Mana Yang Lebih Baik? AWS, Google Cloud & Alibaba Cloud

Agar aplikasi dan website kita agar semakin optimal, terdapat layanan cloud yaitu Amazon Web Serv...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
950
Posting
09 Jul 2022
Mana Yang Lebih Baik? AWS, Google Cloud & Alibaba Cloud Agar aplikasi dan website kita agar semakin optimal, terdapat layanan cloud yaitu Amazon Web Services, Google Cloud Platform, Alibaba Cloud, manakah yang lebih baik Mana Yang Lebih Baik? AWS, Google Cloud & Alibaba Cloud
2022-11-25

Saat ini, banyak penyedia platform cloud yang ditawarkan kepada user, agar aplikasi dan website kita agar semakin optimal, terdapat beberapa platform yang ada seperti Amazon Web Services, Google Cloud Platform, Alibaba Cloud, namun manakah yang lebih baik diantara ketiganya?

Ketika membangun sebuah aplikasi atau website yang menunjang kinerja atau performa yang maksimal, dibutuhkan resource atau sumber daya yang reliable, secure dan dapat menghemat biaya.

Pilihan untuk menunjang hal tersebut dapat ditangani oleh platform dimana kita dapat menyesuaikan sesuai dengan kinerja dan kebutuhan aplikasi dan website itu sendiri.

Dari banyaknya perusahaan yang menawarkan layanan kepada kita, kita perlu menentukan terlebih dahulu terlebih dari masalah harga, pelayanan, fitur dan lainnya, kita bahas apa saja nilai atau point yang bisa tentukan sebelum kita mengunakan layanan tersebut.

 

 

AWS, Google Cloud Platform, Alibaba Cloud, mana yang lebih baik

 

1. Google Cloud Platform

Google Cloud Platform (GCP) merupakan layanan dari Google yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan aplikasi kita dari server, storage, database, cache, api, library, machine learning dan lainnya.

Pertimbangan harga selalu menjadi pedoman, sebelum mengunakannya, Google memberikan kita free trial atau percobaan gratis yang bisa kita coba selama 12 bulan, sebelum memutuskan melanjutkannya atau tidak.

Percobaan gratis tersebut mengunakan skema kredit sebanyak $300 dalam jangka waktu 12 bulan dari semenjak mendaftarkan akun pertama kali. Dalam percobaan gratis ini, layanan yang bisa kamu gunakan diantaranya Compute Engine  sama seperti Amazon AWS sebesar $30/bulan untuk spek 1 CPU, 4GB Ram, 10GB Storage selama 10 bulan.

Kekurangan dari GCP adalah minimnya acara-acara seperti webminar atau web tutorial secara live kepada penguna terkait dengan layanan GCP ini, untuk memahami GCP ini lebih mendalam, kalian harus belajar sendiri dengan searching di Google atau Youtube istilahnya belajar otodidak. Untuk event-event tertentu, GCP akan mengirimkan email kepada user terkait event yang akan diselenggarakan oleh Google Cloud Platform.

Google Cloud Platform memiliki pilihan region cukup merata (eengan 10 Region) dan paling terdekat dengan kita adalah singapore (Southeast Asia). Ketika melakukan instance baru, kalian dapat melakukan penyesuaian dengan kebutuhan.

Sedangkan dari sisi dashboard, layanan ini memberikan informasi cukup lengkap dan menarik. Menampilkan informasi dalam pengunaan resource pada masing-masing layanannya dan cukup mudah dimengerti. Menghadirkan sisi UI yang baik sehingga user tidak kebingungan dalam mengunakan layanan GCP ini.

 

AWS, Google Cloud Platform, Alibaba Cloud, mana yang lebih baik

 

2. Amazon Web Services (AWS)

Amazon Web Services atau sering kita dengar AWS merupakan platform yang menawarkan Compute Engine, Database, CDN dan kebutuhan lainnya untuk bisnis dengan performa yang baik dan tentunya aman.

Amazon Web Services menyediakan percobaan gratis selama 1 tahun, selama percobaan tidak semua fitur AWS bisa kalian gunakan, semua fitur akan terbuka ketika kalian membayar layanan AWS secara penuh, selama percobaan mengunakan AWS ini, sudah cukup mumpuni untuk menghandle aplikasi dan website kalian.

Dari sisi pelayanan, Amazon Web Services memberikan layanan yang cukup baik, user dapat menghubungi melalui telepon, Customer Service dan AWS juga banyak menyelenggarakan event-event seperti webminar, web tutorial terkait dengan layanan mereka, sehingga kita dapat mudah mengerti lebih dalam layanan AWS ini.

AWS memiliki region server cukup banyak diantara layanan lainnya sekitar (14 Region), sebagai contoh region terdekat dengan kita adalah Singapura.

Kita dapat menentukan beban pengunaan yang akan kita gunakan yaitu seri T2, medium dan high performance. Kalian dapat memilih paket yang kalian inginkan yang tentunya sesuai dengan kebutuhan aplikasi dan website kalian. Keunggulan lainnya dari AWS adalah storage yang menyediakan elastic storage pada semua layanannya.

Kekurangan dari Amazon Web Services adalah dari sisi Dashboard yang hanya menyediakan daftar instance dan informasi saja. Dari segi UI, Dashboard AWS terlihat biasa saja dan bisa dibilang tidak mengikuti UI modern, untuk melompat dari layanan satu ke layanan lainnya sedikit lebih sulit karena dashboard AWS disusun berdasarkan per-layanan.

 

AWS, Google Cloud Platform, Alibaba Cloud, mana yang lebih baik

 

3. Alibaba Cloud

Layanan Alibaba Cloud merupakan layanan cloud yang disediakan oleh platform Alibaba untuk menangani berbagai instance. Alibaba Cloud memiliki keunggulan dari server virtual yang membuat lebih compatible dari sistem yang ada.

Dari segi harga, biaya perbulannya hanya $20 tentunya dengan kebutuhan yang kita pakai. Alibaba Cloud menyediakan instance berbasis linux. Dari segi storage, layanan dari Alibaba Cloud ini cukup variatif.

Alibaba Cloud memiliki fitur Price Calculator dimana dengan tools ini, kalian dapat memilih layanan Alibaba Cloud berdasarkan wilayah setiap negara. Jenis instance pun dapat dipilih sesuka hati, sistem operasi yang lengkap dari Windows Server, Alibaba Cloud Linux, Debian, CentOS, Ubuntu, SUSE Linux, OpenSUSE, OpenOS, FreeBSD.

Dalam pelayanannya, Alibaba Cloud menawarkan layanan yang serupa dengan platform lainnya dan menawarkan free trial pada produknya termasuk Database Gateway, Global Traffic Manager, Cloud Firewall, Elastic Compute Service dan masih banyak lagi.

Alibaba Cloud memiliki dashboard yang cukup informatif dan mudah digunakan, untuk berpindah ke layanan satu ke layanan lainnya cukup mudah dan tidak sulit.

Kekurangan dari platform ini adalah region server yang ditawarkan dinilai lebih sempit dibandingkan layanan lainnya, karena hanya menyediakan region diwilayah Asia dan beberapa bagian di Amerika Serikat.

 

Kesimpulan

Sebelum mengunakan layanan cloud untuk website atau aplikasi kita, kita harus memahami dahulu layanan dan kebutuhan yang cocok untuk kita.
karena layanan cloud ini bisa dibilang layanan yang digunakan untuk waktu yang jangka panjang, dari sisi pebandingan harga dan fitur menjadi sebuah tolak ukur dalam menentukan mana yang akan kita ambil.

Share