Apa Saja Yang Baru Di Windows 11?

Antusias yang luar biasa yang dirasakan oleh penguna Windows dengan hadirnya Windows 11 ini, apa ...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
1.0K
Posting
12 Jul 2022
Apa Saja Yang Baru Di Windows 11? Antusias yang luar biasa yang dirasakan oleh penguna Windows dengan hadirnya Windows 11 ini, apa saja fitur dan perubahan Windows 11 ini dari Windows 10 Apa Saja Yang Baru Di Windows 11?
2022-11-25

Ada berita mengembirakan untuk penguna Windows, yang sebelumnya sudah mengunakan Windows 10, resmi pada akhir tahun 2021, sistem operasi Windows 11 resmi diluncurkan secara luas.

Antusias yang luar biasa yang dirasakan oleh penguna dengan hadirnya Windows 11 ini, apa saja fitur dan perubahan dari OS Microsoft terbarunya kali ini dari dibandingkan dengan versi sebelumnya?

 

 

Fitur Dan Perbedaan Windows 11 dan Windows 10

 

1. User interface dan design

Hadirnya Windows 11 menawarkan tampilan yang fresh, namun mirip dengan sistem operasi MacOS. Dimana Windows 11 ini memiliki design yang slim, minimalis dengan pilihan tema yang cukup banyak dibanding versi 10. Design dari sudut-sudut box software pun didesign ulang menjadi rounded tidak lagi runcing seperti di versi sebelumnya.

Layout yang berubah yang terasa dari sisi menu yang tidak lagi berada di bawah kiri, Microsoft menganti layout tersebut ke sisi tengah yang dimana mirip dengan sistem operasi MacOS.

Item lainnya seperti icon wifi, baterai, jam dan lain-lain tetap berada di sisi kanan seperti dalam versi sebelumnya, namun kamu juga bisa merubahnya kembali seperti versi sebelumnya.

Terdapatnya fitur live tiles, dimana akan menampilkan kolom yang berisi notifikasi tentang informasi cuaca, kalender dan lainnya.

 

2. Sudah mendukung aplikasi-aplikasi Android

Kali ini Microsoft menjawab tentang kemampuan sistem operasi mereka untuk mengunakan aplikasi Android dan kali ini di Windows 11 sudah mendukung hal tersebut.

Tentu ini kabar baik untuk penguna yang ingin menambahkan aplikasi android didalam komputer mereka.

Mungkin didalam versi sebelumnya, untuk menjalankan aplikasi Android membutuhkan software emulator dari pihak ketiga, dimana kita harus menginstall dan mengkonfigurasikannya.

Kini... Microsoft Store terbaru sudah tersedia untuk aplikasi-aplikasi android, dan juga dapat di pin sesuai kemauan kita. Aplikasi android yang berjalan dalam Windows 11 sudah mendukung komputer yang mengunakan Intel, AMD, ARM.

 

3. Integrasi layanan Microsoft Teams

Dalam updatenya yang terbaru, Microsoft sudah menambah layannya yaitu Microsoft Teams. Dimana layanan ini dapat melakukan panggilan suara, video dengan pengguna lain.

 

4. Widget

Dalam widget ini, kamu dapat dengan mudah menambahkan tombol khusus yang berada pada taskbar, melalui fitur ini, akan menampilkan informasi seputar cuaca, berita atau lalu lintas jalan.

Namun jika tidak ingin mengunakannya, kamu juga bisa mengnon-aktifkan fitur widget ini. Jika ingin menambahkan widget baru, widget terbarunya ini hanya bisa ditambahkan melalui list widget yang sudah disediakan oleh microsoft dan tidak bisa menambahkan dari software pihak ketiga atau third party.

 

5. Pengembangan fitur Snap Layout

Snap Layout ini merupakan pengembangan dari Microsoft dalam OS versi terbarunya yang memungkinkan kalian dapat membuka beberapa jendela software sekaligus tanpa harus diatur secara manual. Ketika ingin membuka beberapa software secara bersamaan, kita diharuskan untuk mengatur ukuran dan posisi dari jendela tersebut.

Namun kali ini Windows 11 telah mengubah hal tersebut menjadi lebih mudah, fitur ini cocok untuk kalian yang multitasking seperti membuka software browser, editing video, music, whatsapp secara bersamaan. Hal ini dapat lebih mudah membuat jendela multitasking kalian menjadi lebih rapih dengan beberapa layout yang sudah disediakan oleh Microsoft.

 

6. Optimasi dan peningkatan dalam gaming

Microsoft sadar bahwa game merupakan aspek penting dan poin penting yang harus dimaksimalkan dan diberikan kepada penguna Windows.

Untuk para gamer ini merupakan berita mengembirakan karena Microsoft telah merilis fitur auto HDR dan Direct Storage pada Windows 11. Dengan fitur HDR ini, warna yang dihasilkan ketika bermain game akan jauh lebih baik dan nyaman.

Dan selanjutnya adalah fitur Direct Storage, Direct Storage ini akan membuat loading time game kalian menjadi cepat dibanding ketika mengunakan versi sebelumnya. Direct Storage juga berfungsi untuk mengoptimize fungsi dari NVMe hingga potensi yang maksimal.

 

7. Bentuk logo yang berubah

Dalam rilisan terbaru, ternyata ada yang berbeda yaitu dari sisi logo yang digunakan dan cukup berbeda dengan versi lama dan baru dimana menampilkan design jendela yang menghadap kedepan dan tidak mengunakan perspektif 3D seperti sebelumnya.

 

Fitur Dan Perbedaan Windows 11 dan Windows 10

Logo Windows 10

Fitur Dan Perbedaan Windows 11 dan Windows 10

Logo Windows 11

 

Windows 10 mengunakan 4 kotak bergaya 3D seakan logo tersebut seperti bendera yang berkibar, namun logo terbarunya ini menurut opini saya cukup simple dan elegan dari sebelumnya.

Ditambah pelengkap dengan wallpaper terbarunya yang terlihat abstrak dan bertemakan warna biru, menambah kesan iconic pada update terbarunya ini.

 

 

8. System requirements

Microsoft mengumumkan syarat untuk mengunakan Windows 11 adalah perangkat komputer dengan mengunakan processor up to 1Ghz, dengan 2 Core CPU yang dapat berjalan pada 64-bit.

RAM minimal yang dibutuhkan adalah 4GB, disk storage 64GB dan untuk graphic, Microsoft mengumumkan persyaratan yang sesuai dengan mengunakan DX12 (DirectX 12) dan WDDM 2.0.

Kamu bisa mengecek apakah PC/komputer kamu sudah bisa menjalankan OS Microsoft terbaru ini dengan menjalankan aplikasi milik Microsoft yaitu Microsoft's Free PC Health Check.

Perlu kamu ketahui bahwa dalam update terbarunya, tidak dapat dijalankan jika TPM atau Secure Boot di non-aktifkan, kamu perlu merubah fitur ini di BIOS/UEFI. Jika kamu ingin tetap mengunakan Windows 10, OS versi ini akan mendukung update security hingga Oktober 2025. 

Meningkatnya minimum requirement pada update terbarunya kali ini, sepertinya wajar dilakukan karena banyak fitur yang ditambahkan tidak seperti versi sebelumnya yang hanya membutuhkan 1 Core CPU, 1GB RAM untuk bisa diinstall, namun WIndows 11 mengharuskan minimum 2 Core CPU, RAM 4GB untuk dapat diinstall. Kamu bisa download WIndows 11 dengan Windows 11 Installation Assistant.

 

Kesimpulan

Dengan update besar-besaran dari Microsoft ini, apakah kamu tertarik mengunakan Windows 11 ini, saya sendiri sangat tertarik untuk mengunakannya, namun perlu diketahui bahwa persyaratan untuk upgrade PC/Komputer kamu sudah memenuhinya ya.

Share