Apa Kelebihan Dan Keunggulan Codeigniter 4 Dibanding Versi 3

Dengan rilisnya framework Codeigniter 4 ini, apa saja perbedaan mendasar dan fitur tambahan dalam...
Penulis
Admin
Kategori
Website
Estimasi
2 menit baca
Dilihat
1.2K
Posting
08 Jul 2022
Apa Kelebihan Dan Keunggulan Codeigniter 4 Dibanding Versi 3 Dengan rilisnya framework Codeigniter 4 ini, apa saja perbedaan mendasar dan fitur tambahan dalam Codeigniter 4 ini dibandingkan Codeigniter 3? Apa Kelebihan Dan Keunggulan Codeigniter 4 Dibanding Versi 3
2022-11-25

Mungkin dikalangan programmer, framework ini sudah tidak asing dan sampai sekarang dan merupakan framework favorit lainnya selain Laravel, Yii, dll. Kali ini saya akan membahas perbedaan Codeigniter 3 dan versi 4 apa saja itu?

Codeigniter pertama kali dirilis pada tahun 2015 dengan MVCnya yang bersifat open source dan pada Februari 2020 versi 4 resmi dirilis bertepatan dengan ulang tahun sang project leader dan mengenang jasa Jim Perry serta semua komunitas yang terlibat untuk membuat framework ini terus berkembang, lalu apa aja sih perbedaan keduanya yang mendasar?

 

7 Perbedaan Mendasar Codeigniter 4 Dan 3

 

Dengan perkembangan PHP yang mencapai versi 8, para pengguna framework ini sudah mulai beralih ke framework lainnya disaat versi 3 yang memiliki usia cukup lama.

EllisLab yang bertanggung jawab atas perkembangan dari Framework Codeigniter akhirnya menyerahkan tugas kepada BCIT. Jim Perry mulai bangkit kembali dengan framework yang lebih fresh dan modern dengan peluncuran versi alpha pada tahun 2018 dan resmi meluncurkan versi 4 pada 2020. 

Dengan rilisnya framework Codeigniter 4 ini, apa saja perbedaan mendasar dan fitur yang berubah dengan sebelumnya?

 

 

1. Installasi dan performa

Dari segi pemasangan atau installasi, codeigniter 4 sudah mengunakan metode composer, Ketika ada update dari komponen framework tersebut kita hanya mengupdatenya melalui composer pada terminal di development server anda dengan mengunakan perintah:

composer create-project codeigniter4/appstarter project-root

didalam folder project, kamu bisa jalankan dengan mengunakan perintah pada teminal:

php spark serve

sedangkan versi 3 tidak memiliki fitur ini, dimana kita harus mendownload source code dan mengekstraknya kedalam webserver.

Dari segi versi PHP yang mendukung dalam performa, codeigniter 4 mendukung PHP minimal 7.2 sedangkan versi 3 mendukung PHP minimal versi 5.6

 

2. Perubahan struktur folder dan file

Dari struktur foldernya, codeigniter 4 berbeda dari versi 3, jika kamu mengekstrak file-file dari versi 3 akan Menyusun seperti ini 

Root
|_application
|_system
|_public
|_dan file-file pendukung lainnya

sedangkan versi 4 memiliki struktur folder

Root
|_app
|_public
|_system
|_test
|_writable 
|_.env
|_dan file-file pendukung lainnya

 

3. Namespace

Fungsi dari Namespace adalah mencegah keambiguan pada library pihak ketiga yang kita gunakan, jika terdapat fitur namespace, ini sangat berguna dalam pengunaan class tanpa mengkhawatirkan jika terdapat class yang sama.

Dalam versi 3, namespace tidak mendukung hal ini sangat rentan dengan masalah yang timbul Ketika banyak mengunakan library dengan class yang sama yang akan mengakibatkan ambigu dalam pemanggilan class tersebut.

Fitur ini sangat mirip dengan framework Laravel yang terlebih dahulu mengunakan namespace ini. Berikut adalah contoh penggunaan namespace dalam controller CI 4:

<?php

namespace App\Controllers;

class Catatanweb extends BaseController
{
    public function index()
    {
        return view('_view_home');
    }
}

 

4. Autoload

Dengan pengoptimalan yang terbaru, codeigniter 4 memiliki autoload yang lebih baik dibandingkan dengan versi 3 dengan didukung dengan psr4 yang lebih efisien, sedangkan versi 3 kita harus mengaturnya secara manual dari file-file yang akan kita load.

 

5. Environment

Setelah Laravel yang terlebih dahulu mengunakan .env pada konfigurasinya, saat ini CI 4 sudah mengunakan .env untuk mengatur proses konfigurasinya secara keseluruhan dalam project yang akan dijalankan (production/development) atau mengatur base url dan koneksi kedalam database kita, dimana kita tidak perlu menganti file-file config satu persatu.

Dalam versi 3 tidak mendukung fitur ini.

 

6. Command Line Interface (CLI)

Command Line Interface merupakan fitur dimana user dapat melakukan perintah atau instruksi dalam bentuk teks untuk menjalankan tugas tertentu, untuk memudahkan kita menghubungkan aplikasi kita dengan aplikasi lainnya contohnya seperti cron job. Dalam update terbarunya kali ini sudah mendukung CLI, sedangkan versi 3 tidak mendukung CLI.

 

7. REST

REST merupakan sekumpulan aturan yang membuat komunikasi antara beberapa program atau aplikasi, dimana kita bisa melakukan routing dengan mengunakan metode RESTful ditambah dengan fitur http scope.

 

Kesimpulan

Banyak perubahan yang terjadi pada Codeigniter 4 ini, jika kamu baru belajar programming dengan mengunakan Framework Codeigniter sangat cocok untuk dicoba, sekilas sedikit ada kemiripan dengan Laravel dari segi fungsionalitas dan keamanan pada sebuah framework, sekian artikel tentang penjelasan 7 perbedaan antara versi 4 dan 3.

Share