✔ Daftar Rekomendasi Layanan Payment Gateway Indonesia

Payment gateway akan membantu toko online untuk memastikan proses pembayaran berjalan baik dengan...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
976
Posting
05 Jul 2022
✔ Daftar Rekomendasi Layanan Payment Gateway Indonesia Payment gateway akan membantu toko online untuk memastikan proses pembayaran berjalan baik dengan segala metode pembayaran seperti transfer bank, virtual account, e-wallet ataupun gerai minimarket. ✔ Daftar Rekomendasi Layanan Payment Gateway Indonesia
2022-11-25

Dalam membuat toko online, banyak faktor mempengaruhi visitor untuk bertransaksi didalam website toko online kalian seperti produk, detail produk, atau fitur ditawarkan dan juga pembayaran.

Disini kita akan membahas metode pembayaran didalam e-commerce atau toko online. Metode pembayaran menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan ketika akan membuat website e-commerce/toko online.

Karena jika sistem pembayaran didalam website e-commerce tidak maksimal atau bahkan tidak ada sama sekali, bisa dikatakan sulit untuk mendapatkan target penjualan. Karena pada dasarnya konsumen menginginkan metode pembayaran lengkap disertai dengan rasa aman dalam bertransaksi.

Semua hal itu bisa diatasi dengan payment gateway, payment gateway adalah sistem pembayaran secara online yang dilindungi oleh sistem dengan keamanan tinggi. Payment gateway akan melakukan proses transaksi secara otomatis, ketika konsumen melakukan checkout didalam website toko online. 

Dengan adanya payment gateway, kalian juga dapat memonitor segala transaksi secara online dan mengkalkulasikannya dengan mudah, artinya kita tidak perlu membuat laporan secara manual.

Contoh payment gateway yang digunakan e-commerce di luar negeri seperti Paypal, Paypal merupakan layanan payment gateway yang menjamin keamanan dan bertanggung jawab dalam semua transaksi, namun Paypal rata-rata hanya mendukung pembayaran dalam mata uang dolar. Jika toko online kalian ingin menjangkau konsumen dari luar negeri, mengunakan payment gateway Paypal bisa menjadi solusi.

Layanan payment gateway akan membantu sebuah toko online dalam memastikan proses pembayaran dengan cepat dengan menggunakan metode pembayaran yang dibutuhkan seperti e-wallet, transfer bank, virtual account, ataupun gerai minimarket dalam memudahkan konsumen ketika berbelanja.

 

 

List rekomendasi layanan Payment Gateway di indonesia

Beberapa layanan Payment Gateway di indonesia ini sudah digunakan beberapa toko online lainnya di indonesia diantaranya:

 

Layanan Payment Gateway Indonesia Untuk Toko Onlinemu

 

1. DOKU

DOKU merupakan layanan Payment Gateway yang telah melayani merchant, perusahaan, UMKM sejak tahun 2007 dan sudah digunakan lebih dari 4 juta pengguna.

Untuk mengintegrasikan DOKU kedalam platform e-commerce seperti WooCommerce, Opencart, Shopify atau mengunakan Framework dengan API seperti Laravel dan Codeigniter cukup mudah, karena dokumentasinya sangat detail dan lengkap, sehingga pembuat toko online dapat mengintegrasikannya dengan cepat dan terarah.

Tarif mengunakan DOKU ini adalah per-setiap transaksi transfer bank dikenakan fee sebesar Rp 2.500.

Seperti payment gateway lainnya, DOKU menawarkan pembayaran melalui website, invoice dan lainnya. Beberapa metode pembayaran yang tersedia dalam DOKU ini diantaranya: VISA, BCA, GoPay, Indomaret, Alfamart, ShopeePay, BNI, Mandiri, Permata Bank, OVO, CIMB Clicks, Bank Danamon, Kredivo dan lainnya.

 

Layanan Payment Gateway Indonesia Untuk Toko Onlinemu

 

2. Midtrans

Midtrans yang dulunya Veritrans Indonesia merupakan layanan payment gateway yang melayani segala pembayaran dari seluruh indonesia. Midtrans kini telah menjadi bagian dari Gojek telah dipercaya melayani transaksi lebih dari 500 ribu merchant diseluruh indonesia.

Dari segi layanannya cukup bervariatif, kalian bisa mengunakan beberapa metode pembayaran seperti kartu kredit, BCA, BNI, Mandiri, Indomaret, Alfamart, QRIS, Gopay, ShopeePay, ATM Bersama, ALTO, BRIVA, Permata Bank, ePay BRI dan lainnya.

Tarif mengunakan Midtrans ini adalah per-setiap transaksi transfer bank dikenakan fee sebesar Rp 4.000 dan 2% melalui e-wallet.

Untuk mengintegrasikan kedalam platform seperti Opencart, WooCommerce, Magento, Shopify dan lainnya cukup mudah, karena Midtrans sudah membuat dokumentasi pemasangan cukup lengkap dan rinci. Core API pun disediakan bagi e-commerce yang mengunakan Framework seperti Laravel atau Codeigniter dengan dokumentasi yang sangat detail. Selain melalui website, Midtrans juga dapat melakukan pembayaran melalui chat dan SMS secara otomatis.

Layanan Anti-Fraudnya yang canggih dapat melindungi toko online kalian dari transaksi yang illegal, karena sistem mereka dapat mendeteksi adanya transaksi mencurigakan.

 

Layanan Payment Gateway Indonesia Untuk Toko Onlinemu

 

3. Xendit

Xendit menawarkan pembayaran jauh lebih mudah untuk segala jenis bisnis toko online yang memungkinkan user untuk menerima dan mengirimkan uang dengan integrasi yang sederhana. Meskipun terbilang masih baru dibandingkan DOKU dan Faspay, Xendit tidak perlu diragukan lagi dalam fitur yang ditawarkan. Perusahaan seperti Bukalapak dan Lazada sudah mengunakan Xendit dalam payment gateway mereka.

Dalam setiap transaksi yang dilakukan, sistem Xendit akan mencatat dana yang masuk dan melakukan pemberitahuan otomatis. Untuk mengintegrasikan kedalam toko online, terdapat 3 metode integrasi diantaranya: website checkout, live URL, dan API yang sudah dipastikan bisa digunakan dalam platform apapun seperti Shopify, Opencart, Magento, WooCommerce dan Framework seperti Laravel atau lainnya.

Tarif mengunakan Xendit ini dalam per-setiap transaksi transfer bank dikenai biaya fee sebesar Rp 4.500, 1.5% melalui e-wallet, 2.9% + Rp 2.000 dan gerai retail sebesar Rp 5.000.

Bagi perusahaan yang memiliki lalu lintas transaksi lebih dari 500 juta perbulan, Xendit akan memberikan biaya khusus yang lebih murah. Metode pembayaran yang ditawarkan Xendit diantaranya: VISA, Mastercard, BCA, Virtual Account, BNI, Mandiri, OVO, GoPay, ShopeePay, Indomaret, Alfamart, Kredivo, Bank Permata dan lainnya. 

Layanan XenPayments merupakan layanan terbaik untuk pemilik toko online karena dengan layanan ini dapat memudahkan konsumen untuk membayar tagihan mereka dengan mengunakan kartu kredit, transfer maupun virtual account.

 

Layanan Payment Gateway Indonesia Untuk Toko Onlinemu

 

4. Faspay

Faspay jauh sudah melintang luas dalam dunia Payment Gateway, Faspay sudah berdiri sejak tahun 2003 dan sudah digunakan oleh banyak sekali merchant. Tidak jauh berbeda dengan Midtrans dan DOKU, Faspay sangat mudah diintegrasikan kedalam toko online dalam berbagai platform seperti WooCommerce, Magento, Opencart dll.

Beberapa fitur menarik dari Faspay selain kemudahan dalam mengintegrasikan kedalam berbagai platform, juga tidak perlu membayar biaya bulanan, sistem pembayaran yang aman dengan anti-fraudnya yang mendeteksi transaksi illegal.

Tarif mengunakan Faspay ini dalam per-setiap transaksi transfer bank dikenai biaya fee sebesar Rp 4000 dan 5% melalui e-wallet.

Dari segi metode pembayaran yang ditawarkan Faspay diantaranya Kartu kredit, VISA, Mastercard, BCA, BNI, Mandiri, BRI, Bank Permata, BRIVA, OVO, Indomaret, Alfamart, Akulaku, Telkomsel dan lainnya.

Faspay memiliki 2 layanan diantaranya Faspay business dan Faspay billing. Faspay business menawarkan beberapa metode pembayaran online yang dapat dilakukan secara debit dan kredit, Faspay billing dapat membantu kalian sebagai pemilik toko online ketika memproses data transaksi penagihan konsumen.

 

Beberapa manfaat payment gateway untuk toko online

Manfaat adanya Payment Gateway bisa menguntungkan kalian sebagai pemilik toko online dan juga pelanggan tentunya. Apa saja manfaat yang dirasakan ketika mengunakan Payment Gateway?

1. Metode pembayaran yang variatif

Dengan hadirnya payment gateway, memungkinkan toko online kalian menyediakan berbagai macam metode pembayaran dalam memudahkan konsumen bertransaksi. 

2. Proses transaksi cepat

Payment gateway berperan penting dalam melakukan setiap transaksi karena dapat melakukan transaksi dengan cepat dan tepat. Bayangkan saja jika semua transaksi diproses secara manual, selain menimbulkan rasa tidak aman kepada konsumen, pastinya kalian akan kerepotan dengan sistem konfirmasi pembayaran manual.

3. Transaksi pembayaran jauh lebih aman

Hadirnya payment gateway memberikan solusi kepada pemilik toko online dalam bertransaksi dapat dilakukan secara aman. Rata-rata saat ini sudah mengunakan sistem yang canggih untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan, transaksi fiktif dll. Karena jika masih mengunakan sistem konfirmasi pembayaran manual, sangat rentan terjadinya transaksi fiktif.

4. Bisa melakukan transaksi kapanpun

Hal keren lainnya dari payment gateway adalah dapat melakukan transaksi kapanpun bahkan 24 jam dalam sehari. Ketika toko online sedang ramai sekalipun, transaksi masih dapat dilakukan, entah itu siang hari, pagi hari atau malam hari. Dan laporannya pun sudah diatur secara otomatis untuk memberikan status pembayaran seperti PAID atau UNPAID, pelanggan tidak perlu untuk melakukan konfirmasi kepada pemilik toko online ketika sudah membayar tagihan mereka.

 

Kesimpulan

Dengan adanya Payment Gateway, sangat memudahkan toko online untuk melakukan transaksi dalam bisnis mereka secara otomatis oleh sistem. Kemudahan dalam pembayaran menjadi hal yang sangat krusial dan sangat perlu diperhatikan untuk memberikan rasa aman, nyaman dan kemudahan oleh konsumen.

Share