Apa Itu SEO, Cara Kerja, Jenis Dan Tips Menggunakan SEO

Website yang memiliki SEO yang baik maka berpeluang besar untuk masuk ke peringkat 1 halaman Goog...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
11 menit baca
Dilihat
2.5K
Posting
03 Jul 2022
Apa Itu SEO, Cara Kerja, Jenis Dan Tips Menggunakan SEO Website yang memiliki SEO yang baik maka berpeluang besar untuk masuk ke peringkat 1 halaman Google, apa itu SEO, manfaat SEO dan cara kerja SEO itu ? Apa Itu SEO, Cara Kerja, Jenis Dan Tips Menggunakan SEO
2022-11-25

SEO... sebuah istilah dalam dunia website untuk mencapai peringkat dalam mesin pencari. Banyak orang berlomba-lomba untuk saling mengoptimasi websitenya agar dapat masuk kedalam satu pencarian Google.

Lalu apa yang dimaksud dengan SEO itu, apa manfaat dan bagaimana cara menggunakannya. Disini kita akan membahas pengertian dari SEO, berbagai tips yang bisa digunakan kedalam situs dan membedah cara kerjanya. Bagi seseorang yang baru memulai membangun website atau website bisnis ada kalanya bingung bagaimana caranya untuk mengoptimalkan SEO itu sendiri.

Sebelum masuk ke topik yang lebih dalam, kita berkenalan dulu apa itu SEO.

 

 

Apa itu SEO Search Engine Optimization

 

1. Apa itu pengertian SEO?

SEO atau Search Engine Optimalization adalah sebuah metode dalam website untuk mencapai tingkat tertinggi dalam mesin pencarian maupun Google, Bing atau Yahoo, selain trafik organic yang berpengaruh dalam kualitas sebuah website, banyak faktor lainnya yang saling mempengaruhi.

Metode ini akan membantu pemilik untuk menargetkan sesuai dengan tujuan dalam membangun sebuah website. Untuk mencapai hal itu algoritma mesin pencari perlu untuk memahami apa isi konten dari situs tersebut, oleh karena itu SEO sangatlah diperlukan.

Algoritma mesin pencari terus diupdate setiap saatnya karena informasi yang terus berkembang, karena untuk menghasilkan hasil yang relevan dengan tepat untuk user ketika memasukan keyword tertentu, kamu harus mengarahkan keyword yang tepat pada website kamu untuk memenuhi hal tersebut.

 

2. Mengenal jenis traffic dalam SEO

Beberapa jenis traffic yang harus kamu tahu dengan fungsi yang berbeda:

  • Quality traffic

Sesuai dengan namanya, trafik yang berkualitas berpacu dalam nilai sebuah trafik yang memiliki pengunjung yang tinggi, jika situs merupakan situs bisnis maka kamu harus memiliki halaman dengan konten yang berkualitas dengan UI yang baik agar pengunjung betah dan nyaman.

Tingkat konversi dapat menjadikan acuan dalam trafik, pengunjung dapat memahami apa yang terdapat dan ditawarkan pada situs dan otomatis akan menghasilkan trafik yang tinggi sesuai target.

Sebagai contoh jika kamu menawarkan produk laptop, maka pengunjung yang datang ke website anda adalah pengunjung yang mencari laptop.

  • Quantity traffic

Salah satu trafik yang tidak kalah penting untuk meningkatkan SEO dan performa, kuantitas berpacu dalam besar kecilnya pengunjung yang masuk kedalam situs.

Jika website memiliki keyword yang bersifat informatif maka keyword yang dihasilkan harus relevan dengan apa yang dicari pengunjung.

Kamu bisa mengunakan tools dari Google seperti Google Analytics untuk menganalisa trafik yang masuk kedalam situs.

  • Organic traffic

Organic traffic sangat diinginkan oleh setiap pemilik property karena tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, dengan Traffic organic dapat menghasilkan lebih banyak pengunjung dan meningkatkan konversi.

Contoh Traffic organic jika seseorang mencari sesuatu dalam mesin pencari seperti Google, maka pengunjung akan mengklik apa saja yang dihasilkan dari mesin pencari dan pengunjung akan mengklik hal tersebut, itulah dimaksud dengan Traffic Organik.

 

Cara kerja SEO Search Engine Optimization

 

3. Bagaimana cara kerja SEO pada website?

SEO berfungsi mengoptimalkan website agar ditemukan oleh pengunjung dengan keyword tertentu, manfaatnya jika sudah teroptimasi oleh SEO, kemungkinan besar akan mendatangkan trafik yang organic dan memberikan informasi yang sesuai dengan keyword yang dicari penguna didalam SERP.

Untuk mendapatkan informasi dalam mesin pencari, mesin pencari perlu beberapa elemen untuk mendeteksi request dari user. Beberapa elemen mesin pencari untuk mencari request yaitu:

  • Crawling

Proses pertama yang mesin pencari lakukan adalah Crawling, dmana mesin pencari mengumpulkan informasi dari halaman ke halaman lainnya.

  • Indexing

Setelah melakukan Crawling, mesin pencari akan menyimpan informasi tersebut kedalam entry list.

  • Ranking

Tahap terakhir, mesin pencari akan menampilkan informasi secara berurutan dan mesin pencari akan memberi informasi yang relevan sesuai dengan keyword yang diketik didalam SERP.

  • Algoritma mesin pencari

Untuk mendapatkan kualitas dari sebuah mesin pencari, diperlukan aturan yang memfilter dari sumber-sumber yang terpercaya yang sering kita sebut Algoritma Pencarian, algoritma bertugas untuk meningkatkan kualitas dari kepuasan dari penguna, Algoritma mesin pencari terus mengupdate sesuai dengan perkembangan informasi yang ada.

Terkait dengan Algoritma mesin pencari ini, kita juga harus memahami framework dalam website secara teknis, dimana hal ini terkait dengan performa sendiri dan bagaimana impactnya terhadap mesin pencari.

Robots.txt, sitemap.xml sangat diperlukan oleh bot mesin pencari untuk memahami link konten lebih mendalam.

Load page website merupakan elemen yang penting yang harus dimiliki situs yang berkualitas, lalu kita mengauditnya dengan tools yang disediakan, seperti: Google Pagespeed Insight, Google Analytics, Tool Website Analyzer, dll.

 

Cara menerapkan SEO Search Engine Optimization

 

4. Bagaimana tips menerapkan SEO kedalam website

Setelah kita mengetahui apa itu SEO dan cara kerjanya, kamu juga harus paham bagaimana cara mengunakannya. SEO tidak bisa dilakukan sekali karena informasi dan algoritma yang terus berkembang hingga hasil yang optimal, ada 2 jenis SEO yang bisa dioptimasi:

  • Optimasi SEO On-page

Seo On-page merupakan optimasi konten seperti meta, alternative text, anchor text dll didalam halaman dimana melibatkan struktur dan penyesuaian element agar mesin pencari dapat memahami ketika mengcrawl halaman dengan mudah.

  • Lakukan keyword research

Keyword merupakan hal yang sangat penting dalam SEO sehingga dapat mendatangkan pengunjung dari informasi yang kamu berikan.

Ketika pengunjung mencari keyword tertentu di mesin pencari maka website anda akan muncul sesuai topik yang dicari, pastikan juga bahwa keyword didalam judul, konten, H1, H2 sesuai dan tertarget.

Research keyword dengan competitor kamu, sehingga konten yang kamu buat dapat menghasilkan konten yang lebih baik lagi dari competitor juga memberikan experience yang terbaik ketika user mengunjungi website dan pastikan juga isi konten tidak mengandung konten plagiat.

  • Perbaikan teknis halaman website

Perlu keahlian untuk melakukan hal ini, dimana itu berhubungan dengan framework front-end dalam website, salah satu yang bisa kita lakukan adalah melakukan audit dalam situs untuk mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki.

Pastikan sitemap.xml dan robots.txt berada di directory, juga cek apakah terdapat broken link/link yang rusak atau URL yang error, pastikan hal itu terupdate atau diganti. Selanjutnya cek apakah URL yang digunakan merupakan URL yang SEO friendly, seperti contoh:

https://contoh.com/konten-kamu

jika tidak, cari bantuan developer untuk membuat URL website kamu SEO friendly agar mesin pencari mudah menemukan halaman website kamu.

Selanjutnya hal yang penting adalah terdapat meta title, meta description, favicon, terdapat alt text pada gambar, heading yang baik serta navigasi yang tidak membingungkan dan pembuatan konten yang sesuai dengan target dengan keyword tertentu.

Dan juga minifikasi file-file CSS atau JS pada website sehingga menghasilkan performa lebih cepat.

  • Optimasi User Interface dan User Experience (UI dan UX)

Layani setiap pengunjung dengan tampilan yang ramah, enak dilihat serta kemudahan untuk mengunakan aplikasi, jika website kamu terdapat produk yang cukup banyak apakah memiliki fitur pencarian untuk mendapatkan produk yang sesuai.

Apakah produk-produk tersebut ditata secara teratur sesuai dengan kategori-kategori sehingga tidak membingungkan pengunjung. Tambahkan informasi dan gambar yang sesuai dengan produk tersebut yang relevan, pastikan gambar tidak memiliki ukuran yang besar karena ini sangat berpengaruh dalam performa website.

Atur layout agar terlihat menarik, agar pengunjung berlama-lama diwebsite anda. Apapun isi konten website kamu, berikan pengalaman dan interaksi menarik untuk pengunjung, manjakan mereka.

  • SEO Offpage

Ada cara lain selain SEO Onpage yaitu SEO Offpage, SEO Offpage meliputi backlink dan Teknik promosi, dimana kamu melakukan promosi bahwa website layak untuk dikunjungi, beberapa element penting dalam Offpage meliputi:

Promosi

Ada beberapa cara untuk Teknik ini salah satunya menyertakan link website kedalam media sosial seperti facebook, Instagram dan lainnya, tujuan dari hal ini adalah memperluas cangkupan dalam mengetahui website kamu sudah layak untuk dikunjungi.

Sertakan gambar yang sesuai dengan link website kamu agar orang lain tertarik untuk mengunjunginya.

Teknik lain adalah melakukan promosi berbayar, dimana kamu membayar ke pihak ketiga untuk mengunakan iklan dalam mempromosikan website kamu agar mendapatkan engagement.

Engagement yang tinggi akan menghasilkan pengunjung yang cukup besar, pastikan sebelum mengunakan jasa pihak ketiga, lakukan dulu riset agar tertarget.

Backlink adalah cara lain pemilik website untuk meningkatkan pengunjung website, Teknik backlink merupakan Teknik menempatkan link website anda ke dalam situs website lain yang memiliki konten serupa.

 

SEO On-Page

 

5. Apa itu SEO On Page

Dan teknik lainnya yaitu white hat yang mengikuti aturan dari mesin pencari untuk mendapatkan hasil maksimal, namun tidak selamanya teknik white hat ini sesuai dengan diharapkan, banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya banyak pemilik bisnis yang mengunakan strategi yang serupa, kompetisi yang tinggi terkadang tidak membuahkan hasil sesuai dengan target.

Oleh karena itu, kita akan membahas beberapa teknik SEO yang bisa kalian terapkan untuk memahami elemen apa saja yang berpengaruh besar dalam SEO sesuai dengan aturan Google dan akan berdampak baik pada situs khususnya optimasi pada SEO on page.

1. Apa tujuan dari SEO On Page

SEO on page berfokus pada teknik dan strategi yang mengoptimasi pada website atau blog itu sendiri yang bertujuan untuk mendapatkan peringkat terbaik, menghasilkan website user friendly dan mudah digunakan oleh user. 

Untuk membuat sebuah website tidaklah mudah apalagi website user friendly, ada desain web yang sebenarnya tidak kalian ketahui bahwa situs tersebut tidak user friendly, karena keterbatasan pengetahuan dan informasi website yang diharapkan sudah memenuhi aturan Google malah tidak optimal dan tidak sesuai harapan dengan user friendly tadi dan kebingungan apa yang sebenarnya terjadi.

SEO off page berfokus pada optimasi website diluar konteks website kalian, seperti marketing, paid promoting, dan lainnya.

2. Apa saja elemen penting SEO On Page

Beberapa elemen penting dalam SEO on page diantaranya keyword, Meta, Tag Heading, Atribute, Image Alternatif dan konten, kalian wajib mengoptimalkan elemen ini jika website kalian ingin mendapatkan ranking terbaik.

1. Keyword

Keyword merupakan kata kunci yang diinputkan user kedalam kolom search mesin pencari yang akan menampilkan situs didalam hasil pencariannya. keyword dengan search volume yang tinggi akan mempermudah mesin pencari untuk menampilkan konten yang terkait.

Dengan optimasi keyword pada website atau blog, keyword tersebut dapat tertarget kedalam mesin pencari yang bertujuan untuk mempermudah user untuk mencari konten yang terkait dengan keyword yang dioptimasi didalam website dan tentu akan mudah ditemukan dalam mesin pencari.

Keyword harus digunakan didalam website berkali-kali disetiap halaman website, untuk menargetkan dengan keyword tertentu yang dapat dengan mudah dibaca oleh bot mesin pencari dan meningkatkan trafik pengunjung dan menunjukan isi konten dengan jelas dan tepat. Namun penggunaan keyword harus secara bijak dan tidak berlebihan, karena bot akan menganggapnya sebagai spam.

2. Meta, Tag Heading, Atribute, Image Alternatif

Meta title dan description berfungsi untuk menampilkan konten teks kedalam SERP (Search Engine Results Page). Meta title berfungsi untuk menampilkan judul dan meta description dalam menentukan deskripsi pada halaman website.

Dengan menyisipkan keyword tertarget pada meta title dan deskripsi, akan berpengaruh besar pada trafik pengunjung dan mempermudah user ketika mencari sesuatu di mesin pencari. Ketika kalian mencari sesuatu di Google pasti yang akan ditampilkan adalah judul dan deskripsinya kan? nah itulah yang bisa kalian optimasi dengan keyword yang relevan dengan isi konten.

Hal ini juga dapat kalian optimasikan kedalam tag lainnya seperti H1, H2, H3, Meta Title, Meta Description, atribut title, image alternatif, navigasi dan lainnya. 

3. Konten

Konten merupakan elemen penting dalam SEO karena mengandung infomasi yang menarik untuk mendatangkan pengunjung, ini bisa mengenai jasa atau produk, atau apapun yang terdapat pada halaman situs itu sendiri. Dengan mengunakan konten yang informatif, rinci dan deskriptif, pengunjung akan jauh lebih mengerti tentang isi dalam website.

Membuat konten yang teroptimasi SEO, perlu diperhatikan isi dan panjang dari katanya, konten yang terdapat dalam suatu halaman website minimal antara 300 - 500 kata, untuk lebih maksimal bisa melebihi dari 500 kata.

Namun perlu diperhatikan, tidak hanya mengandalkan panjang dari kontennya saja, namun isi dan kualitas yang ditampilkan, karena dengan konten yang berkualitas dan informatif, pengunjung akan lebih tertarik, berpeluang besar untuk menarik lebih banyak lagi visitor dan akan mendapatkan insight positif dari Google tentang website itu sendiri.

Memang tidak instan untuk memperoleh pengunjung yang banyak, namun dengan mengoptimasi metode ini website dapat mempercepat akselerasi dan mempersingkat waktu untuk mendapatkan ranking terbaik dalam mesin pencari dibandingkan tidak dioptimasi sama sekali.

 

Manfaat SEO Search Engine Optimization

 

6. Apa manfaat SEO bagi website?

Manfaat jika website kamu telah teroptimasi SEO diantaranya:

  • Meningkatkan traffic

Dengan adanya SEO, situs dapat meningkatan Traffic secara organic, ketika bisa memaksimalkan SEO ini, kamu tidak perlu biaya tambahan untuk mempromosikan situs melalui pihak ketiga, sehingga website dapat ditemukan dengan keyword tertentu di SERP.

Website dapat menjangkau cangkupan lebih luas ketika penguna mencari keyword tertentu dimesin pencari. Dengan menerapkan langkah yang sudah kita bahas tadi, kemungkinan lebih besar hal ini dapat terjadi dalam website kamu.

  • Meningkatkan konversi dalam bisnis

SEO mempermudah nilai konversi dan pengunjung secara organic lebih mudah dikonversi menjadi pelanggan kedalam aplikasi, jika situs merupakan bisnis atau jasa, besar kemungkinan pengunjung untuk membeli produk atau jasa kamu.

  • Meningkatkan brand awareness

Salah satu cara meningkatkan brand adalah mengoptimasi SEO, karena hampir semua user sebelum membeli sebuah produk atau jasa, user akan meriset secara online sesuai dengan produk dan jasa yang akan dibeli.

Semakin baik SEO dalam sebuah website, maka semakin banyak orang yang akan mengetahui website anda dan secara otomatis brand kamu akan meningkat dengan memanfaatkan SEO ini.

Kesimpulan

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara terbaik untuk mendapatkan peringkat satu dalam mesin pencari dan meningkatkan kualitas website kamu, dengan cara dan jenis SEO yang berikan semoga website kamu menjadi website yang selalu berkualitas dan bersaing dengan competitor lain, buatlah konten yang original dan mengikuti Algoritma setiap saatnya.

Share