Daftar Free Plugin Wordpress Terbaik Wajib Kamu Coba!

Wordpress menjadi CMS populer didunia karena kemudahannya ketika menggunakannya, hampir semua sit...
Penulis
Admin
Kategori
Website
Estimasi
9 menit baca
Dilihat
881
Posting
30 Jun 2022
Daftar Free Plugin Wordpress Terbaik Wajib Kamu Coba! Wordpress menjadi CMS populer didunia karena kemudahannya ketika menggunakannya, hampir semua situs dibuat dengan CMS ini sebagai pondasi mereka dalam memasarkan produk atau jasa mereka. Daftar Free Plugin Wordpress Terbaik Wajib Kamu Coba!
2022-11-25

Wordpress merupakan CMS populer yang banyak digunakan oleh perusahaan maupun pribadi. Wordpress menjadi salah satu alternatif dalam membuat blog maupun e-commerce yang mudah untuk dipasang, didukung dengan banyak sekali pilihan tema, plugin gratis maupun berbayar.

Berbicara soal plugin, tersedia ratusan free plugin untuk memenuhi kebutuhan website berbasis wordpress. Perlu kamu ketahui, plugin wordpress sebenarnya terbagi menjadi beberapa kategori, diantaranya SEO, E-commerce, Widget, Security maupun Performance.

Jika website wordpressmu adalah e-commerce, plugin dari kategori e-commerce sangat wajib kamu miliki. Dan tidak perlu untuk menggunakan secara berlebihan, hal ini bertujuan agar hostingmu tidak memakan memory yang begitu besar, penggunaan plugin pada wordpress itu bergantung pada ketersediaan memory yang dimiliki, dipastikan untuk menggunakan yang dibutuhkan saja, kecuali plugin yang penting seperti SEO, security atau performance.

Disini kita akan memberikan beberapa free plugin wordpress yang wajib dimiliki oleh website berbasis wordpress, untuk menghasilkan performa yang cepat, SEO dan keamanan yang baik, apa saja itu? yuk kita simak.

 

 

1. SEO (Search Engine Optimization)

Berikut adalah beberapa free plugin WordPress untuk meningkatkan kinerja SEO dimesin pencari. Dengan menggunakan ini, website wordpress kalian berpeluang besar untuk masuk kedalam peringkat satu Google.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

1. Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu free plugin terbaik yang dimiliki oleh wordpress dan sangat populer digunakan oleh pengguna CMS ini. Konfigurasi yang mudah dan fitur melimpah merupakan salah satu alasan mengapa Yoast SEO begitu diminati.

Yoast SEO berfungsi untuk meningkatkan kinerja SEO pada wordpress, yang flexible dalam mengubah struktur komponen di beberapa bagian. Wordpress secara default tidak menyediakan fitur ini, oleh karena itu Yoast SEO dibutuhkan untuk menyempurnakan beberapa komponen seperti meta tag, sitemap atau webmaster tools hanya dalam satu alat saja.

Kabar baiknya, Yoast SEO adalah plugin gratis (ada juga yang berbayar) dan bisa dipasang kapanpun bahkan oleh pemula sekalipun.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

2. All In One SEO Pack

All In One SEO Pack adalah salah satu free plugin SEO terbaik lainnya selain Yoast SEO, Jika kalian ingin mencari alternatif lain selain Yoast SEO, All In One SEO Pack bisa menjadi pilihan selanjutnya. All In One SEO Pack menyediakan berbagai macam fitur untuk meningkatkan SEO dari wordpress kalian diantaranya mengatur sitemap, meta tag, mencegah duplikat konten, schema markup dan lain sebagainya.

All In One SEO Pack dikenal cukup baik dalam kinerja optimasi website dimata mesin pencari Google, maka tak heran pengguna plugin ini sudah mencapai 1 juta pengguna lebih.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

3. Rank Math SEO

Rank Math SEO merupakan plugin free wordpress yang berfokus pada optimasi SEO dan konten untuk mesin pencari dan media sosial. Plugin wordpress ini merupakan alternatif plugin SEO lainnya yang menawarkan beberapa fitur yang ramah bagi pemula. Rank Math akan memudahkan pengguna untuk mengatur judul, deskripsi, sitemap, integrasi dengan Google Search Console dan lain-lain.

Rank Math SEO cukup banyak memiliki keunggulan seperti analisa SEO, perbandingan keyword dan Google Trends, Analisis keyword, content bulk edit, konfigurasi otomatis, dokumentasi yang cukup lengkap dan masih banyak lagi. Jika menginginkan fitur tambahan lainnya bisa lanjutkan dengan versi pro atau premium.

 

2. Performance

Selanjutnya adalah free plugin yang berhubungan dengan performa website. Kategori ini sangat penting untuk dimiliki, alasannya karena akan memberikan user experience yang baik dimata mesin pencari maupun pengguna. Berikut adalah beberapa pilihan plugin performance yang wajib dimiliki oleh website berbasis wordpress.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

1. WP Fastest Cache

WP Fastest Cache merupakan salah satu free plugin Wordpress populer yang menghasilkan performa yang baik karena menghasilkan HTML statis yang akan disimpan kedalam cache. Cache adalah metode penyimpanan sementara didalam browser untuk memanggil halaman HTML website jika pengguna mengunjungi website kalian. Hal ini akan menghasilkan user experience yang baik dan bekerja dengan cepat, browser tidak perlu memanggil data kedalam server karena sudah tersedia didalam cache. 

WP Fastest Cache salah satu yang wajib dimiliki pengguna wordpress karena kemudahan dalam installasi dan fitur yang melimpah seperti pengaturan minifikasi HTML dan CSS, mengaktifkan fitur GZip compression, memiliki pilihan untuk mengabungkan beberapa file javascript hanya dalam satu alat saja.

Plugin ini tersedia secara gratis maupun berbayar dengan menyediakan beberapa fitur premium yang tidak ada dalam versi gratis seperti image optimization, delete cache logs, database cleanup, rendering blocking, Google Font API Async dan masih banyak lagi.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

2. W3 Total Cache

W3 Total Cache merupakan plugin free performance lainnya untuk mengelola cache wordpress untuk menghasilkan performa website yang cepat. W3 Total Cache memiliki dukungan terhadap Cloudflare, yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan website. W3 Total Cache terbilang cukup populer yang sudah mencapai 1 juta pengguna yang aktif.

Fitur menarik lainnya dari W3 Total Cache dapat menghemat beberapa bandwidth dengan cara meminifikasi file Javascript, CSS dan mampu terintegrasi dengan beberapa CDN yang akan mempercepat wordpress kalian. Plugin ini akan mengatasi segala permasalahan lag dan akan membuat pengunjung betah berada diwebsite kalian.

Kabar baiknya, W3 Total Cache adalah gratis yang bisa dipasang kapanpun.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

3. Jetpack

Jetpack merupakan salah satu free plugin terlengkap yang dapat menangani berbagai macam kebutuhan seperti keamanan dan performa. Jetpack memiliki versi gratis dan berbayar, dengan versi yang gratis pun, kalian sudah bisa menikmati fitur-fitur yang dimiliki oleh Jetpack seperti keamanan, optimize, writing dan masih banyak lagi, berikut adalah fitur dasar Jetpack dalam module keamanan:

  • Downtime Monitoring

Yang akan memberi tahu kalian jika website sedang offline.

  • Brute Force Protection

Sebuah fitur untuk menghindari serangan brute force attack dari peretas.

  • Auto-update

Memastikan plugin yang terinstall sudah terupdate secara berkala.

  • Login

Mengamankan security pada login wordpress.

Selain fitur-fitur keamanan, Jetpack memiliki module optimasi website yang akan meningkatkan kecepatan website, seperti Site Accelerator dan lazy-load.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

4. WP Optimize

Selain komponen performa lainnya seperti CSS, Javascript, Cache, Pengoptimalan performa database jangan pernah kalian lewatkan, Plugin free Wordpress ini akan mengoptimalkan database untuk membersihkan tabel yang tidak digunakan. WP Optimize secara khusus akan bekerja dengan sisi server khususnya database, disaat kalian akan menghilangkan beberapa table yang tidak perlu, WP Optimize akan melakukannya dengan otomatis, kalian tidak perlu repot untuk login manual kedalam phpmyadmin.

Dengan mengoptimasi database, maka kecepatan website pun akan lebih terasa baik itu oleh pengguna atau mesin pencari yang sedang melakukan crawling. Selain database, WP Optimize juga dapat melakukan banyak hal terhadap optimasi assets website kalian seperti gambar, caching dan lainnya. 

WP Optimize termasuk plugin yang recommended yang wajib kalian coba, baik itu dalam versi gratis maupun berbayar.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

5. WP Rocket

WP Rocket adalah free plugin dari wordpress berbayar yang memiliki fitur lengkap dan performa yang tinggi yang akan meningkatkan kecepatan website secara drastis. WP Rocket sangat ramah bagi pemula maupun professional karena kemudahannya dalam installasi atau mengatur konfigurasi, didukung dengan customer support handal yang siap membantu kalian kapanpun.

Beberapa fitur andalan WP Rocket yang akan kalian dapatkan ketika menggunakan plugin ini diantaranya:

  • Ultra-fast loading.
  • Files lighter.
  • Loaded only when needed.
  • Cloudflare integration.
  • Optimize database.
  • Dan masih banyak lagi.

WP Rocket merupakan plugin berbayar yang sangat powerfull, jika kalian memiliki budget lebih, WP Rocket bisa menjadi pilihan.


3. Security

Selanjutnya adalah plugin free Wordpress yang berhubungan dengan keamanan website. Kategori ini sangat penting untuk dimiliki, alasannya karena akan memberikan rasa aman dimata mesin pencari maupun pengguna. Berikut adalah beberapa pilihan plugin security yang wajib dimiliki oleh website berbasis wordpress.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

1. Really Simple SSL

Really Simple SSL dapat memperbaharui URL dari HTTP menjadi HTTPS hanya dengan satu kali klik saja. SSL merupakan komponen penting dalam website untuk memberikan rasa aman kepada pengguna ketika sedang menggunakan website kalian. Dengan Really Simple SSL, kalian tidak perlu mengatur URL secara manual untuk menjadi HTTPS dan akan menghemat waktu.

Beberapa fitur dari Really Simple SSL diantaranya:

  • Dapat memperbaharui HTTP kedalam HTTPS secara otomatis
  • Mengalihkan beberapa URL menjadi 301 untuk mengubah akses dari versi non secure menjadi secure.
  • Terdapat pilihan untuk mengatur HSTS (HTTP Strict Transport Security) termasuk preload, dll.
  • Pemeriksaan kadaluarsa SSL.
  • Dan masih banyak lagi.

Really Simple SSL memiliki dua versi yaitu berbayar dan gratis. Namun kita sarankan untuk memilih versi premium jika memiliki budget lebih, karena fitur yang ditawarkan oleh plugin ini sangat lengkap yang akan melindungi website kalian dengan ekstra.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

2. All In One WP Security & Firewall

All In One WP Security & Firewall merupakan alat untuk mengamankan website dan mengurangi resiko dari serangan. All In One WP Security & Firewall akan memeriksa disetiap aspek yang rentan terhadap serangan dan mengukur seberapa besar kemungkinan website akan terkena serangan, tolak ukur penilaian tersebut akan diberikan berdasarkan poin (dasar, menengah, lanjutan).

Beberapa fitur yang ditawarkan All In One WP Security ini diantaranya:

  • Login Security
  • Users Security
  • Register Security
  • Data Security
  • Spam
  • File system protection
  • Backup (htaccess dan wp-config)
  • Firewall & Blacklist
  • Dan masih banyak lagi

Plugin ini tidak akan membuat website kalian menjadi lambat dan dapat digunakan secara gratis.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

3. Akismet Anti-Spam

Akismet merupakan plugin free Wordpress anti-spam yang ditujukan untuk menangani komentar berbahaya pada blog. Akismet akan memeriksa setiap komentar yang masuk dan mencegah inputan yang berbahaya bagi website. Dengan kata lain, plugin Akismet akan melindungi dari segala serangan spamming secara real-time.

Plugin ini sangat wajib dimiliki bagi pengguna wordpress yang memiliki form komentar pada blog. Maka tak heran Akismet sangat populer digunakan karena sudah mencapai 5 juta lebih installasi.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

4. Google Authenticator

Google Authenticator merupakan plugin free wordpress yang akan mencegah orang lain untuk mengakses halaman login dengan menggunakan username dan password dengan mengaktifkan two factor authentication. 

Two factor authentication akan meminta nomor handphone untuk memproses login ketahap berikutnya. Cara ini merupakan langkah terbaik untuk mengamankan login kedalam dashboard admin wordpress dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Google Authenticator ini gratis, dapat digunakan kapanpun kalian butuhkan.

 

4. Widget & Tag

Selanjutnya adalah plugin yang berhubungan dengan widget dan tag seperti social media share, mengelola form kontak, mengatur iklan adsense dll. Berikut adalah beberapa pilihan plugin widget yang bisa kalian gunakan.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

1. Contact Form 7

Plugin ini adalah plugin sejuta umat, sangat populer digunakan oleh seluruh pengguna wordpress karena sangat mudah untuk digunakan. Contact Form 7 berfungsi untuk membuat form kontak atau halaman kontak khusus yang dapat dicustomisasi sesuai keinginan.

Contact Form 7 sangat ramah bagi pemula sekalipun, yang menginginkan halaman kontak terbuat dengan cepat.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

2. Shareaholic

Shareaholic merupakan plugin free social media share gratis untuk membagikan hasil postinganmu kedalam Facebook, Twitter, Pinterest, Whatsapp dll dengan mudah. Shareaholic merupakan social share buttons yang dapat ditempatkan dimanapun kalian inginkan.

Social share pada postingan blog sangat dibutuhkan, karena dapat meningkatkan traffic dan engagement pada website. Fitur menarik lainnya adalah dapat menampilkan beberapa related posts, social analytics dan monetiasi website. Plugin ini wajib diinstall untuk para content creator blog dengan wordpress.

 

Rekomendasi Plugin Wordpress Terbaik Wajib Dicoba!

 

3. Quick Adsense

Quick Adsense sangat direkomendasikan untuk website yang sudah approve dengan Google Adsense yang ingin mengatur tata letak iklan pada blog wordpress. Quick Adsense tergolong plugin yang simple, mudah digunakan dan gratis.

Yang kalian butuhkan hanya kode iklan dari Google Adsense, kode ini digunakan untuk menampilkan iklan didalam blog yang sesuai dengan pengaturan didalam Quick Adsense, mengatur iklan yang akan tampil setelah paragraf berapa dan lain sebagainya.

 

Penutup

Banyak manfaat dengan menggunakan plugin seperti meningkatkan performa website, meningkatkan keamanan pada website dan lain-lain. Namun perlu diketahui untuk tidak menggunakan plugin secara berlebihan, cukup pakai plugin seperlunya agar tidak memakan memory yang besar.

Share