Apa Itu SSL, Mengapa Penting Untuk Website

SSL atau Secure Socket Layer merupakan salah satu komponen dalam website yang harus dimiliki agar...
Penulis
Admin
Kategori
Website
Estimasi
6 menit baca
Dilihat
1.1K
Posting
25 Nov 2021
Apa Itu SSL, Mengapa Penting Untuk Website SSL atau Secure Socket Layer merupakan salah satu komponen dalam website yang harus dimiliki agar memberikan rasa aman ketika data yang diminta sedang diproses. Apa Itu SSL, Mengapa Penting Untuk Website
2022-11-25

Beberapa dari kalian mungkin tahu apa itu SSL dan mungkin sebagian dari kalian juga belum dengar dengan istilah ini. Dalam dunia website, SSL sudah menjadi bagian terpenting dalam website. Ada beberapa hal yang perlu diketahui tentang SSL khususnya terkait dengan keamanan. Bagi kamu yang kurang familiar dengan istilah ini, disini kita akan membahas tentang pengertian, jenis-jenis dan tentunya manfaat SSL untuk website kalian.

Dalam Google Chrome, mungkin dari kalian pernah melihat ketika akan memasukan URL tertentu terdapat label secure dan not secure disamping address bar pada Google Chrome. Ketika sertifikat SSL tidak terpasang, maka browser akan melabeli website tersebut dengan not secure, hal ini sangat penting bagi pemilik website untuk memberikan kredibilitas kepada user bahwa situs yang dilabeli secure akan menjamin rasa aman.

 

Apa itu SSL website, pentingkah?

 

 

1. Apa itu SSL

SSL atau Secure Socket Layer merupakan salah satu komponen yang harus dimiliki agar memberikan rasa aman ketika data yang diminta sedang diproses didalam lalu lintas jaringan, karena data akan terenkripsi dan browser akan melabeli suatu website dengan icon gembok atau secure.

Ketika komponen ini sudah terpasang, situs akan berubah otomatis menjadi protokol HTTPS yang sebelumnya hanya HTTP. Apakah kalian pernah dengar istilah TLS? TLS ini sebenarnya sama seperti SSL, yaitu sama-sama melindungi dan mengenkripsi data.

SSL sebenarnya sudah tidak digunakan lagi dan sudah digantikan oleh TLS. TLS jauh lebih baik daripada SSL karena lebih baru. Namun jangan khawatir, keduanya sama-sama bertujuan untuk melindungi website.

 

2. Apakah fungsi SSL itu?

Berbicara soal keamanan, tentu jelas SSL atau TLS ini sangat penting, selain dapat memberikan kredibilitas pada mesin pencari, situs akan aman dan menghindari dari ancaman peretas. Beberapa alasan mengapa komponen ini sangat penting adalah:

1. Meningkatkan reputasi dimata browser

Website yang sudah terpasang dengan sertifikat SSL atau TLS, secara otomatis browser akan melabeli dengan secure, dalam Google Chrome biasanya akan terlihat icon gembok. Jika kalian klik icon gembok tersebut, disana akan menampilkan status informasi yang kalian kunjungi seperti koneksi aman, cookie dll.

Hal ini tentu sangat berpengaruh pada reputasi dimata pengguna, dengan kata lain notifikasi tersebut memberikan pesan bahwa website yang kunjungi tersebut sudah aman. Biasanya sangat penting pada situs-situs e-commerce/toko online yang membutuhkan data user atau transaksi, misalnya ketika si calon pembeli akan membeli di toko online kalian, maka calon pembeli tidak akan ragu untuk berbelanja di toko online kalian karena browser sudah melabeli website tersebut dengan gembok/secure.

2. Menghindari pencurian data

Komponen ini melindungi lalu lintas data secara terenkripsi atau melakukan pengacakan data. Tidak semua orang dapat membaca data tersebut dan melakukan penyadapan. 

Website yang sudah terpasang dengan SSL biasanya akan sulit untuk diambil datanya dan diterjemahkan, karena data tersebut sudah berubah menjadi baris kode yang sangat sulit untuk dipahami.

3. Meningkatkan reputasi dalam mesin pencari

Saat ini mesin pencari Google sangat menyukai website-website yang sudah terpasang sertifikat khusus keamanan ini. Hal ini disebabkan karena Google ingin memberikan rekomendasi kepada penggunanya, situs yang benar-benar aman ketika melakukan pencarian informasi dalam mesin pencarian mereka.

Bahkan, Google sangat melarang pengguna untuk mengunjungi situs yang tidak aman atau tidak memiliki sertifikat sama sekali. Maka tidak heran rata-rata 10 besar ranking google merupakan website yang memiliki sertifikat dan sangat berpeluang untuk masuk ke peringkat tertinggi dalam mesin pencari Google.

 

Apa itu SSL website, pentingkah?

 

3. Bagaimana cara kerja SSL

Secara garis besar, cara kerja komponen ini yaitu membantu situs untuk mengamankan informasi dari komputer yang terhubung ke internet melalui sertifikat khusus. 

Pertukaran data yang terjadi ketika melakukan permintaan data, email atau membeli barang secara online, semua data tersebut akan terenkripsi dan terlindungi dari oknum yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya, sertifikat dalam komponen ini memiliki 2 tipe yaitu private key dan public key. Private key digunakan untuk mendekripsi data kedalam format yang dapat digunakan kembali oleh si penerima dan public key digunakan untuk mengenkripsi data yang akan dikirimkan.

 

4. Jenis-jenis SSL

Beberapa jenis SSL yang perlu kalian ketahui untuk memenuhi keamanan data dalam website, diantaranya:

1. Domain Validated (DV)

Jenis SSL ini sangat cocok bagi situs yang sedang berkembang yang membutuhkan enkripsi data dengan harga yang cukup terjangkau.

Sertifikat jenis ini hanya memerlukan DNS dan email, dan hanya menampilkan informasi bahwa sudah aman dan sudah terenkripsi. Sertifikat Domain Validated (DV) ini sangat tidak disarankan bagi pemilik situs e-commerce atau toko online.

2. Organization Validated (OV)

SSL OV sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis DV, namun yang membedakan adalah pemilik domain wajib untuk melakukan verifikasi dengan menunjukan bukti kepemilikan domain sertifikat atau Certificate Authority seperti Comodo atau GeoTrust.

Hal tersebut untuk memastikan bahwa domain tersebut sudah terdaftar dari nama bisnis, lokasi bisnis atau informasi lainnya. Jenis Organization Validated (OV) biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi agar website mereka aman dan lebih terpercaya kepada user.

3. Extended Validated (EV)

Jenis SSL ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi dan sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam toko online atau e-commerce. Sertifikat EV ini memberikan informasi terkait nama bisnis dengan ditandai warna hijau pada bar URL yang mengindikasi bahwa situs sangat aman.

Untuk mengunakan jenis Extended Validated (EV) ini, dibutuhkan beberapa dokumen legal untuk memverifikasi kepemilikan domain, karena biasanya sertifikat jenis ini digunakan untuk pemilik domain dengan badan usaha seperti PT, CV atau departemen negara.

 

5. Apa manfaat mengunakan SSL

Beberapa manfaat ketika website kalian sudah terpasang dengan SSL atau TLS diantaranya:

1. Mengamankan ketika melakukan pertukaran data

Manfaat yang terasa ketika mengunakan sertifikat SSL adalah melindungi data menjadi lebih aman dengan public key dan private key, ketika melakukan pertukaran data yang terjadi antara komputer visitor ketika mengunjungi website kalian.

2. SEO jauh lebih baik

Sejak 2014, Google menetapkan algortima yang mengutamakan website yang memiliki sertifikat SSL dibanding dengan yang tidak memiliki sertifikat sama sekali. Hal ini mengakibatkan meningkatnya reputasi dan kualitas SEO.

Meskipun komponen ini tidak menjadi faktor nomor satu yang ditetapkan oleh Google, alangkah baiknya untuk mengunakan komponen ini demi keamanan data.

3. Reputasi meningkat

Website yang tidak menggunakan SSL berpeluang besar untuk tidak diakses oleh user, karena browser memberikan informasi kepada user bahwa website tersebut tidak aman untuk dikunjungi.

Ini sangat berbahaya jika situs bisnis atau toko online yang tidak mengunakan sertifikat SSL atau TLS, kemungkinan besar user tidak akan mengakses website tersebut. Sebaiknya pasang sertifikat keamanan ini secepat mungkin ketika baru mulai membuat website untuk meningkatkan reputasi itu sendiri.

 

Apa itu SSL website, pentingkah?

 

6. Merubah Protokol dari HTTP ke HTTPS

HTTP dan HTTPS merupakan protokol yang berfungsi untuk mengirimkan informasi dari satu komputer ke komputer lain melalui jaringan internet. Perbedaan HTTP dan HTTPS terletak pada akhir hurufnya yang menambahkan huruf S yaitu Secure.

Website yang sudah terpasang sertifikat SSL biasanya akan secara otomatis berubah jadi HTTPS. Perubahan protokol dari HTTP ke HTTPS, mengindikasi bahwa protokol HTTP merupakan protokol yang tidak aman karena tidak melakukan enkripsi data. HTTP tidak melakukan autentikasi ketika berinteraksi dengan komputer lain di dalam jaringan internet. Hal ini sangat riskan dari peretas yang siap-siap menyimpan data kalian.

HTTPS merupakan protokol yang secure atau aman karena sudah terpasang sertifikat khusus. Hal ini menunjukkan bahwa komputer telah melakukan autentikasi dengan komputer lain untuk menghalau apapun yang berusaha untuk dicuri atau disalahgunakan. Sebagai pemilik, tentu ini menjadi hal yang sangat penting dalam berinteraksi dengan user website seperti dalam e-commerce atau toko online.

Pertukaran informasi seperti email, informasi alamat, saldo, data pribadi jauh lebih aman dengan komponen ini.

 

Kesimpulan

Setelah kita memahami pengertian, cara kerja, manfaat dan jenis-jenis SSL, perlu diketahui bahwa terdapat jenis sertifikat berbayar dan juga ada yang gratis seperti Let's Encrypt atau Cloudflare.

Tentu fitur yang ditawarkan pun berbeda, SSL gratis sangat cocok bagi yang ingin bereksperimen sebelum mengunakan jenis sertifikat berbayar. Sertifikat jenis DV (Domain Validated) sangat cocok digunakan untuk website yang berkembang, lalu jenis sertifikat OV (Organization Validated) sangat cocok digunakan untuk kepemilikan domain terkait informasi, nama perusahaan atau organisasi dan jenis terakhir yaitu EV (Extended Validated) cocok untuk menjalankan website seperti e-commerce atau toko online karena tingkat keamanan yang tinggi.

Share