😍 Tutorial Cara Menyimpan Emoji Dalam Database MySQL

Artikel yang kita buat dengan menggunakan emoji tentu akan lebih ekspresif bagi user. Namun ketik...
Penulis
Admin
Kategori
Tutorial
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
1.3K
Posting
13 Feb 2022
😍 Tutorial Cara Menyimpan Emoji Dalam Database MySQL Artikel yang kita buat dengan menggunakan emoji tentu akan lebih ekspresif bagi user. Namun ketika emoji tersebut akan kita simpan kedalam database seringkali menemukan kendala yaitu tidak dapat tersimpan dengan baik. Disini kita akan menjelaskan solusi bagaimana cara menyimpan emoji kedalam database MySQL. 😍 Tutorial Cara Menyimpan Emoji Dalam Database MySQL
2022-11-25

Emoji merupakan karakter khusus yang biasanya digunakan dalam chat, namun pada saat ini dalam menulis artikel biasanya kita menginginkan penggunaan emoji disaat kita menulis. Tidak hanya untuk keperluan chat saja, penggunaan emoticon sudah lazim digunakan didalam konten artikel berbasis website.

Dengan menggunakan emoji, artikel yang kita buat akan lebih berwarna dan lebih ekspresif. Namun ada sedikit permasalahan terkait penggunaan emoji ini, ketika kita menggunakannya kedalam artikel yang kita buat, database tidak dapat menyimpan setiap emoji yang kita sisipkan secara default.

Hal ini tentunya membutuhkan konfigurasi khusus terhadap database kita dan framework yang digunakan yaitu charset dan collation. Dalam perubahan kali ini, kita akan mencontohkan bagaimana cara merubah database serta pengaturan framework agar dapat menggunakan emoji.

 

Tutorial cara menyimpan emoji atau emoticon kedalam database MySQL

 

 

1. Apa itu Charset dan Collation?

Charset seringkali digunakan dalam dokumen HTML dalam menerjemahkan sebuah karakter kedalam bit yang nantinya dapat dibaca oleh kita dari berbagai jenis karakter baik itu simbol, angka maupun huruf.

Nah untuk pengunaaan emoji ini, dibutuhkan charset khusus dalam penggunaanya, secara default akan berupa utf-8, dalam kasus kali ini yang digunakan adalah utf8mb4 dengan collation utfmb4_unicode_ci ketika menggunakan emoji kedalam konten kita.

Jika charset yang digunakan adalah utf-8 biasa, maka nantinya emoji tersebut hanya menampilkan ???? karena tidak dapat terencode karakter tersebut dengan sempurna, jika menggunakan charset dan collate yang tepat maka emoji akan tampil sempurna seperti ini 😍

Sementara collation adalah sekumpulan perintah atau rule didalam database untuk mengurutkan dan membandingkan suatu karakter yang berada didalam set.

Biasanya collation digunakan dalam mengurutkan dan membandingkan sebuah column seperti ORDER BY post_id DESC dan WHERE post_id = "1".

 

2. Contoh penggunaan emoji kedalam konten

Untuk menambahkan emoji ini biasanya kita membutuhkan HTML Editor khusus untuk mengatur hal ini contohnya adalah CKEditor, CKEditor sudah menyediakan plugin emoji yang cukup lengkap yang bisa kita gunakan dalam menulis artikel.

Saat ini, penambahan emoji sudah sangat lumrah digunakan oleh blogger atau content writer dalam menyajikan konten mereka. Penambahan emoji dapat meningkatkan engagement dengan user dan juga membuat konten menjadi lebih atraktif.

 

3. Lalu bagaimana caranya untuk mengubah charset dan collation didalam database MySQL

Dalam menyimpan emoticon kedalam database, sebelumnya kita sudah menyinggung tentang charset yang harus dirubah secara khusus.

Ada 2 komponen yang harus dirubah yaitu charset dan collation, silahkan kalian masuk kedalam phpmyadmin lalu masukan syntax dibawah ini untuk mengubah 2 komponen tadi yaitu:

Langkah pertama yaitu merubah charset dari nama database utama kamu, disini saya mencontohkan nama database yang saya gunakan adalah contoh_database, setelah itu masuk kedalam tab SQL dan masukkan syntax SQL berikut, lalu tekan kirim:

ALTER DATABASE
    contoh_database
    CHARACTER SET = utf8mb4
    COLLATE = utf8mb4_unicode_ci;

Meubah char set dan collate dalam database utama sudah selesai, selanjutnya adalah merubah charset didalam table yang akan digunakan untuk menyimpan emoji, disini saya mencontohkan nama tablenya adalah artikel_utama, maka syntax yang digunakan adalah:

ALTER TABLE
    artikel_utama
    CONVERT TO CHARACTER SET utf8mb4
    COLLATE utf8mb4_unicode_ci;

Selamat, kedua komponen tersebut sudah selesai anda rubah menjadi charset dan collate yang seharusnya untuk menyimpan emoji. Syntax kode yang pertama berfungsi untuk mengubah kedua komponen ini database kedalam utf8mb4 dan utf8mb4_unicode_ci, sementara syntax yang kedua berfungsi untuk mengubah kedua komponen ini dari table yang ingin dirubah.

Untuk syntax yang kedua, tidak semua table akan berubah charsetnya, kita harus tentukan dulu table mana yang akan disisipkan oleh emoji ini. Tentunya tidak semua table akan menyimpan emoticon kan? nah tentukan dulu table mana yang akan dirubah.

Jika semua table dirubah charsetnya, biasanya akan terjadi error, karena disebakan row dan column yang panjang. 

Kita asumsikan kalian sudah mengubah dan mengatur charset dan collation didalam database, langkah selanjutnya adalah kita perlu melakukan pengubahan konfigurasi lanjutan didalam aplikasi kita, misalnya dalam Codeigniter atau Laravel.

 

Tutorial cara menyimpan emoji atau emoticon kedalam database MySQL Codeigniter

redirect.viglink.com

 

4. Cara mengubah Charset dan Collation dalam Codeigniter 3

Untuk mengubah kedua komponen ini didalam Codeigniter, sangat mudah dilakukan. Kalian hanya perlu merubah saja baris kode didalam file konfigurasi database Codeigniter ini berada didalam folder application/config/database.php lalu buka file tersebut.

Rubah kode pada bagian char_set' => 'utf8' dan 'dbcollat' => 'utf8_general_ci' menjadi:

$active_group = 'default';
$db['default'] = array(
    ...
    'char_set' => 'utf8mb4',
    'dbcollat' => 'utf8mb4_unicode_ci',
    ...
);

 

5. Cara mengubah Charset dan Collation dalam Codeigniter 4

Selanjutnya jika menggunakan framework Codeigniter 4, pengaturan ini terdapat pada file Database.php yang berada didalam folder App/Config. Buka file tersebut lalu rubah pada bagian 'charset'  => 'utf8' dan 'DBCollat' => 'utf8_general_ci' menjadi:

/**
* The default database connection.
*
* @var array
*/
public $default = [
    ...
    'charset'  => 'utf8mb4',
    'DBCollat' => 'utf8mb4_unicode_ci',
    ...
];

 

Tutorial cara menyimpan emoji atau emoticon kedalam database MySQL Laravel

 

6. Cara mengubah Charset dan Collation dalam Laravel

Sementara didalam Laravel, untuk mengubah kedua komponen ini silahkan masuk kedalam path config/database.php dan buka file tersebut. Didalam file ini terdapat berbagai konfigurasi terkait koneksi dengan database.

'mysql' => [
    ...
    'charset' => 'utf8mb4',
    'collation' => 'utf8mb4_unicode_ci',
    ...
],

 

Rubah baris kode pada charset dan collation menjadi utf8mb4 dan utf8mb4_unicode_ci lalu save.

Jika konfigurasi didalam database dan aplikasi sudah dilakukan, kita sudah bisa memastikan kalian sudah bisa menyimpan emoticon kedalam database dan menampilkannya kedalam front-end.

 

Penutup

Sekian penjelasan kali ini, penggunaan emoji saat ini sudah marak dilakukan untuk menambah kesan ekspresif dan menarik dalam suatu konten, kalian bisa menggunakan HTML Editor untuk bisa menggunakan emoticon seperti CKEditor.

Share