Inilah 8 Framework Node JS Populer Saat Ini

Dengan seiring berkembangnya teknologi, banyak framework javascript dalam Node JS yang bisa kamu ...
Penulis
Admin
Kategori
Website
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
1.0K
Posting
01 Jul 2022
Inilah 8 Framework Node JS Populer Saat Ini Dengan seiring berkembangnya teknologi, banyak framework javascript dalam Node JS yang bisa kamu gunakan dalam membuat website menjadi modern dan canggih Inilah 8 Framework Node JS Populer Saat Ini
2022-11-25

Node Js merupakan software javascript yang berlisensi opensource. Selain dieksekusi melalui browser, Node JS juga dapat digunakan dalam lintas platform seperti windows, linux, macOS. Setiap browser yang kita gunakan sehari-hari, terdapat mesin javascript yang mengubah kode javascript menjadi kode mesin, contohnya dalam Google Chrome terdapat V8 Engine yang menerjemahkan kode javascript tadi kedalam mesin V8 untuk diolah sebelum ditampilkan ke user.

Node Js sangat dianjurkan untuk digunakan dalam layanan back-end yang skalabel dan aplikasi real-time karena membuat pengembangan menjadi lebih cepat. Jika kamu sudah menguasai Javascript sebelumnya, untuk mengunakan Node.Js ini mungkin tidak akan mengalami kesulitan untuk membuat aplikasi berbasis Node Js.

Dengan mendukung banyak sekali library yang disediakan dalam NPM (Node Package Modules) yang membuat website menjadi cepat dan modern. Dengan seiring berkembangnya teknologi, banyak framework javascript dalam Node JS yang bisa kamu gunakan untuk membuat website yang canggih. Beberapa Framework javascript tersebut diantaranya:

 

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

1. Express Js

Express Js merupakan Framework Node Js yang minimalis dan flexibel untuk membangun sebuah aplikasi multi-page ataupun single page dengan fitur yang baik yang dapat berjalan pada website atau mobile apps.

Framework yang dibuat oleh TJ Holowaychuk dan dikembangkan oleh Strongloop pada juni 2014 dan september 2015 ini tidak dibuat berdasarkan komponen tertentu, kebebasan ini ditambah dengan pengaturan yang sangat cepat menjadikan Express Js dapat membuat prototype yang lebih cepat. Oleh sebabnya framework ini kerap digunakan oleh startup-startup dalam awal pengembangan aplikasi website mereka.

Kelebihan Express Js diantaranya

  • Membuat aplikasi menjadi cepat serta mendukung fitur caching.
  • Didukung oleh V8 Engine.
  • Memiliki komunitas yang besar.

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

 

2. Sails Js

Sails Js framework Node Js dengan kerangka MVC (Model - View - Controller) dengan prinsip Convention Over Configuration yang mirip dengan Ruby on Rails, karena framework Sails Js ini terinspirasi dari framework Ruby on Rails yang mengunakan pola MVC dalam membangun aplikasi, REST ataupun real-time.

Framework ini mirip dengan Express Js dan sudah mendukung Grunt Models dan sangat cocok untuk diimplementasikan kedalam aplikasi game atau aplikasi web real-time.

Kelebihan dari framework Sails Js diantaranya:

  • Sails Js didukung oleh banyak sekali database seperti mysql, mongodb, redis dan lainnya.
  • Sails menawarkan pemodelan data lebih mudah.
  • Mendukung websockets tanpa kode tambahan.
  • Memiliki asset pipeline yang fleksibel.
  • Sisi server ringan yang membuat developer untuk menulis perangkat lunak jaringan yang sangat cepat serta dapat diskalakan dalam javascript.

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

3. Meteor Js

Meteor Js merupakan framework Node Js yang memiliki fitur yang lengkap, dapat berjalan pada sisi server maupun front end, biasanya Meteor Js digunakan untuk membuat aplikasi real-time.

Dalam mengunakan framework ini kita tidak perlu dipusingkan dengan membuat library sendiri untuk memenuhi kebutuhan aplikasi karena Meteor Js sudah menyediakannya dan siap untuk dipakai. Untuk Front-end, Meteor Js ini mirip-mirip dengan Angular, React.

Kelebihan dari Meteor Js ini diantaranya:

  • Build tools yg bersifat zero configuration atau tanpa konfigurasi.
  • Merupakan framework yang tergolong cepat dan juga dilengkapi dengan fitur real-time.
  • Dapat membuat front-end yang terintegrasi dengan dengan back-end dengan memakai Meteor Js.

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

4. Socket IO

Socket.io merupakan framework yang banyak digunakan selain framework lainnya, dan juga banyak digunakan untuk membuat aplikasi secara realtime contohnya aplikasi chatting.

Framework ini dibuat dengan saling terhubung antara socket server dan client, dan juga dapat berjalan dengan baik dalam sistem operasi OS, berbagai perangkat dan browser modern.

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

5. Hapi Js

Framework yang bersifat open source dan diperkenalkan oleh Eran Hammer yaitu Hapi Js. Hapi Js merupakan Framework Node Js yang sangat baik digunakan untuk API, aplikasi web dll. Fitur utama yang terdapat pada Hapi Js seperti Validasi, Caching, Error Handling. 

Framework ini diciptakan oleh developer walmart ketika menghadapi traffic yang sangat tinggi. Framework ini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti Walmart, Paypal, Disney.

Fitur lainnya yang terdapat pada Hapi Js diantaranya:

  • Kode yang dapat digunakan kembali
  • Tidak ada ketergantungan eksternal
  • Memiliki keamanan yg sangat baik

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

6. Adonis Js

Adonis Js merupakan Framework Node Js yang mengunakan kerangka kerja MVC (Model - View - Controller), framework ini sangat mudah digunakan jika kamu sebelumnya sudah mengunakan framework laravel karena sangat mirip, framework ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan API saja.

Adonis Js dapat menghemat waktu dalam mengembangkan aplikasi website karena banyak sekali fitur yang tersedia, dimana kita tidak perlu repot untuk mencari library untuk kebutuhan aplikasi web. Framework ini mengusung konsep async yang membuat kode menjadi rapih dan mengunakan edge template.

Beberapa fitur Adonis Js diantaranya:

  • Memiliki fitur validator untuk memeriksa data yang mengalir kedalam controller.
  • Memiliki fitur Command lIne Interface (CLI)
  • Exception Handler.
  • Memiliki fitur sistem autentikasi.

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

7. Nest Js

Nest Js merupakan framework Node Js yang membangun dari sisi server dengan mengunakan pola arsitektur MVC (Model - View - Controlller) yang membuat aplikasi menjadi efisien, handal dan maintainable.

Framework ini dibuat dengan mengunakan bahasa Typescript yang mirip dengan Angular Js. Secara garis besar, Nest Js framework backend yang mirip dengan Express Js yang terinspirasi dari Angular Js.

Nest sangat cocok diimplementasikan kedalam aplikasi yang memiliki banyak request data dengan respon yang cepat, contohnya seperti chatting, e-commerce.

Beberapa manfaat dan fitur dari Nest Js diantaranya:

  • Dapat diperluas serta memungkinkan penggunaan library lain karena arsitektur modular, sehingga menjadi fleksibel.
  • Serbaguna. 
  • Memiliki dukungan untuk Typescript dan Vanilla Js.
  • Dibangun dengan Typescript dan Javascript modern EcmaScript 6+ yang mengabungkan elemen Object Oriented Programming, Functional Programming dan Reactive Functional Programming.

 

Framework Node Js Canggih Yang Harus Kamu Coba

 

8. Next Js

Next Js adalah framework Node Js yang memiliki fungsionalitas aplikasi website berbasis React. Jika kamu sebelumnya sudah membangun aplikasi website dengan mengunakan React, Next Js dapat mengatasi permasalahan ketika konten akan dirender ke user.

Framework ini memungkinkan untuk membuat aplikasi berbasis React untuk front end dan menangani back end dalam sisi server aplikasi website kamu. Dengan kata lain, aplikasi React kamu akan menjadi powerful ketika mengunakan Next Js ini. Sistem Routing dan halaman menjadi rapih juga website dapat terdeteksi untuk SEO.

Fitur utama dalam Next Js diantaranya:

  • Membuat aplikasi berbasis React akan menjadi powerful.
  • Route url dapat dengan mudah terdeteksi dengan mesin pencari dengan mengunakan route masking.
  • Sudah built-in dengan CSS (CSS Module, dsb).
  • Membuat API tanpa library tambahan.

 

Kesimpulan

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin cepat, sudah banyak sekali framework yang bisa kita gunakan dalam project yang sedang kita kerjakan untuk jangka pendek ataupun panjang. Dengan meningkatnya jumlah framework dari berbagai bahasa pemrograman justru membuat pekerjaan kita menjadi mudah dan cepat.

Share