Simak Poin Penting Perbedaan SEO Dan SEM

SEO dan SEM merupakan komponen dalam Digital Marketing yang sama-sama penting dalam mengoptimasi ...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
862
Posting
08 Jul 2022
Simak Poin Penting Perbedaan SEO Dan SEM SEO dan SEM merupakan komponen dalam Digital Marketing yang sama-sama penting dalam mengoptimasi website dalam mesin pencari atau mudah untuk menjangkau user. Simak Poin Penting Perbedaan SEO Dan SEM
2022-11-25

Istilah kedua ini sangat bereratan dengan optimasi mesin pencari, mungkin sudah tidak asing untuk orang yang sudah terjun kedalam digital marketing. SEO dan SEM merupakan komponen penting Digital Marketing yang sama-sama penting untuk mengoptimasi website dalam mesin pencari dan mudah untuk menjangkau user.

SEM atau Search Engine Marketing melakukan marketing dalam bentuk pemasaran melalui internet yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website didalam mesin penelusuran seperti SERP Google.

Keduanya tidak bisa dilepaskan dalam dunia digital marketing karena keduanya saling melengkapi dan berkaitan. SEM mencakup teknik dalam SEO begitupun sebaliknya. Kedua metode ini tidak memiliki arti yang sama, namun keduanya memiliki tujuannya yang sama.

SEM mengoptimalkan website dalam mesin pencari dengan metode berbayar seperti Google Ads, PPC (Pay Per Click) maupun Social Media Marketing.

Lalu SEO itu sendiri adalah melakukan optimasi terhadap sistem website dari aspek sistem, konten. Optimasi pada onpage dan offpage perlu untuk dipahami untuk mengupayakan website masuk kedalam peringkat 1 halaman mesin pencari agar mendapat traffic yang tinggi.

 

Perbedaan SEO dan SEM Yang Harus Kamu Ketahui

 

 

1. Apa perbedaan SEO dan SEM?

Setelah mengetahui apa itu SEM, lalu apa perbedaan dari SEO itu sendiri? dari perbedaan ini, kalian bisa melihat gambaran untuk menentukan strategi untuk meningkatkan atau mengoptimasi website.

 

2. Optimasi SEO itu gratis dan SEM tidak gratis

Perlu kalian ketahui bahwa SEM itu tidak gratis, metode ini membutuhkan iklan dalam memasarkan website atau produk dalam bentuk PPC (Pay Per Click) atau Google Ads. Dengan kata lain untuk mengunakan strategi SEM itu, kalian setidaknya harus menyediakan dana khusus untuk melakukan metode ini.

Sementara SEO itu gratis, itu dikarenakan pemilik akan melakukan optimasi didalam sistem website itu sendiri. Ketika melakukan optimasi, memang dibutuhkan ketekunan dan bekerja sama dengan web developer.

 

Hasil SEM lebih cepat

 

3. Hasil SEM lebih cepat

Kelebihan SEM adalah dapat mendapatkan hasil lebih cepat daripada SEO karena membutuhkan waktu untuk mencapai hasil yang diharapkan, sementara SEM bisa dilakukan secepat mungkin untuk mempersingkat waktu proses optimasi. Namun perlu digaris bawahi, persaingan dalam Search Engine Marketing ini cukup ketat dengan pemasang iklan lainnya dengan kategori serupa.

 

Optimasi SEO bagus untuk jangka panjang

 

4. Optimasi SEO sangat bagus untuk jangka panjang

Optimasi SEO memang sangat membutuhkan waktu dan effort dalam melakukannya, namun sangat baik untuk jangka panjang. Hal ini disebabkan strategi yang dapat menyesuaikan dan berkembang seiring berjalannya waktu dan dapat bertahan lama.

Sementara SEM hanya aktif selama kalian membayar iklan PPC atau Google Ads itu sendiri selama dana masih mencukupi. Selama iklan iklan masih aktif, metode ini tidak berpengaruh pada strategi pemasaran, namun ketika sudah tidak aktif maka berakhir sudah. 

 

SEM bisa memilih audience tertentu

community.articulate.com

 

5. SEM bisa memilih audience tertentu

Kelebihan SEM dapat memilih audience tertentu sesuai dengan strategi kalian terkait lokasi, umur, kebiasaanya pengguna dll, karena pada intinya keduanya sama-sama bertujuan dalam menjangkau audience secara tertarget.

 

Mana yang lebih baik SEO dan SEM

objectadsolutions.co.uk

 

6. Mana yang lebih Baik antara SEO dan SEM

Setelah mengetahui apa perbedaan dari kedua metode ini, jika dilihat dari segi aspek jangka panjang, menurut saya SEO organik yang terbaik. Itu karena hasil secara organik adalah pendekatan jangka panjang. Meskipun untuk mendapatkan hasil organik membutuhkan waktu dalam mengoptimasinya, namun manfaat yang dirasakan setelahnya jauh lebih bisa menjangkau audience lebih menyeluruh.

SEM memang bisa menghasilkan hasil yang jauh lebih cepat, namun hal tersebut dapat dioptimasikan ketika dana masih tersedia, jika kalian mungkin bersaing dengan pengiklan lain dengan kategori serupa dan kemudian iklan kalian sudah tidak aktif, maka besar kemungkinan bisa tersusul oleh kompetitor.

Hasil organik tidak bergantung dengan hal ini, karena mesin pencari akan memberikan rekomendasi website yang baik kepada user mereka ketika muncul dalam SERP (Search Engine Result Pages).

Namun perlu digaris bawahi, pengunaan teknik black hat SEO tidak disarankan, karena bisa kena pinalti dari Google dan hal ini sangat buruk untuk reputasi website kalian. Sebaiknya lakukan langkah demi langkah dalam mencapai yang terbaik sesuai dengan aturan Google.

Terlepas dari organik lebih baik dari SEM, memang ada situasi tertentu dimana PPC dibutuhkan ketika meluncurkan sebuah website dan ingin segera untuk meningkatkan visibilitas untuk seluruh penguna internet. Karena dengan PPC, hasil pada SERP dapat memunculkan hasil lebih cepat terkait website kalian dibandingkan SEO.

Apakah kalian sudah paham dengan apa audience inginkan didalam industri yang kalian jalankan? bila belum yakin. kalian bisa gunakan SEM untuk mentesting sambil melakukan optimasi secara organik. 

Tujuan melakukan pengujian testing ini adalah untuk menguji produk yang diminta audience atau jasa yang ditawarkan, ketika nantinya sudah final, produk atau jasa yang kalian tawarkan kepada audience tersebut sudah betul-betul tertarget.

 

7. Ringkasan mengenai SEO dan SEM

Beberapa ringkasan terkait istilah keduanya yaitu:

1. Sama-sama untuk membantu website

Kedua istlah tersebut bersama-sama saling membantu website dalam mengoptimasi kedalam posisi terbaik dalam hasil pencarian dengan keyword tertentu.

2. Sama-sama meningkatkan traffic

Visibilitas merupakan hasil yang didapatkan diantara keduanya, karena semakin baik visibilitas pada website makanya semakin banyak traffic yang akan didapatkan.

3. Keduanya memerlukan riset keyword

Melakukan riset pada keyword merupakan salah satu hal terpenting dalam mengoptimasi website terkait dengan kedua metode ini. Hal ini bertujuan untuk membuat strategi dengan kompetitor lain untuk menentukan keyword apa yang digunakan dalam meningkatkan visibilitas websitenya.

Dengan keyword yang terarah dan tertarget, tentu bisa lebih bersaing dengan kompetitor lain secara sehat.

 

Kesimpulan

SEO dan SEM sama-sama bertujuan dalam meningkatkan engagement, traffic pada website. Perbedaan mendasar hanya terletak pada cara implementasi dan efek yang dirasakan, SEO sangat bagus untuk hasil jangka panjang namun membutuhkan proses yang tidak instan, sedangkan SEM bisa memilih audiens sesuai dengan keinginan kita dengancepat namun kalian harus mengeluarkan biaya.

Dengan mengerti apa arti dari kedua istilah tersebut, kalian bisa menentukan strategi apa yang tepat untuk website kalian untuk jangka panjang atau pendek.

Share