Manfaat Dan Pengertian AJAX Dalam Web Development

AJAX sendiri merupakan singkatan dari Asynchronous Javascript And XML yang mengembangkan sebuah w...
Penulis
Admin
Kategori
Website
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
1.0K
Posting
29 Jun 2022
Manfaat Dan Pengertian AJAX Dalam Web Development AJAX sendiri merupakan singkatan dari Asynchronous Javascript And XML yang mengembangkan sebuah website dalam menjalankan aplikasi dalam setiap request. Metode ini sangat cepat dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu tanpa menunggu halaman selesai reloading dan membuat interaksi didalam front-end menjadi lebih interaktif dan modern. Manfaat Dan Pengertian AJAX Dalam Web Development
2022-11-25

Berbicara soal website, banyak sekali hal yang harus dipahami salah satunya adalah AJAX, metode ini banyak digunakan dalam website berskala kecil maupun besar yang membutuhkan banyak request. AJAX atau Asynchronous Javascript And XML adalah teknik dalam pengembangan sebuah website ketika menjalankan suatu perintah kedalam server. Hal ini akan memungkinkan interface tidak perlu merefresh halaman untuk menampilkan data, karena bekerja dengan asynchronous atau tidak langsung. AJAX sangat bergantung pada Javascript, karena untuk menjalankan metode ini, bahasa pemrograman Javascript sangat dibutuhkan untuk mengelola konten-konten dinamis.

 

Apa itu AJAX pada website

AJAX (Asynchronous Javascript And XML) logo

 

 

1. Apa itu AJAX

AJAX merupakan sebuah metode yang biasa digunakan dalam interface website untuk berinteraksi dengan server tanpa memerlukan reload halaman. Dalam hal performa, ternyata teknik ini cukup cepat dibandingkan menggunakan teknik konvensional, dimana teknik ini akan membuat user tidak perlu menunggu halaman ketika reload serta membuat interaksi dalam front-end menjadi lebih interaktif.

Contoh kasus yang sering kita temui adalah pada kolom pencarian Google. Ketika kita akan mencari sesuatu dengan mengetik didalam kolom pencariannya, akan muncul beberapa saran kalimat dibawahnya untuk menunjukan kepada user tentang apa yang dicarinya, itulah contoh sederhana dari teknik AJAX.

AJAX akan secara cepat merespon apa yang dicari oleh user dengan berkomunikasi dengan server tanpa harus merefresh sebuah halaman. Metode ini membuat kinerja server menjadi ringan, karena request yang diminta akan diberikan sesuai dengan keinginan user. AJAX sendiri bukanlah sebuah teknologi, namun hanya sebuah teknik dalam Javascript untuk menghubungakan dengan server secara dinamis.

XMLHTTPRequest merupakan objek yang mengacu pada penggunaan data untuk berinteraksi dengan server. Layaknya HTML yang menampilkan data kedalam browser, XMLHTTPRequest bertujuan untuk membawa data kedalam browser melalui Javascript. Metode ini mengunakan XHTML untuk konten bersamaan dengan DOM atau Document Object Model untuk memanipulasi HTML.

Secara fundamental, pengetahuan tentang DOM wajib dikuasai oleh developer jika ingin menggunakan teknik ini, karena data yang akan ditampilkan melalui AJAX dan biasanya akan dimanipulasi kedalam HTML untuk menampilkan konten secara dinamis. Misalnya untuk mengisi form pada HTML, website yang tidak menggunakan AJAX, akan mengirimkan informasi kedalam server secara sinkronisasi dan akan dialihkan kedalam halaman lain. Sementara website yang menggunakan AJAX, cara bekerjanya tidak seperti itu, ketika user mengirimkan data melalui sebuah tombol, Javascript akan membuat permintaan kedalam server, lalu mengolah hasil dan memperbaharui tampilan tanpa mengalihkan ke halaman lain.

 

2. Contoh teknik dalam AJAX

Konsep ini sebenarnya sudah ada sekitar tahun 90an, namun AJAX versi lama tidak terkenal seperti saat ini. Konsep AJAX dipopulerkan oleh Google yang menerapkan teknik tersebut kedalam produk mereka.

Teknik ini banyak digunakan dalam berbagai macam hal seperti notifikasi, chat, form, searching, menampilkan card secara asynchronous (load more), asynchronous pagination, rating produk dan lain sebagainya.

Pendekatan yang berbeda pada sebuah halaman website dengan menggunakan AJAX, misalnya untuk menampilkan halaman produk dengan mengunakan asynchronous. Bayangkan saja jika dalam satu halaman terdapat ribuan produk yang ditampilkan secara bersamaan kedalam interface, jelas akan memberatkan server dan database, menguras banyak bandwidth dan membuat user tidak nyaman karena harus scroll halaman website tanpa henti. Dengan menggunakan teknik asynchronous, sebuah halaman website produk bisa menampilkan per 6 produk misalnya, lalu menekan tombol load more untuk menampilkan 6 produk berikutnya.

Dari contoh sederhana tadi, kita sudah bisa menyimpulkan bahwa AJAX memang sangat bermanfaat dari berbagai sisi, terutama berinteraksi dengan user. Berikut adalah contoh kode AJAX pada vanilla Javascript dan JQuery:

// Vanilla AJAX Javascript

var http = new XMLHttpRequest();
http.addEventListener("load", () => {
  console.log(http.responseText);
});
http.open("GET", "https://www.catatanweb.com/api");
http.send();

Vanilla Ajax

// JQuery AJAX

$(document).ready(function () {
    $.ajax({
      async: true,
      type: "GET",
      dataType: "json",
      url: "https://www.catatanweb.com/api",
      success: function (data) {
        console.log(data);
      },
    });
});

JQuery Ajax

 

Cara kerja AJAX pada website Javascript

 

3. Bagaimana cara kerja AJAX pada website

Umumnya dalam teknik ini terdiri dari beberapa komponen sistem diantaranya adalah HTML, DOM, XML, XMLHTTPRequest dan Javascript.

  • HTML sendiri merupakan bahasa utama yang digunakan untuk mempresentasikan sebuah data kedalam browser.
  • DOM merupakan teknik memanipulasi dokumen pada HTML untuk menampilkan data secara dinamis.
  • XML digunakan untuk melakukan pertukaran data, namun pada website modern saat ini, XML sudah jarang digunakan dan sudah diganti dengan JSON (JavaScript Object Notation), karena penggunaanya yang mudah dan proses yang cepat.
  • XMLHTTPRequest berfungsi untuk berkomunikasi dengan server secara tidak langsung atau asynchronous.
  • Javascript merupakan bahasa utama dalam membuat metode AJAX dan menyatukan dengan komponen lainnya secara sempurna.

Sebenarnya jika sudah memahami dasar pada Javascript, menggunakan teknik ini tidaklah sulit. Berikut adalah beberapa perbandingan antara alur konsep konvensional dengan konsep yang menggunakan AJAX:

Alur Konsep Konvensional

  • Permintaan akan dikirimkan kedalam browser untuk diproses kedalam server.
  • Server menerima data dan memprosesnya.
  • Server akan mengembalikan data yang diminta.
  • Web browser akan menerima data lalu melakukan reloading halaman sebagai tanda data sudah selesai diproses.

Alur Konsep AJAX

  • Browser akan membuat panggilan kedalam server dengan menggunakan XMLHTTPRequest dan mengirimkannya kedalam server.
  • Server menerima data lalu mengembalikan data yang diminta kedalam browser.
  • Browser menerima data dari server dan langsung ditampilkan kedalam interface tanpa melakukan reloading halaman sebagai tanda data sudah selesai diproses.

 
Dari kedua perbandingan tersebut sudah bisa disimpulkan bahwa dengan menggunakan teknik ini, browser tidak perlu melakukan reloading halaman untuk menampilkan data kedalam interface, tidak seperti alur kerja konvensional yang mengharuskan user untuk menunggu halaman selesai reloading ketika akan menampilkan data.

 

apa itu ajax pada website dan manfaatnya

learningonlinecourse.com

 

4. Apa saja manfaat AJAX pada website

Beberapa manfaat yang dirasakan pemilik website ketika sudah mengunakan teknik ini dalam aplikasi websitenya diantaranya:

1. Meningkatkan kinerja website

Teknik ini sejatinya diciptakan untuk meningkatkan kinerja pada website dalam kecepatan dan fungsionalitas. Dengan AJAX, sebuah halaman website tidak perlu untuk menampilkan data didalam database secara penuh. Server tidak akan bekerja sebelum menerima permintaan dari browser saja. Pengguna website dapat membuat permintaan data sesuai dengan kebutuhannya tanpa harus menunggu halaman selesai diperbaharui sepenuhnya.

2. Meningkatkan User Experience (UX)

AJAX dapat meningkatkan pengalaman yang baik kepada pengguna, karena website jauh lebih cepat ketika ingin melakukan permintaan data dan akan mengurangi reload halaman yang tidak perlu dan mengoptimasi beberapa halaman tertentu saja. Metode ini dapat meningkatkan kinerja browser dan memfasilitasi untuk berinteraksi dengan server, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

3. Mengurangi bandwidth yang tidak perlu

AJAX dapat meringankan beban jaringan dan menghindari penggunaan bandwidth yang tidak perlu. Itu disebabkan karena metode ini hanya memproses data dan mengambil data secara efisien sehingga memberikan pengalaman kecepatan yang responsif.

4. Didukung oleh berbagai browser

Hampir semua browser saat ini sangat support pada website modern yang menggunakan teknik AJAX, mulai dari Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, Mobile Browser.

 

Kesimpulan

AJAX merupakan teknik dalam website untuk mempermudah user, mengurangi bandwidth yang tidak perlu dan memberikan pengalaman yang baik kepada user. Penggunaan teknik ini sebetulnya tidak terlalu sulit untuk digunakan jika sudah memahami dasar pada Javascript dan dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan website kalian.

Share