Ingin Traffic Bagus? Pelajari Elemen-Elemen SEO On-Page Ini

Tidak dipungkiri bahwa elemen SEO pada website atau blog sangatlah penting untuk meningkatkan per...
Penulis
Admin
Kategori
Tutorial
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
740
Posting
28 Jul 2022
Ingin Traffic Bagus? Pelajari Elemen-Elemen SEO On-Page Ini Tidak dipungkiri bahwa elemen SEO pada website atau blog sangatlah penting untuk meningkatkan performa website dan blog dalam mesin pencari dan peringkat. Ingin Traffic Bagus? Pelajari Elemen-Elemen SEO On-Page Ini
2022-11-25

Tidak dipungkiri bahwa SEO pada website atau blog sangatlah penting untuk meningkatkan performa website dan blog dalam mesin pencari dan peringkat terutama dalam SEO Onpage dan SEO Offpage. Dalam penjelasan sebelumnya, kita sudah menjelaskan apa itu SEO dan bagaimana SEO itu bekerja, kalian bisa baca penjelasan tersebut pengertian SEO dan manfaat untuk website.

Ketika sebuah bisnis ingin mendapatkan hasil maksimal, terkadang ada pemilik yang ingin mendapatkan hasil instan yaitu dengan cara mengunakan teknik black hat, teknik black hat merupakan teknik mengambil jalan pintas namun bisa diredam oleh Google dan menyalahi aturan yang ada, mau tidak mau pemilik situs harus menjalankan strategi yang jujur dan adil sesuai dengan aturan Google.

 

Elemen Penting SEO On Page Pada Website Dan Blog

 

Dan teknik lainnya yaitu white hat yang mengikuti aturan dari mesin pencari untuk mendapatkan hasil maksimal, namun tidak selamanya teknik white hat ini sesuai dengan diharapkan, banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya banyak pemilik bisnis yang mengunakan strategi yang serupa, kompetisi yang tinggi terkadang tidak membuahkan hasil sesuai dengan target.

Oleh karena itu, kita akan membahas beberapa teknik SEO yang bisa kalian terapkan untuk memahami elemen apa saja yang berpengaruh besar dalam SEO sesuai dengan aturan Google dan akan berdampak baik pada situs khususnya optimasi pada SEO on page.

 

 

1. Apa tujuan dari SEO On Page dan SEO Off Page itu

SEO on page berfokus pada teknik dan strategi yang mengoptimasi pada website atau blog itu sendiri yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat terbaik, menghasilkan website user friendly dan mudah digunakan oleh user. 

Untuk membuat sebuah website tidaklah mudah apalagi website user friendly, ada desain web yang sebenarnya tidak kalian ketahui bahwa situs tersebut tidak user friendly, karena keterbatasan pengetahuan dan informasi website yang diharapkan sudah memenuhi aturan Google malah tidak optimal dan tidak sesuai harapan dengan user friendly tadi dan kebingungan apa yang sebenarnya terjadi.

SEO off page berfokus pada optimasi website diluar konteks website kalian, seperti marketing, paid promoting, dan lainnya.

 

2. Apa saja elemen penting SEO On Page dan tips optimasinya

Beberapa elemen penting dalam SEO on page diantaranya keyword, Meta, Tag Heading, Atribute, Image Alternatif dan konten, kalian wajib mengoptimalkan elemen ini jika website kalian ingin mendapatkan ranking terbaik.

1. Keyword

Keyword merupakan kata kunci yang diinputkan user kedalam kolom search mesin pencari yang akan menampilkan situs didalam hasil pencariannya. keyword dengan search volume yang tinggi akan mempermudah mesin pencari untuk menampilkan konten yang terkait.

Dengan optimasi keyword pada website atau blog, keyword tersebut dapat tertarget kedalam mesin pencari yang bertujuan untuk mempermudah user untuk mencari konten yang terkait dengan keyword yang dioptimasi didalam website dan tentu akan mudah ditemukan dalam mesin pencari.

Keyword harus digunakan didalam website berkali-kali disetiap halaman website, untuk menargetkan dengan keyword tertentu yang dapat dengan mudah dibaca oleh bot mesin pencari dan meningkatkan trafik pengunjung dan menunjukan isi konten dengan jelas dan tepat. Namun penggunaan keyword harus secara bijak dan tidak berlebihan, karena bot akan menganggapnya sebagai spam.

2. Meta, Tag Heading, Atribute, Image Alternatif

Meta title dan description berfungsi untuk menampilkan konten teks kedalam SERP (Search Engine Results Page). Meta title berfungsi untuk menampilkan judul dan meta description dalam menentukan deskripsi pada halaman website.

Dengan menyisipkan keyword tertarget pada meta title dan deskripsi, akan berpengaruh besar pada trafik pengunjung dan mempermudah user ketika mencari sesuatu di mesin pencari. Ketika kalian mencari sesuatu di Google pasti yang akan ditampilkan adalah judul dan deskripsinya kan? nah itulah yang bisa kalian optimasi dengan keyword yang relevan dengan isi konten.

Hal ini juga dapat kalian optimasikan kedalam tag lainnya seperti H1, H2, H3, Meta Title, Meta Description, atribut title, image alternatif, navigasi dan lainnya. 

3. Konten

Konten merupakan elemen penting dalam SEO karena mengandung infomasi yang menarik untuk mendatangkan pengunjung, ini bisa mengenai jasa atau produk, atau apapun yang terdapat pada halaman situs itu sendiri. Dengan mengunakan konten yang informatif, rinci dan deskriptif, pengunjung akan jauh lebih mengerti tentang isi dalam website.

Membuat konten yang teroptimasi SEO, perlu diperhatikan isi dan panjang dari katanya, konten yang terdapat dalam suatu halaman website minimal antara 300 - 500 kata, untuk lebih maksimal bisa melebihi dari 500 kata.

Namun perlu diperhatikan, tidak hanya mengandalkan panjang dari kontennya saja, namun isi dan kualitas yang ditampilkan, karena dengan konten yang berkualitas dan informatif, pengunjung akan lebih tertarik, berpeluang besar untuk menarik lebih banyak lagi visitor dan akan mendapatkan insight positif dari Google tentang website itu sendiri.

Memang tidak instan untuk memperoleh pengunjung yang banyak, namun dengan mengoptimasi metode ini website dapat mempercepat akselerasi dan mempersingkat waktu untuk mendapatkan ranking terbaik dalam mesin pencari dibandingkan tidak dioptimasi sama sekali.

 

Kesimpulan

Dengan mengoptimasi SEO pada on page situs atau blog, akan berpengaruh besar pada peningkatan trafik pengunjung dan berpeluang untuk menghasilkan user yang loyal, karena konten yang dihasilkan adalah konten berkualitas dan ramah bagi pengguna.

Share