8 Layanan Hosting Gratis Untuk Testing Project

Beberapa pilihan layanan hosting gratis yang tersedia bisa kalian coba dan pelajari, seperti Netl...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
6 menit baca
Dilihat
1.5K
Posting
02 Jul 2022
8 Layanan Hosting Gratis Untuk Testing Project Beberapa pilihan layanan hosting gratis yang tersedia bisa kalian coba dan pelajari, seperti Netlify, 000Webhost, Github Pages, Vercel atau Heroku. Seperti apa layanan hosting gratis tersebut dan bagaimana cara saya mengunakannya? 8 Layanan Hosting Gratis Untuk Testing Project
2022-11-25

Ketika mendapatkan ide untuk membuat aplikasi khususnya website, umumnya orang akan membuat website melalui local di komputer masing-masing dengan mengunakan XAMPP atau lainnya. 

Namun ketika situs yang sudah dibuat ingin upload ke hosting atau deploy, kalian pasti mempertimbangkan dulu apakah website ini sudah siap dengan menyewa hosting berbayar atau belum. Tujuannya adalah agar aplikasi yang sudah kalian buat bisa diakses oleh banyak orang.

Saat ini, hal itu bisa diminimalisir dengan mengunakan beberapa layanan hosting gratis untuk mencobanya secara live, sebelum sudah yakin dan mantap untuk mengunakan layanan hosting atau layanan cloud yang berbayar.

Beberapa pilihan layanan hosting gratis yang tersedia bisa kalian coba dan pelajari, seperti Netlify, 000Webhost, Github Pages, Vercel atau Heroku. Seperti apa layanan hosting gratis tersebut dan bagaimana cara saya mengunakannya?

 

Netlify logo

 

 

1. Netlify

Layanan ini bisa kalian gunakan secara gratis atau berbayar, Netlify merupakan layanan hosting static site dengan fitur yang ditawarkan yang bisa kalian gunakan.

Netlify tidak mengunakan FTP seperti di shared hosting, namun Netlify mengunakan Git untuk melakukan deployment pada website. 

Dengan demikian, sebelum mengunakan Netlify ini, sebaiknya pelajari tentang Git terlebih dahulu, kalian bisa gunakan layanan github, gitlab, bitbucket dll atau bisa mengunakan fitur drag and drop.

Dan juga, Netlify menyediakan fitur lainnya seperti DNS, SSL dll. Coba kamu gunakan paket yang gratis terlebih dahulu untuk mengunakan hosting gratis dalam Netlify ini, jika tertarik dengan Netlify ini, kalian bisa gunakan versi berbayar.

Cara mengunakan layanan Netlify:

  • Buat akun terlebih dahulu
  • Upload file kedalam Netlify bisa menggunakan Git atau Drag and Drop, tunggu hingga proses selesai.
  • Tunggu hingga status berubah menjadi published yang artinya website sudah siap dipublikasikan.
  • Cukup cepat tidak perlu membutuhkan waktu lama.

 

Github logo

 

2. Github Pages

Apa itu Github Pages? Github Pages adalah layanan hosting static site gratis yang disediakan oleh Github.com untuk menampilkan situs secara live.

Github itu sendiri seperti social medianya para developer software engineer diseluruh dunia, dimana para developer dapat membagi projectnya, berkolaborasi dengan developer lain, membagi ide-ide, sharing kode, dan lainnya.

Static Site sendiri adalah website yang hanya mengunakan HTML, CSS, JS, Images yang tidak memerlukan compile dalam menjalankannya, dengan kata lain, Github Pages tidak bisa mengunakan database seperti MySQL, Postgree untuk menyimpan data karena Github tidak menyediakannya, dan juga kode server side seperti PHP, Ruby, Phyton tidak bisa dijalankan juga dalam Github Pages.

Kelebihan umum Github Pages diantaranya, tidak perlu memerlukan setup server, keamanan yang terjamin dan deploy yang cepat.

Cara mengunakan layanan Github Pages:

  • Buat akun Github terlebih dahulu didalam github.com
  • Membuat repository untuk menampung kode-kode kalian.
  • Tempatkan file index.html di depan root directory.
  • Setelah semua sudah terpenuhi, Github biasanya akan mendeploy secara otomatis, coba cek dengan membuka setting pada repository dan cari pada bagian Github Pages.

 

000webhost logo

 

3. 000webhost

Layanan hosting gratis lainnya yang bisa kalian gunakan adalah mengunakan layanan 000webhost dari hostinger

Setelah kalian sudah selesai membuat website dilocalhost komputer dan ingin mencoba untuk membuat situs menjadi live secara gratis, kalian bisa coba layanan ini sebagai pilihan kalian sebelum mencoba layanan lengkap didalam hosting berbayar.

Kelebihan dari layanan 000webhost ini adalah tanpa adanya iklan, tidak ada persyaratan yang ketat, dan kerennya.. layanan ini mendukung server side programming seperti PHP dan database, dengan kata lain jika kamu membuat aplikasi dengan mengunakan PHP native atau Framework PHP seperti Codeigniter, Laravel untuk mencoba project PHP yang sudah kalian buat, bisa coba dengan layanan gratis ini.

Fitur lainnya yang ditawarkan adalah:

  • 250MB untuk penyimpanan data.
  • 100 GB untuk bandwidth
  • Mendukung extension cURL, GD, Zend
  • PHP dan MySQL
  • Dan lainnya.

Kalian juga bisa gunakan layanan 000webhost berbayar jika ingin mengunakan fitur lengkap lainnya

Cara mengunakan layanan 000webhost:

  • Buat akun terlebih dahulu
  • Setelah akun dibuat dan berhasil verifikasi
  • Lalu tambahkan website baru dengan mengklik tombol + lalu isi form nama website dan passwordnya. Simpan nama website dan password ke notepad atau lainnya agar tidak lupa saat login.
  • Setelah selesai, masuk kedalam file manager untuk mengelola data yang ingin diupload kedalam server 000webhost didalam folder public_html
  • Lalu coba akses website dengan menambahkan subdomain dengan nama website kamu dengan 000webhost.com Ex: https://mywebsite.000webhost.com

 

Vercel logo

 

4. Vercel

Vercel merupakan layanan hosting gratis berbasis static site, sangat cocok digunakan untuk keperluan CV/resume, portfolio pribadi, profile pribadi dan lainnya yang tidak membutuhkan server-side, namun jika ingin mengunakan datapun, saat ini sudah ada teknologi API untuk mengambil data dari database dan menampilkannya kedalam website static kalian.

Kalian bisa langsung melakukan deploy dengan cepat dengan layanan Vercel ini, juga bisa mengimport repository didalam git untuk mendeploynya.

Untuk mengunakan layanan Vercel ini, kamu harus memiliki akun Github, Gitlab atau Bitbucket.

Cara mengunakan layanan Vercel:

  • Setelah memiliki akun Github, Gitlab atau Bitbucket
  • Download Aplikasi CLI Vercel melalui NPM, jalankan perintah npx vercel -v untuk mengetahui status aplikasi sudah sukses atau tidak.
  • Login melalui CLI Vercel melalui perintah npx vercel lalu masukan email yang sudah didaftarkan.
  • Setelah semua selesai dengan memverifikasi email, kalian sudah bisa mengunakan layanan Vercel
  • Upload file static website kalian kedalam vercel dengan mengunakan perintah npx vercel didalam folder project kalian. dengan nama index.html diawal root directory.
  • Tunggu hingga proses selesai, dan hola... website kalian sudah live.
  • Cari Url website live tersebut didalam production: https://namawebsite.vercel.app (contoh)
  • Selesai

Vercel memiliki dukungan website dengan mengunakan React, Next.Js, Vue.

 

Heroku logo

 

5. Heroku

Heroku merupakan layanan berbasis cloud computing yang menyediakan PaaS (Platform as a Service). Dengan kata lain, Heroku sudah menyediakan segalanya dan siap untuk digunakan.

User hanya berfokus pada deployment tanpa harus memikirkan infrastruktur. Heroku secara garis besar hampir sama dengan CPanel, namun perbedaannya adalah cara mendeploynya.

Kalian bisa mengunakan layanan gratis pada heroku ini yang menghosting data website secara gratis baik website statis atau website dinamis.

Yang kalian butuhkan adalah Aplikasi Git pada komputer kalian, silahkan download terlebih dahulu software Git dikomputer kalian. Hal ini dibutuhkan untuk mendeploy aplikasi kedalam Heroku.

Cara mengunakan layanan Heroku:

  • Daftar Akun terlebih dahulu di situs resmi Heroku dan mengaktivasi email.
  • Siapkan kode yang akan dideploy, Heroku mendukung server side seperti Node.js, PHP, Ruby dll.
  • Login kedalam Heroku untuk melakukan Deploy, silahkan buka terminal didalam text editor kalian seperti VS Code, dan lakukan perintah didalam terminal VS Code.
  • Ganti directory kedalam folder project kalian, dan isi perintah heroku login untuk mengarahkan browser kedalam Heroku CLI
  • Setelah selesai, tutup browser, lakukan perintah heroku create untuk membuat project baru.
  • Push project ke Heroku dengan memasukan perintah git add . dan untuk mendeploynya dengan perintah git push heroku master

Sampai disitu situs sudah terhosting dan terdeployment dengan otomatis ke Heroku.

 

8 Layanan Hosting Gratis Untuk Testing Project

 

6. InfinityFree

Infinityfree bisa menjadi alternatif web hosting gratis yang bisa kamu coba, infinityfree menjadi populer karena memiliki perancangan yang baik sehingga membuat pengguna memberikan kesan positif terhadap layanan hosting gratis dari infinityfree ini.
Infinityfree sudah berkecimpung didalam bisnis hosting ini selama kurang lebih 6 tahun, dan dirinya telah mengklaim bahwa telah memiliki lebih dari 500.000 pengguna aktif dengan penawaran disk dan bandwidth yang tidak terbatas, meskipun terdapat limit hit harian yaitu 50.000 namun angka tersebut tergolong besar.
Untuk memyebarkan website kamu dengan infinityfree, kamu diberikan ruang sebebas-bebasnya dengan mendapatkan 10 akun email dan 1 akun FTP untuk mendeploy source code website kamu. infinityfree memberikan jaminan 99.9% uptime dan mendapatkan softaculous yang populer. Kami cukup terkejut karena infinityfree menawarkan beberapa fitur menarik lainnya diantaranya:

  • Dapat mencakup 400 database MySQL
  • SSL Gratis
  • DNS Gratis
  • CDN Cloudflare Gratis

Cukup memuaskan dan mengesankan untuk sebuah layanan gratis.

 

Jika kamu cukup puas dengan layanan gratisnya, kamu juga dapat berlangganan dengan paket berbayar yang ditawarkan oleh infinityfree, harganya $6.90 perbulan dengan fitur berlimpah serta mendapatkan akses kedalam Cloudflare Railgun, Cloudflare Railgun dapat memangkas kecepatan loading website kamu secara drastis.

 

Kesimpulan

Kemudahan untuk merealisasikan ide digital saat ini sangatlah mudah, sebelum mengunakan layanan berbayar dan mengunakan fitur lengkap lainnya, sudah banyak layanan hosting yang disediakan secara gratis yang bisa kamu manfaatkan semaksimal mungkin untuk membuat project kalian menjadi sempurna.

Share