Website Rokkitt

 

12. Rokkitt

Rokkitt ini dirancang oleh Vernon Adams yang terinspirasi dari jenis bentuk huruf serif yang khas dari geometri Mesir pada pertengahan abad ke 19. Rokkitt dimaksudkan untuk digunakan sebagai typography yang dapat berfungsi dengan baik dalam tampilan dan teks.

 

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi library typography yang berada di Google fonts, bahkan lebih dari 900+. Semoga dari beberapa rekomendasi yang sudah kita berikan dapat menjadi referensi dalam menentukan font yang cocok untuk website dan juga branding.

Share