Daftar Extension Chrome Wajib Dimiliki Developer & Designer Web

Dengan hadirnya extension pada web browser khususnya Google Chrome sangat memudahkan designer mau...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
3 menit baca
Dilihat
979
Posting
07 Jul 2022
Daftar Extension Chrome Wajib Dimiliki Developer & Designer Web Dengan hadirnya extension pada web browser khususnya Google Chrome sangat memudahkan designer maupun web developer dalam mengembangkan websitenya, lalu apa saja list tersebut? simak artikelnya. Daftar Extension Chrome Wajib Dimiliki Developer & Designer Web
2022-11-25

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa extension Google Chrome yang sangat berguna dan bermanfaat bagi web developer dan web designer.

Extension atau add-ons pada Google Chrome ini memang hanya bisa digunakan dalam desktop dan tidak bisa digunakan untuk Google Chrome pada perangkat mobile. Oke, tanpa berlama-lama lagi langsung aja kita bahas satu persatu.

 

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

1. Builtwith

Ketika kalian ingin mengetahui teknologi apa saja yang digunakan dalam website, extension dari Builtwith ini bisa menjadi solusi. Extension BuiltWith Technology Profiler ini akan mendeteksi teknologi yang digunakan dalam website seperti framework, CMS, server, library javascript yang digunakan, tool analytics dan masih banyak lagi.

Extension ini biasa digunakan oleh web developer untuk mencari referensi ketika sedang membuat website untuk menjadi lebih berkembang lagi. Untuk mencoba extension ini cukup mudah, kalian cukup masuk kedalam website yang akan dianalisa, lalu klik icon extension pada Google Chrome dan pilih BuiltWith Technology Profiler, tunggu hingga semua proses selesai dianalisa. 

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

2. Mobile Simulator

Dalam mendevelop website dalam perangkat mobile, pasti kalian akan menguji tampilan responsive dari segi mobile dengan mengunakan tools bawaan dari Google Chrome. Namun ada satu extension yang cukup menarik perhatian yaitu Mobile Simulator. Yang berbeda dengan device detector bawaan Google Chrome, extension ini jauh lebih baik dan lengkap dari segi fitur dan UI.

Untuk fiturnya sendiri, Mobile Simulator ini memiliki fitur capture, merekam kedalam bentuk GIF dan banyak pilihan device seperti Samsung S20, Xiaomi Mi 11i, Huawei P30 Pro, Google Pixel 5, iPhone 5 hingga iPhone 13 Pro Max dan juga tablet.

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

3. WhatFont

Ingin mengetahui font yang digunakan dalam website? Extension WhatFont adalah solusinya. Whatfont merupakan langkah mudah untuk mengidentifikasi font yang digunakan didalam website.

Dengan mengunakan extension ini kalian akan mendapatkan informasi font yang digunakan hanya dengan mengarahkan cursor mouse tepat didalam huruf yang akan diidentifikasi.

Canggihnya, extension ini dapat mendeteksi ukuran dalam font, warna yang digunakan, line height, font style dan family font. Selain itu Webfont mendukung jenis-jenis layanan font lainnya untuk dianalisa seperti Google Font API, Typekit maupun webfont.

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

4. Site Palette

Extension mencari warna ini sangat direkomendasikan untuk para Front-End Developer dan Desain Grafis. Extension Site Palette memiliki banyak pilihan warna yang membantumu dalam mencari referensi warna dengan mengunakan generator maupun color picker. Selain itu kalian juga dapat mencetaknya kedalam PDF.

Site palette memiliki banyak fitur yang bisa kalian gunakan serta menyediakan API secara gratis. Beberapa dukungan seperti Adobe Swatch dan Google Art Palette, menyempurnakan fitur dan kelengkapan pada extension warna ini.

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

5. Clear Cache

Repot untuk membersihkan cache ketika sedang membuat sebuah website? gunakan saja extension ini. Extension Clear Cache dapat membantumu untuk membersihkan cache browser hanya dengan sekali klik saja. Selain itu, kalian juga bisa membersihkan data lainnya seperti cookies, history, password, local storage dan masih banyak lagi.

Extension ini biasa digunakan oleh web designer, untuk merubah tampilan pada front-end website yang lama dengan yang baru. Biasanya tampilan pada front-end tidak akan berubah jika belum membersihkan cache lama, oleh karena itu extension ini sangat diperlukan oleh web designer untuk membuang cache lama dengan cepat.

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

6. JSONVue

Extension ini dapat membantu kalian untuk memvalidasi dan merapihkan dokumen JSON. Terkadang kita kesulitan untuk memperbaiki bagian mana saja yang menunjukan tidak valid pada dokumen JSON.

Dengan hadirnya extension ini, cukup membantu pekerjaan web developer untuk mengelola dokumen JSON pada saat proses debugging. Extension Chrome JSONVue ini akan merapihkan data JSON dalam bentuk array maupun object.

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

7. Awesome Screenshot & Screen Recorder

Extension ini cukup populer digunakan oleh developer dan memiliki pengguna terbanyak dengan total 3 juta lebih. Lalu apa yang menarik dari extension ini? Awesome Screenshot & Screen Recorder merupakan tools untuk merekam dan mengcapture bagian yang terpilih didalam browser dengan mudah.

Salah satu yang membedakan extension ini dengan extension serupa lainnya adalah dapat mencapture gambar dari bagian yang diinginkan. Hal ini sangat berguna dalam produktifitas tim, untuk mendiskusikan perbaikan tertentu didalam website.

 

Extension chrome yang wajib dimiliki web developer dan web designer

 

Extension Check My Links merupakan sebuah extension browser untuk memeriksa link pada halaman website dengan cepat untuk mendeteksi apakah link tersebut masih aktif atau tidak.

Check My Links biasa digunakan oleh web developer maupun content editor yang bertanggung jawab untuk konten yang dibuat dengan memasukkan beberapa link kedalam halaman website mereka. Extension ini sangat dibutuhkan untuk mengelola link didalam halaman website secara berkala. Check My Links akan memberikan indikator dengan memberi warna hijau untuk mengisyaratkan link tersebut masih aktif dan warna merah adalah link yang sudah tidak aktif.

 

Penutup

Beberapa extension dibuat untuk mempermudah pekerjaan dalam membuat atau mendesign sebuah website. Extension pada browser sangat berperan penting ketika mencari referensi atau solusi dan wajib dimiliki oleh web developer maupun web designer.

Share