Cara Daftar Dan Tips Agar Diterima Google Adsense Untuk Blog

Kita akan menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami bagaimana cara mendaftarkan Google Adsens...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
8 menit baca
Dilihat
713
Posting
03 Jul 2022
Cara Daftar Dan Tips Agar Diterima Google Adsense Untuk Blog Kita akan menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami bagaimana cara mendaftarkan Google Adsense, cara mengunakannya dan tips agar diterima Google Adsense. Google Adsense merupakan layanan periklanan dari Google yang mengizinkan pemilik website atau blog untuk memasang iklan didalam websitenya. Google Adsense merupakan adversiting CPC atau Cost Per Click dan impression Cara Daftar Dan Tips Agar Diterima Google Adsense Untuk Blog
2022-11-25

Saat ini, untuk mencari uang tambahan tidak sesulit dulu, banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah mendaftarkan website atau blog kedalam Google Adsense. 

Sebetulnya banyak layanan periklanan yang bisa digunakan untuk website atau blog kalian, namun diantara banyak layanan tersebut, Google Adsense yang direkomendasikan karena sistem pembayaran yang tidak terlalu sulit jika sudah menghasilkan. Untuk mengunakan layanan Google Adsense ini, sebenarnya tidak terlalu sulit dan juga gratis.

 

Panduan daftar iklan Google adsense dan tips agar diterima Google Adsense

Google Adsense logo

 

Pada artikel kali ini, kita akan menjelaskan secara singkat dan mudah dipahami bagaimana cara mendaftarkan Google Adsense, cara mengunakannya unit iklan dan beberapa tips agar diterima Google Adsense. Sebelum membahas jauh lebih dalam lagi, kita berkenalan dulu dengan layanan Google yang satu ini.

 

 

1. Apa itu Layanan Google Adsense

Google Adsense adalah sebuah layanan periklanan Google yang mengizinkan pemilik website atau blog untuk memasangkan iklan didalam websitenya berdasarkan CPC atau Cost Per Click dan impression. CPC atau Cost Per Click dan impression ini sendiri adalah sebuah indikator dalam mendapatkan uang ketika iklan tersebut diklik oleh pengunjung lain dan seberapa besar iklan tersebut dilihat oleh pengunjung website.

Layanan ini biasanya memberikan beberapa opsi unit iklan, yaitu berupa text, gambar dan video, dimana iklan tersebut berupa iklan yang interaktif yang sudah di review oleh Google sendiri. Beberapa dari kalian mungkin pernah melihat, website atau blog orang lain terdapat iklan pada sidebar atau pada konten mereka, itu mengindikasikan bahwa website tersebut sudah berpartner dengan Google Adsense yang sudah diatur oleh pemilik website untuk menampilkan iklan dibagian mana saja.

Layanan ini juga sebetulnya adalah pihak ketiga yang menghubungkan antara si pemasang iklan dan menerbitkan iklan, yang sama-sama untuk memperoleh keuntungan dan pemasukan. Selain website, Google Adsense juga dapat di pasang dengan YouTube, namun saat ini kita akan membahas bagaimana cara mendaftar dan mengunakan Google Adsense kedalam website atau blog.

Terdapat 2 komponen penting yang harus dipahami ketika ingin berpartner dengan layanan ini, diantaranya:

  • CPC (Cost Per Click)

CPC merupakan jenis pembayaran yang tergantung pada jumlah klik pada iklan tersebut.

  • Impression

Sementara impression merupakan jenis pembayaran yang tergantung pada jumlah iklan yang dilihat oleh pengunjung.

Dua komponen diatas merupakan indikator yang menentukan penghasilan kalian dan lokasi peletakan iklan sangat berpengaruh dalam hal ini.

 

2. Manfaat Google Adsense

Berikut adalah beberapa manfaat yang akan kalian dapatkan ketika sudah berpartner dengan Google Adsense diantaranya:

  • Menghasilkan uang

Sudah banyak yang membuktikan bahwa layanan ini dapat menghasilkan uang dari internet. Penghasilan dari Adsense sangat bergantung pada CPC atau impression iklan yang terdapat pada website kalian. Nilai dari sebuah iklan ditentukan oleh penggunaan keyword didalam konten, semakin tinggi nilai pada keyword, maka semakin besar nilai yang dihasilkan iklan dari layanan ini.

Selain itu, pencairan dananya pun tidak terlalu sulit dan disesuaikan dengan mata uang negara masing-masing. Minimal untuk mencairkan dana pertama adalah $100 atau 1,4 juta rupiah.

  • Support

Kalian tidak perlu takut ketika mengalami kesulitan dalam mengunakan layanan ini, sudah banyak forum resmi maupun tidak resmi yang saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan dalam Google Adsense. Dan mereka akan memberikan beberapa tutorial atau tips dalam mengunakan layanan ini.

  • Bisa digunakan lebih dari satu website

Tidak seperti layanan periklanan lainnya, Google Adsense mengizinkan pemilik properti atau website memasang iklan lebih dari satu website atau blog dalam satu akun saja. Dengan kata lain, jika kalian memiliki lebih dari satu website yang akan diiklankan dan tidak perlu untuk membuat akun yang terpisah.

Beberapa pengalaman yang kita dapatkan, jika mengunakan lebih dari satu akun google untuk website atau blog yang berbeda, akan kesulitan dalam memanage, verifikasi atau mencairkan dana.

  • Iklan bisa diatur sesuka hati

Dan Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengatur unit iklan sesuai dengan yang kita inginkan, sebenarnya ada 2 opsi untuk memasang iklan pada website, bisa otomatis atau diatur sendiri.

Jika opsi pertama yang pilih, Google akan melacak konten didalam website lalu menempatkan iklan sesuai dengan rekomendasi. Sementara itu, jika opsi kedua yang dipilih, kita dapat membuat unit iklan dan menempatkannya sesuai dengan keinginan.

  • Konten pada iklan sesuai dengan isi konten dalam website

Kelebihan lainnya adalah iklan yang ditampilkan sesuai dengan konten pada website itu sendiri. Misalnya, jika website kalian membahas tentang makanan, iklan biasanya akan menampilkan iklan yang berhubungan dengan makanan.

Hal ini membuat pengunjung tidak merasa terganggu dengan iklan tersebut, karena Adsense akan memberikan rekomendasi iklan sesuai dengan isi konten dan minat visitor.

  • Analytics yang cukup lengkap

Google Adsense menyediakan dashboard yang lengkap pada layanan ini, selain kalian bisa mengatur iklan yang akan ditempatkan kedalam website, kalian bisa memfilter iklan mana saja yang akan ditampilkan.

Contoh misalnya jika kalian menemukan iklan yang mengganggu didalam website atau blog. Kalian bisa memblokir iklan tersebut agar tidak tampilkan kembali. 

Dan juga fitur bermanfaat lainnya adalah layanan ini menyediakan statistik dan analisis yang cukup lengkap, dimana kalian bisa melihat statistik pada pengunjung website secara lengkap, berapa kali pengunjung mengklik iklan, bagaimana iklan tampil berdasarkan halaman website, pendapatan berdasarkan unit iklan dan lain sebagainya.

 

3. Bagaimana cara daftar Google Adsense?

Untuk mendaftar Google Adsense hanya membutuhkan 2 persyaratan, yaitu memiliki akun gmail dan website atau blog. Namun dipastikan website atau blog yang akan didaftarkan, tidak melanggar kebijakan yang ditetapkan oleh Google. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Kalian bisa mendaftar disitus resmi Google Adsense dengan akun gmail, ikuti langkah demi langkahnya dengan mengisi form yang sudah disediakan.
  • Note: Jangan salah isi alamat url website kalian ya, karena nanti website akan melalui proses verifikasi untuk memastikan sudah terhubung dengan Adsense.
  • Note: Dan hal penting lainnya, jangan lupa isi alamat rumah kalian dengan lengkap dan detail. Hal ini akan berdampak pada mencairkan dana nantinya.
  • Dan yang paling penting adalah meletakkan kode khusus untuk menghubungkan website atau blog dengan layanan ini.
  • Letakan kode tersebut kedalam html website diantara tag head. Pastikan code sudah diletakan dengan benar untuk melakukan proses verifikasi secara menyeluruh terhadap website yang didaftarkan.
  • Setelah semua tahap sudah selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah menunggu review persetujuan dari Google dan akan dikabarkan melalui email. Biasanya proses ini membutuhkan waktu sekitar beberapa hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Selama tahap verifikasi ini berlangsung, terus lakukan untuk membuat konten yang baik selagi menunggu persetujuan dari Adsense.
  • Jikalau website atau blog kalian tidak disetujui, jangan berkecil hati, lakukan perbaikan dan coba untuk verifikasi ulang. kita akan memberikan beberapa tips agar website atau blog kalian diterima Google Adsense, penjelasannya nanti akan kita berikan diakhir artikel.

 

4. Cara memasang unit iklan Google Adsense pada website

Untuk memulai memasang iklan pertama kali pada website, kalian bisa mengunakan beberapa metode diantaranya menampilkan iklan otomatis dan iklan berdasarkan unit. Untuk mengunakan iklan berdasarkan unit lakukan beberapa step berikut:

 

Panduan daftar iklan Google adsense dan tips agar diterima Google Adsense

Sumber: google.com/adsense

 

  • Klik ads pada sidebar, pilih tab by ad unit, nanti akan menampilkan 4 opsi unit iklan diantaranya display ads, in-feed ads, in-article ads dan search engine. Pilih saja yang direkomendasikan yaitu Display ads.
  • Atur iklan yang diinginkan, seperti font yang digunakan, pengelolaan nama unik pada unit iklan agar mudah untuk dikostumisasi ulang.
  • Klik tombol create untuk mendapatkan code pada unit iklan.
  • Simpan code iklan tersebut didalam website atau widget HTML pada wordpress sesuai dengan keinginan.

 

5. Beberapa tips agar website atau blog diterima Adsense

Perlu kalian ketahui, Adsense tidak menerima website atau blog secara cuma-cuma, layanan ini memiliki beberapa indikator untuk menentukan apakah website atau blog tersebut sudah memenuhi syarat atau belum. Disini kita akan memberikan beberapa tips agar website atau blog kalian bisa diterima:

  • Kualitas konten

Pastikan konten yang kalian buat adalah konten yang berkualitas, original dan unik dengan minimal 800-1000 kata dan berguna bagi orang lain. Adsense tidak akan menerima website atau blog yang memiliki konten duplikat.

  • Pastikan semua halaman web sudah terindex didalam Search Console

Selanjutnya adalah pastikan seluruh halaman website atau blog sudah terindex kedalam mesin pencarian. Untuk melakukan indexing pada website, pastikan website atau blog kalian sudah terdaftar kedalam Google Search Console.

Buat dokumen sitemap.xml lalu submit kedalam form yang sudah disediakan di Google Search Console, hal ini bertujuan untuk melakukan update konten pada website atau blog secara berkala sehingga Google bisa menilai website atau blog kalian selalu update.

  • Buat halaman about, contact, privacy policy atau terms of condition

Pastikan website atau blog kalian sudah memiliki halaman tentang kami, contact, privacy policy atau terms of conditions agar website terlihat professional dan tidak asal-asalan.

  • Pastikan konten tidak melanggar kebijakan

Konten adalah komponen utama dalam mengukur apakah website tersebut memang layak untuk berpartner dengan Google Adsense atau tidak. Dalam hal ini, pastikan konten yang dibuat tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang. Perlu diingat bahwa, semua aturan tersebut berlaku untuk seluruh website bukan hanya halaman tertentu saja.

  • Memiliki setidaknya 15-20 artikel aktif dan original

Dengan memiliki setidaknya 15-20 artikel yang aktif maka Google akan mengenali website kalian dengan mudah. Pastikan juga artikel yang aktif tersebut adalah artikel yang unik dan berkualitas. Hal ini akan mempermudah proses verifikasi terhadap website atau blog kalian. 

Navigasi yang buruk sering kali menjadi penyebab ditolak oleh Adsense saat mendaftar. Perlu diketahui bahwa Navigasi website merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam website.

Pastikan navigasi pada header, footer, keterbacaan huruf, warna yang digunakan, ukuran huruf tidak menganggu pengalaman pengguna saat mengunakan website kalian.

  • Umur website

Untuk mendaftarkan pertama kali, pastikan umur website tidak kurang dari 1 bulan. Website yang sudah memiliki umur 6 bulan atau lebih, peluang diterima oleh Google Adsense lebih besar. Tapi didukung juga dengan komponen lainnya dan tidak melanggar kebijakan.

Jangan terlalu terburu-buru untuk mendaftarkan jika website masih tergolong baru. Fokuslah dulu terhadap konten yang berkualitas dan memberi manfaat bagi orang lain.

  • Sudah memiliki pengunjung harian

Sebar luaskan website kalian agar mendapatkan pengunjung setiap harinya. Pengunjung ini nantinya akan berdampak besar pada pendapatan kalian. Tidak ada angka yang pasti berapa minimal pengunjung harian yang diharuskan. Namun 100 orang pengunjung setiap hari atau lebih, tentu akan jauh lebih baik.

 

Penutup

Google Adsense merupakan layanan yang banyak diminati oleh pemilik website untuk menghasilkan uang dari internet. Lakukan beberapa optimasi seperti SEO dan riset keyword agar website kalian selalu mendapatkan pengunjung organik selagi menunggu persetujuan dari Adsense. Adsense sangat menyukai website dengan SEO yang baik dan konten yang berkualitas. Oleh karena itu pastikan website kalian sudah memenuhi hal tersebut.

Share