Tips Termudah Dalam Menginstall Codeigniter 4

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menginstall Codeigniter 4 dengan ringkas dan mudah, se...
Penulis
Admin
Kategori
Tutorial
Estimasi
3 menit baca
Dilihat
2.4K
Posting
03 Jul 2022
Tips Termudah Dalam Menginstall Codeigniter 4 Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menginstall Codeigniter 4 dengan ringkas dan mudah, seperti yang kalian tahu, versi Codeigniter 4 ini cukup berbeda dengan versi sebelumnya yaitu Versi 3. Tips Termudah Dalam Menginstall Codeigniter 4
2022-11-25

Hallo teman-teman, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menginstall Codeigniter 4 dengan ringkas dan mudah, seperti yang kalian tahu, versi 4 ini cukup berbeda dengan versi sebelumnya, bagi kalian yang sebelumnya sudah pernah mengunakan Laravel, mungkin tidak akan menemukan kesulitan karena hampir mirip. Beberapa pemilik website yang menggunakan Codeigniter mungkin sudah berbondong-bondong untuk mengupgrade framework mereka ke versi 4 dengan beberapa fitur menarik yang tidak ada didalam versi sebelumnya. Jika kalian kebingungan untuk menginstall Codeigniter 4 secara mudah dan cepat, kami akan memberikan solusi untuk kalian didalam artikel kali ini.

Jika kamu sebelumnya mengunakan Codeigniter 3 ingin upgrade ke versi 4 alangkah baiknya kamu membaca dokumentasinya dulu karena dari syntax code dan beberapa struktur yang berbeda, agar ketika kalian menulis kode tidak kaget dan kebingungan. Baiklah, langsung Kita mulai saja.

 

Cara Mudah Install Codeigniter 4 Dengan Singkat

 

 

1. Spesifikasi dan persiapan

Spesifikasi yang harus dipenuhi untuk mengunakan versi 4 ini adalah

  • PHP 7.2 ke atas
  • Ekstensi intl dan mbstring harus aktif

Xampp

Buka file php.ini, lalu cari ekstensi:

extension=intl.dll
extension=mbstring.dll

atau

extension=php_intl.dll
extension=php_mbstring.dll

Untuk mengaktifkannya cukup dengan menghapus semicolon pada akhiran baris tersebut, lalu restart xampp.

 

2. Install Codeigniter 4 tanpa menggunakan composer atau manual

Untuk menginstall framework secara manual sebenarnya simple, kalian cukup download source code dalam situs resminya Codeigniter 4, lalu extract pada folder project kamu. Lalu buka browser untuk melakukan testing dan arahkan kedalam project kalian, misalnya http://localhost/codeigniter-4/public maka akan muncul tampilan selamat datang di codeigniter 4.

Mungkin menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya jika path pada halaman utama yang dituju tidak menggunakan /public ? saya hanya ingin menggunakan path default aja seperti http://localhost/nama-project

Untuk merubah struktur seperti ini, kalian diharuskan untuk mengubah dan memindahkan beberapa file yang terdapat didalam folder public kedalam root utama yang bersamaan dengan folder lainnya seperti app, public, system, writable dll. Caranya adalah:

Langkah 1: Pindahkan keseluruhan file yang berada didalam folder public seperti .htaccess, index.php, robots.txt dll kedalam root utama directory

Langkah 2: Lalu buka file index.php, cari baris kode berikut: 

$pathsConfig = FCPATH . '../app/Config/Paths.php';

Dan rubah menjadi:

$pathsConfig = FCPATH . 'app/Config/Paths.php';

Langkah 3: Setelah itu, buka file App.php didalam folder Config yaitu: app > Config > App.php, rubah base url menjadi path URL halaman utama yang kamu inginkan.

public $baseURL = 'http://localhost/codeigniter-4/';

Langkah 4: Didalam file yang sama, cari baris kode:

public $uriProtocol = 'REQUEST_URI';

Lalu rubah menjadi:

public $uriProtocol = 'PATH_INFO';

Langkah 5: Coba buka kembali browser, dan arahkan URL yang sesuai dengan path yang sudah kalian set di Config, disini saya mencontohkan sesuai dengan yang sudah diset didalam App.php, yaitu : http://localhost/codeigniter-4

Jika berhasil akan muncul seperti ini:

Cara Mudah Install Codeigniter 4 Dengan Singkat

 

3. Install Codeigniter 4 dengan mengunakan Composer

Metode yang saya sarankan adalah metode melalui composer karena kita tidak perlu repot untuk download, cukup masukan perintah pada prompt semuanya berjalan automatic dan cepat. Jika kamu belum mendownload composer, silahkan download dulu Get Composer Setelah menginstall composer, buka command prompt lalu navigasikan kedalam folder project yang akan diinstall, lalu jalankan command berikut:

composer create-project codeigniter4/appstarter project-root

Untuk nama project, kalian bisa ganti nama project-root dengan nama project yang kamu inginkan, jika pada saat proses installasi kamu menemukan error berikut:

 

Cara Mudah Install Codeigniter 4 Dengan Singkat

 

saat menginstall pada composer, itu menandakan ekstensi intl dalam php.ini belum terpasang dengan sempurna, solusinya adalah tutup composer, delete folder nama project-root yang sudah tercreate lalu buka php.ini dan aktifkan ekstensi intl dengan menghapus semicolon, buka kembali command prompt jalankan kembali perintah:

composer create-project codeigniter4/appstarter project-root

Tunggu hingga proses selesai, maka secara otomatis akan terinstall sempurna kedalam folder project.

Untuk memastikan apakah sudah berhasil diinstall, kalian bisa masukan perintah tersebut pada command prompt yang sudah ternavigasi pada folder project kalian.

php spark serve

 

Cara Mudah Install Codeigniter 4 Dengan Singkat

 

Setelah oke, kalian bisa jalankan pada browser untuk memastikan kembali sudah bisa digunakan.

localhost/namaproject/public

atau

http://localhost:8080

Jika berhasil akan muncul seperti ini

 

Cara Mudah Install Codeigniter 4 Dengan Singkat

 

Codeigniter 4 siap kalian gunakan, jika kamu belum terbiasa dengan composer, mungkin terlihat sedikit bingung, saya sarankan untuk lebih memahami lebih dalam composer karena perlu kalian ketahui bahwa dengan memanfaatkan composer kamu tidak perlu bingung dengan dependensi dan update pada dependensi tersebut.

 

Kesimpulan

Sekian pembahasan kali ini tentang bagaimana cara menginstall codeigniter 4 di xampp atau server.

Share