Mempelajari 26+ Istilah Penting Dalam SEO

SEO merupakan salah satu strategi untuk website dalam meraih peringkat terbaik dalam website. Dal...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
6 menit baca
Dilihat
1.6K
Posting
02 Jul 2022
Mempelajari 26+ Istilah Penting Dalam SEO SEO merupakan salah satu strategi untuk website dalam meraih peringkat terbaik dalam website. Dalam mengupayakan website dalam mengoptimasi SEO, terkadang para webmaster atau pemilik website kebingungan dengan langkah-langkah yang harus ditentukan dalam mengoptimasi SEO dengan berbagai macam istilah dalam SEO itu sendiri. Mempelajari 26+ Istilah Penting Dalam SEO
2022-11-25

SEO merupakan salah satu strategi untuk website dalam meraih peringkat terbaik dalam website. Dalam mengupayakan website dalam mengoptimasi SEO, terkadang para webmaster atau pemilik website kebingungan dengan langkah-langkah yang harus ditentukan dalam mengoptimasi SEO dengan berbagai macam istilah dalam SEO itu sendiri.

Website itu sangat bergantung kepada traffic dan interaksi dari user, untuk memenuhi hal tersebut, peran SEO sangat penting untuk menjangkau user untuk mengunjungi website tersebut. Beberapa langkah ketika akan melakukan optimasi SEO pada website, terkadang mentok dalam beberapa istilah dalam SEO yang membingungkan. Disini kita akan membahas satu persatu istilah-istilah dalam SEO, agar kalian dapat memahami arti dan mengerti dalam melangkah dan melakukan mengoptimasi website.

 

Istilah-istilah penting dalam SEO

 

 

Istilah SEO yang harus dipahami

Berikut adalah daftar istilah-istilah dari SEO dan penjelasannya:

1. Keyword

Salah satu elemen penting dalam SEO adalah keyword. Keyword merupakan frasa kata didalam suatu konten dan kata kunci untuk menargetkan ke dalam mesin pencari didalam suatu website.

Dalam membuat sebuah konten, Keyword atau kata kunci wajib untuk dianalisa terlebih dahulu ketika akan membuat konten, ini bertujuan untuk menargetkan pasar untuk menemukan konten yang kalian buat.

2. Alt text (Alternative Text)

Alt Text (Alternative Text) adalah sebuah kalimat yang membantu bot mesin pencari untuk menemukan konten kalian, biasanya terdapat pada image/gambar. Isi alt text tersebut sesuai dengan keyword yang kalian targetkan untuk mempermudah mesin pencari, karena alt text ini bisa dikatakan cara kerja mesin pencari untuk berkomunikasi dengan website kalian.

3. Anchor text

Anchor text hampir sama cara kerjanya dengan alternative text, dimana untuk menargetkan keyword tertentu didalamnya. Anchor text biasanya terdapat pada sebuah link. Dalam HTML tag, biasanya terdapat beberapa atribute seperti href dan lainnya. Anchor text diisi didalam atribute title untuk menentukan kalimat dengan keyword tertentu.

Anchor text dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan mesin pencari dalam menentukan konten kalian.

4. Meta title

Meta title merupakan judul pada suatu website, meta title sangat dibutuhkan untuk menampilkan judul pada website didalam hasil pencarian Google.

5. Meta description

Meta description merupakan deskripsi singkat tentang isi suatu website. Meta description dibutuhkan untuk menampilkan pada hasil pencarian Google.

6. Sitemap

Sitemap merupakan sebuah dokumen berupa xml yang berisi link dari setiap halaman website yang akan diindex oleh Google. Dokumen sitemap dibutuhkan untuk menentukan halaman website mana yang akan dicrawl dan diindex oleh bot mesin pencari kedalam database search engine Google. Dokumen xml ini nantinya disubmit kedalam platform Google yaitu Search Console.

 

Istilah dalam SEO

 

7. Schema Markup

Schema markup merupakan sekumpulan baris kode yang digunakan untuk menampilkan beberapa informasi secara informatif didalam mesin pencari Google. Menuruf Ahrefs, schema markup sangat penting untuk membuat rich snippet pada website semakin baik.

Rich snippet inilah yang membuat CTR atau click through rate pada website meningkat.

8. Bounce Rate

Bounce rate merupakan suatu kondisi ketika user mengunjungi suatu website dan tidak melakukan apapun didalamnya. Mereka tidak menekan tombol yang diharapkan oleh pemilik website, baik itu internal links yang penting, tombol Call to action (CTA) atau lainnya.

9. Click Through Rate (CTR)

Click through rate (CTR) merupakan rasio jumlah impression yang bersumber dari hasil pencarian organik. Click through rate (CTR) sangat penting dibutuhkan, karena akan memberikan sinyal yang baik kepada Google sebagai halaman website yang relevan.

10. Index

Index merupakan kumpulan informasi dalam mesin pencari dari beberapa website yang dikumpulkan oleh Google. Index inilah yang nantinya akan diberikan kepada user ketika membutuhkannya didalam hasil pencarian.

Index didapatkan melalui sebuah proses yang disebut crawling, yang menemukan halaman-halaman pada website. Pastikan halaman website selalu aktif dan hindari terjadinya broken link atau 404.

11. Crawler

Crawler atau spider adalah istilah lain dari search engine bot yang merayapi beberapa halaman website untuk mengumpulkan dan mengunduh sebuah konten didalam website lalu disimpan kedalam index mesin pencari.

Beberapa contoh dari bot mesin pencari diantaranya: Google bot, Bing bot, Slurp Bot dan lainnya.

12. Organic Traffic

Organic traffic merupakan trafik yang dihasilkan melalui SERP (Search engine result pages) mesin pencari bukan dari iklan yang berbayar. Organik traffic murni dihasilkan melalui query dari user, ketika mencari suatu konten dalam hasil pencarian dan mengklik website tersebut. Organic traffic tidak dihasilkan dari iklan berbayar dan sejenisnya.

13. Search Engine Result Pages (SERP)

SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Pages yang berisi informasi yang dicari user melalui mesin pencari. SERP muncul ketika user menginputkan sesuatu kedalam mesin pencari Google dan halaman yang dihasilkannya itu adalah SERP.

SERP juga merupakan tempat website diseluruh dunia, yang berlomba-lomba untuk masuk kedalam peringkat atas hasil pencarian.

14. Domain Authority

Domain authority adalah sebuah kepercayaan dalam website untuk mesin pencari yang dinilai dari alamat domain yang digunakan. Domain authority dibuat oleh software SEO yaitu MOZ dengan range nilai tertentu.

Semakin baik nilai range dalam Domain authority, maka semakin bagus kepercayaan website dalam mesin pencari.

15. Page Authority

Page authority merupakan bagian lain dari Domain Authority. Dilansir dari MOZ, Page Authority merupakan score yang menunjukkan seberapa bagus peringkat suatu website yang dinilai melalui page dalam website tersebut.

16. Impression

Impression merupakan indikator yang digunakan untuk menunjukan seberapa banyak website dan konten tersebut dilihat oleh user.

17. White Hat SEO

White hat SEO merupakan sebuah strategi dalam SEO untuk meningkatkan ranking pada mesin pencari tanpa melanggar aturan yang ditentukan dan mengelabui sistem yang sudah ditetapkan.

18. Black Hat SEO

Black hat SEO merupakan kebalikan dari White hat SEO. Black hat SEO merupakan strategi didalam SEO untuk meningkatkan ranking dalam mesin pencari yang tidak sesuai dengan aturan dan ketetapan sistem yang ada.

Outbound links merupakan link didalam website namun mengarah kepada website lain. Berbeda dengan backlink, Outbound links merupakan sejumlah link yang dianggap terpercaya dan berkualitas.

Backlink merupakan salah satu komponen yang menentukan posisi website dalam mesin pencari. Backlink adalah sebuah link pada website yang mengarah ke website tertentu dengan tujuan untuk memudahkan user. 

Sebagai contoh, ketika kalian mengunjungi sebuah blog, kalian memasukan sebuah link tertentu kedalam komentar tentang informasi yang berguna, dan user yang membutuhkan informasi tersebut akan mengklik link yang sudah kalian masukan tadi, itu adalah backlink.

Dofollow link merupakan sebuah link yang secara otomatis terbentuk tanpa melakukan konfigurasi tertentu dan Google akan mengikuti disetiap link yang terdapat pada website dan mengindexnya.

Sementara itu Nofollow link merupakan sebuah link yang memberi tahu Google untuk tidak mengikuti dan mengabaikan link tertentu untuk di index.

23. Heading

Heading merupakan elemen pada website untuk membantu user dan mesin pencari dalam memahami isi konten. Biasanya heading terdapat pada H1, H2, H3. Heading biasanya disisipkan dengan keyword tertentu untuk menghasilkan kualitas yang baik dalam peringkat mesin pencari.

24. Canonical URL

Canonical URL adalah mekanisme yang dibutuhkan untuk menghindari konten duplikat pada website agar mudah dipahami oleh mesin pencari ketika melakukan indexing atau crawler.

25. Call to action (CTA)

CTA atau Call to action merupakan istilah dalam digital marketing untuk mendorong user melakukan click pada tombol, gambar atau banner yang diharapkan oleh pemilik website untuk mengunakan jasanya atau membeli produk tertentu. CTA biasanya akan mengarahkan user dengan link kedalam halaman website tertentu.

26. SEO Onpage

SEO Onpage merupakan strategi dan teknik SEO yang dilakukan didalam suatu website dengan mengoptimasi beberapa hal teknis sistem atau kodingan.

27. SEO Offpage

Sementara SEO Offpage adalah strategi atau teknik dalam SEO yang dilakukan diluar konteks teknis dalam website, dengan cara meningkatkan beberapa komponen seperti menggunakan iklan, backlink, domain authority, page authority dan lainnya.

 

Istilah dalam SEO

 

Kesimpulan

Itulah daftar dari istilah-istilah penting dalam SEO yang perlu kamu ketahui, agar dapat memahami ketika akan melakukan optimasi SEO kedalam website kalian, yang tentunya untuk meningkatkan dan meraih kedalam peringkat satu halaman Google dengan baik dan tahan lama.

Share