Cara Mengatasi HP Android Lemot Menjadi Lebih Ngebut!

Biasanya dampak dari lemot atau lagging pada smartphone akan membuat gadget menjadi panas, gadget...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
331
Posting
19 Aug 2022
Cara Mengatasi HP Android Lemot Menjadi Lebih Ngebut! Biasanya dampak dari lemot atau lagging pada smartphone akan membuat gadget menjadi panas, gadget menjadi panas disebabkan karena kinerja hardware yang dipaksa, namun jangan khawatir, kita akan memberikan beberapa tips berikut kita bahas agar kamu bisa menggunakan gadget dengan nyaman. Cara Mengatasi HP Android Lemot Menjadi Lebih Ngebut!
2022-11-25

Saat ini banyak sekali smartphone android yang beredar luas dimasyarakat dengan berbagai macam spek yang ditawarkan, seperti RAM, chipset dan lain sebagainya. Namun seiring berjalannya waktu, kita sering kali mengalami lagging pada smartphone dikarenakan beberapa faktor.

Biasanya dampak dari lemot atau lagging pada smartphone akan membuat gadget menjadi panas, gadget menjadi panas disebabkan karena kinerja hardware yang dipaksa, namun jangan khawatir, kita akan memberikan beberapa tips berikut kita bahas agar kamu bisa menggunakan gadget dengan nyaman.

 

tips dan cara mengatasi smartphone lemot ampuh

 

 

Apa saja penyebab smartphone menjadi lemot

Smartphone menjadi lemot biasanya disebabkan oleh RAM yang sudah melebihi kapasitas saat HP sedang berjalan, hal ini akan mengakibatkan HP menjadi panas, banyaknya aplikasi yang diinstall menjadi salah satu penyebab memory RAM membengkak. Tidak hanya itu banyaknya aplikasi yang berjalan di balik layar atau biasa disebut background process akan mengakibatkan penggunaan memori yang besar.

Jika hal tersebut secara terus menerus dilakukan, hardware akan menjadi korbannya, HP bisa mati total atau ngeblank. secara otomatis kamu perlu ganti sparepart atau bahkan ganti smartphone baru.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar smartphone awet dan bebas dari lemot?

 

1. Tutup aplikasi-aplikasi yang sudah digunakan

Kamu bisa menggunakan cara ini agar smartphone kamu bebas dari lagging, menutup aplikasi yang sedang berjalan akan membuat space dari memori RAM smartphone kamu menjadi lebih lowong lagi, perhatikan juga spesifikasi RAM pada smartphone kamu, jangan gunakan aplikasi yang berlebihan atau aplikasi yang berat jika spesifikasi tidak memenuhi kriteria.

 

Hapus data yang tidak digunakan

Pic by: pixabay.com

 

2. Hapus data yang tidak digunakan

Penyimpanan data seperti gambar, file, mp3 dan lainnya secara berlebihan akan membuat smartphone kamu menjadi lemot, monitor secara berkala penggunaan file atau gambar pada galeri, hapus jika sudah tidak digunakan.

 

Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Pic by: pixabay.com

 

3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Memonitor penggunaan atau cache pad smartphone bisa kamu pantau melalui aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu install seperti ccleaner atau clean master. Biasanya aplikasi tersebut menawarkan beberapa fitur untuk mempermudah kamu dalam mengelola penggunaan data seperti cache, gambar, file, dan lainnya serta penggunaan yang mudah dan praktis.

 

Multitasking

Pic by: pixabay.com

 

4. Multitasking

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya, penggunaan aplikasi secara berlebihan akan membuat smartphone menjadi lemot dan panas, misalnya kamu membuat instagram, facebook, whatsapp dan youtube secara bersamaan tanpa menutup aplikasi yang sudah tidak digunakan, gunakan fitur auto kill atau tutup aplikasi secara manual agar penggunaan RAM yang berlebihan bisa di minimalisir.

 

Update aplikasi secara berkala

Pic by: pixabay.com

 

5. Update aplikasi secara berkala

Beberapa kasus yang ditemukan, tidak rutin update aplikasi secara berkala akan membuat kinerja aplikasi menjadi berat yang akan berdampak pada penggunaan processor dan RAM yang berlebihan, lakukan update secara berkala agar kinerja smartphone kamu bisa lebih maksimal.

Tujuan update aplikasi adalah untuk membuat pengalaman pengguna lebih baik dari sebelumnya, mungkin pada versi sebelumnya ditemukan beberapa bug yang membuat aplikasi menjadi lemot, dengan adanya update, sistem dari aplikasi tersebut di maintenance agar aplikasi dapat berjalan dengan baik dan menghindari smartphone menjadi lemot.

Kamu bisa setting pengaturan dari update software ini didalam settings > about > update software dan periksa seluruh aplikasi didalam Google Play Store jika terdapat update terbaru.

 

6. Jangan gunakan widget yang berlebihan

Widget biasa ditemukan pada homescreen atau lockscreen pada smartphone kamu, namun tanpa disadari penggunaan widget yang berlebihan dan tidak perlu mengakibatkan penggunaan RAM yang cukup signifikan, memang widget diciptakan untuk memperindah visual pada smartphone kamu, namun perlu diperhatikan juga penggunaannya, saran kami gunakan widget yang penting saja seperti jam.

 

7. Rubah menjadi setelan pabrik atau factory reset

Jika beberapa tips penting diatas sudah dilakukan namun tetap saja masih lemot, mungkin smartphone kamu perlu penyegaran ulang dengan cara menghapus seluruh data didalam smartphone, factory reset bertujuan untuk membuat smartphone seperti baru kembali dengan tampilan dan aplikasi bawaan, biasanya cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan masalah lemot pada smartphone, namun dengan kekurangan kamu perlu menginstall ulang aplikasi yang dibutuhkan.

Kami juga sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset seperti kontak, email, dan beberapa file gambar atau video.

 

8. Ganti launcher dengan launcher lain

Ganti launcher sebenarnya tidak menjadi penyebab utama lemotnya smartphone kamu, namun apa salahnya mencoba untuk menganti launcher bawaan dengan launcher lain, fungsi menganti launcher ini adalah selain menganti launcher bawaan, juga agar dapat mengkostumisasi tampilan atau UI pada android.

Kamu bisa menemukan launcher gratis yang beredar di Google Play Store yang bisa digunakan untuk menganti UI bawaan android.

 

Kesimpulan

Smartphone lemot memang membuat kita menjadi jengkel, namun perlu diketahui juga bagaimana penggunaan smartphone kamu, memiliki RAM yang besar sebenarnya tidak menjamin smartphone menjadi tidak lemot, banyak kasus yang kita temukan dengan kapasitas RAM yang besar, permasalahan lagging atau lemot ini sering kali terjadi. Beberapa tips diatas kita harapkan dapat menghilangkan permasalahan lemot pada smartphone kamu.

Share