Tutorial Install & Setting SSL Cloudflare Ke CPanel

Wajib disimak, karena kita akan menjelaskan bagaimana cara untuk mensetting, install SSL Certific...
Penulis
Admin
Kategori
Tutorial
Estimasi
3 menit baca
Dilihat
1.4K
Posting
23 Jan 2022
Tutorial Install & Setting SSL Cloudflare Ke CPanel Wajib disimak, karena kita akan menjelaskan bagaimana cara untuk mensetting, install SSL Certificate dari Cloudflare ke CPanel dengan lengkap. SSL sangat penting untuk website dengan banyak manfaat yang dirasakan. Tutorial Install & Setting SSL Cloudflare Ke CPanel
2022-11-25

SSL merupakan salah satu komponen penting yang wajib dimiliki oleh website untuk melindungi data dari serangan yang tidak bertanggung jawab. Untuk menggunakan komponen ini, kalian wajib untuk menginstall sertifikat khusus kedalam server untuk mengaktifkannya. Terdapat beberapa sertifikat yang gratis maupun berbayar, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Terdapat dua sertifikat gratis yang sudah umum digunakan saat ini diantaranya Let's Encrypt dan Cloudflare.

Kali ini kita akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara memasang atau menginstall SSL certificate dari Cloudflare ke CPanel dengan lengkap, mari kita simak langkah-langkahnya.

 

 

Langkah 1: Generate private key dan Certificate CRT Cloudflare

Pertama kali yang harus kalian siapkan adalah mengenerate public key sertifikat dari origin CRT dan private key. Pastikan website kalian sudah terhubung dengan Cloudflarenya ya.

Setelah itu masuk kedalam dashboard Cloudflare kalian,dan pilih tab SSL/TLS lalu pilih Origin Server.

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Setelah berhasil, klik tombol Create Certificate didalam kolom Origin Certificates.

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Pada setiap bagiannya, bisa kalian ikuti pengaturannya dengan yang kita contohkan.

  • Generate key and CSR, pilih RSA (2048)
  • Untuk hostnamenya, isi dengan 2 host berbeda, yaitu dengan wildcard dan yang biasa, contoh:  *.example.com dan example.com
  • Certificate Validity, pilih 15 years atau 15 tahun.
  • Lalu klik create.

Setelah semua selesai, maka secara sertifikat akan otomatis terbuat dengan 2 key penting yaitu private key dan public key, copy kedua key tersebut kedalam file notepad yang berbeda, kita menyarankan hal ini agar nantinya kalian tidak kebingungan saat memasukan kedua key tersebut kedalam form didalam cPanel..

 

Langkah 2: Install SSL Certificate Cloudflare kedalam CPanel

Setelah mendapatkan private key dan Origin Certificate CRT, selanjutnya masuk kedalam dashboard CPanel, lalu pilih SSL/TLS.

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Langkah pertama adalah memasukan private key tadi kedalam form yang disediakan oleh cPanel yaitu:

  • Pilih PRIVATE KEYS (KEY) Generate, view, upload or delete your private keys.
  • Lalu scroll kebagian bawah, cari bagian Upload a New Private Key.
  • Masukan private key tadi kedalam kolom.
  • Untuk Description, optional saja boleh diisi boleh tidak.
  • Lalu klik save.

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Jika berhasil, maka private key sudah berhasil terinstall kedalam server. Selanjutnya kita akan memasukan CRT origin dari Cloudflare kedalam CPanel yaitu:

  • Pilih CERTIFICATES (CRT) Generate, view, upload, or delete SSL certificates.
  • Scroll kebagian bawah, cari Upload a New Certificate
  • Paste Cloudflare Origin (CRT) kedalam form yang disediakan.
  • Untuk Description optional saja.
  • Lalu klik save certificate.

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Setelah berhasil, maka CRT tersebut sudah terinstall kedalam server kalian.

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Selanjutnya adalah mengaktifkan certificate dari Cloudflare dengan cara:

  • Pilih INSTALL AND MANAGE SSL FOR YOUR SITE (HTTPS) Manage SSL Sites.
  • Scroll kebagian bawah, cari install an SSL Website
  • Pilih browse Certificates
  • Pilih issuer dari Cloudflare.inc
  • Lalu pilih use certificate

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Dan Certificate dari Cloudflare sudah berhasil terpasang, cek certificate expiration apakah sudah 15 tahun? jika iya berarti sudah sukses. Namun tahap ini belum selesai, masih ada tahap akhir selanjutnya yaitu mengubah setelan default mode enkripsi. 

 

Langkah 3: Mengubah Mode Enkripsi

Ada satu langkah lagi yang harus kalian lakukan yaitu dengan menganti encryption mode menjadi full (strict). Hal ini bertujuan untuk membaca Origin Certificates dari Cloudflare yang telah terinstall dalam server tadi.

Kalian bisa langsung masuk saja kedalam dashboard Cloudflare, setelah itu pilih pada bagian SSL/TLS. Dan pada bagian atas yang terdapat 4 pilihan yaitu off, flexible, full dan strict, rubah setelannya menjadi full (strict).

 

Tutorial cara install SSL Cloudflare kedalam CPanel

 

Perlu diperhatikan juga pada bagian DNSnya, cek kembali apakah sudah terhubung atau proxied (awan warna orange). Oke itulah caranya  bagaimana menginstall certificate gratis dari Cloudflare kedalam CPanel. Jika masih belum berhasil, coba untuk cek dari awal barang kali ada langkah yang terlewat.

 

Penutup

SSL sangat penting digunakan untuk website dalam mengamankan atau melindungi data yang berjalan didalam lalu lintas internet, fungsi dari SSL lainnya selain melindungi user, juga dapat meningkatkan trust kepada mesin pencari. Mesin pencari akan memberikan suggest kepada usernya website yang aman digunakan ketika mencari informasi atau layanan tertentu, jika anda memiliki bisnis yang mengharuskan memiliki website, SSL merupakan syarat wajib yang harus dilakukan ketika membangun aplikasi berbasis situs.

Dari segi fitur, memang SSL gratis sangat berbeda dibandingkan dengan berbayar, namun selagi ada yang gratis kenapa tidak untuk mencoba, namun memang kita sarankan untuk menggunakan sertifikat yang berbayar agar lebih aman daripada menggunakan yang gratisan, terutama jika website kalian adalah e-commerce atau website layanan untuk orang lain.

Share