Apa itu SaaS? Mengenal Software Berbasis Cloud Yang Populer

SaaS atau Software as a Service banyak digunakan atau bahkan digunakan oleh masyarakat umum, misa...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
219
Posting
17 Oct 2022
Apa itu SaaS? Mengenal Software Berbasis Cloud Yang Populer SaaS atau Software as a Service banyak digunakan atau bahkan digunakan oleh masyarakat umum, misalnya penggunaan Google Mail, Google Docs yang dimana kamu dapat mengakses aplikasi tersebut tanpa harus melakukan instalasi kedalam komputer. Apa itu SaaS? Mengenal Software Berbasis Cloud Yang Populer
2022-11-25

Jika kamu mungkin terdengar asing dengan SaaS, terutama orang awam atau pemula, kamu wajib mengetahui hal ini karena dengan mengetahui istilah ini lebih dalam, kamu bisa memperluas pengetahuan dalam dunia digital. SaaS atau Software as a Service banyak digunakan atau bahkan digunakan oleh masyarakat umum, misalnya penggunaan Google Mail, Google Docs yang dimana kamu dapat mengakses aplikasi tersebut tanpa harus melakukan instalasi kedalam komputer.

Dalam dunia bisnis, SaaS diklaim mampu untuk memberikan layanan terbaik kepada user karena selain meminimalisir biaya maintenance, juga dapat mengembangkan aplikasinya agar semakin besar.

 

Apa itu SaaS? Mengenal Software Berbasis Cloud Yang Populer

 

 

1. Apa itu SaaS ?

SaaS atau Software as a Service merupakan layanan berbasis cloud yang menawarkan software secara online kepada user agar dapat diakses dengan mudah. SaaS juga seringkali disebut dalam beberapa istilah seperti hosted software, on demang software, web based software.

Untuk menggunakan SaaS ini, yang perlu anda siapkan hanyalah koneksi internet, artinya jika kamu tidak memiliki internet maka kamu tidak dapat mengaksesnya karena pada dasarnya, SaaS merupakan layanan cloud berbasis online dengan beberapa authentication yang dibutuhkan seperti username atau password agar dapat menggunakan layanan SaaS tersebut.

SaaS memberikan solusi kepada perusahaan, individual untuk menyelesaikan masalah mereka tanpa repot-repot untuk memikirkannya, misalnya mungkin kamu membutuhkan software untuk mengelola email, dengan kata lain perusahaan kamu tidak perlu membuat software tersebut dari 0 selain membutuhkan waktu dan juga pastinya membutuhkan biaya yang sangat besar, kamu bisa menggunakan layanan SaaS untuk menghandle hal tersebut.

Pengguna layanan SaaS tidak akan repot untuk memikirkan tentang penyimpanan data, lisensi, server dll sehingga pengguna dengan efisien dapat mengembangkannya dengan cepat karena dapat digunakan langsung hanya melalui internet tanpa harus menginstall aplikasi tersebut.

 

2. Perbedaan SaaS dengan layanan lain

Untuk mengetahui hal ini, kamu perlu tahu beberapa karakteristik dari SaaS itu sendiri dengan layanan lainnya seperti:

1. Sistem penyimpanan cloud

Penyedia layanan SaaS akan memberikan solusi kepada pengguna soal penyimpanan data, karena dengan dapat mengakses data secara cloud, pengguna dapat mengaksesnya secara flexibel, data tersebut dapat diakses dalam perangkat apapun dan juga meminimalisir hilangnya data.

2. Layanan berbasis internet

Secara fundamental, SaaS diciptakan untuk memberikan layanan kepada pengguna secara online, karena SaaS sangat bergantung kepada infrastuktur cloud sehingga pengguna dapat mengaksesnya secara internet based.

3. Terstruktur

Penyedia SaaS sudah memikirkan infrastuktur secara matang dan terstruktur agar pengguna bisa mengaksesnya dengan mudah tanpa harus memikirkan hardware atau installasi manual.

 

3. Apa kelebihan dan kekurangan SaaS?

Sama seperti layanan lainnya, SaaS juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan, kita mulai dari kelebihannya terlebih dahulu.

1.  Sangat menghemat waktu

Dengan menggunakan layanan SaaS, kamu tidak perlu memikirkan pengelolaan server, hardware, maintenance untuk mendapatkan layanan yang dibutuhkan, semua ditangani oleh penyedia atau vendor.

2. Menghemat biaya

SaaS sangat memberikan solusi, karena pengguna tidak perlu memikirkan biaya operasional, pengguna hanya membayar layanan yang ditawarkan oleh penyedia dalam kurun waktu tertentu seperti per bulan atau per tahun. Hal tersebut sangat menghemat biaya karena pengguna tidak perlu membeli lisensi, membayar perawatan server dll yang tentu memerlukan biaya yang besar.

3. Storage data yang sudah disiapkan oleh penyedia

Pengguna tidak perlu memikirkan bagaimana data simpan, karena dengan layanan SaaS, semua tanggung jawab penyimpanan data sudah ditanggung oleh penyedia layanan atau vendor.

4. Data yang disajikan berupa real-time

SaaS akan memberikan data berupa realtime yang memudahkan pengguna untuk menganalisa data, hal tersebut akan memudahkan pengguna atau perusahaan dalam melakukan perencanaan bisnis mereka secara cepat.

5. Dapat diakses dimana saja

Selama ada internet, pengguna dapat menggunakan layanan SaaS dengan flexibel, terlepas apakah pengguna menggunakan windows, linux, Mac, Android atau iOS layanan SaaS masih tetap bisa diakses karena hanya memerlukan browser internet saja.

Lalu apa kekurangan dari SaaS itu sendiri? mari kita simak.

1. Keamanan data

Dalam memilih layanan SaaS, anda perlu memerhatikan keamanan data, dalam dunia digital atau internet semua bisa saja terjadi, oleh karena itu data merupakan bagian krusial yang harus diperhatikan. Hal tersebut tentu menimbulkan kecemasan kepada perusahaan. Database pengguna yang tersimpan didalam server vendor dapat diakses selama pengguna memiliki username dan password, bila keamanannya rendah tentu sangat beresiko untuk terjadi kebocoran data, oleh karena itu pilih penyedia SaaS yang terpercaya.

2. Sangat bergantung kepada internet

SaaS sangat bergantung kepada internet, oleh karena itu jika pengguna memiliki koneksi internet yang buruk, maka pengguna akan kesulitan untuk mengaksesnya.

3. Fitur yang terbatas

SaaS merupakan aplikasi cloud siap pakai dengan berbagai fitur didalamnya, pengguna tidak bisa merubah aplikasi secara bebas, keterbatasan fitur mungkin bisa menjadi penghalang bagi pengguna jika menginginkan fitur yang lebih.

 

4. Lalu apa perbedaan SaaS, PaaS dan IaaS?

SaaS sangat berbeda dengan jenis layanan lainnya seperti PaaS atau IaaS, dalam teknologi cloud terdapat 3 jenis layanan yang dapat digunakan oleh pengguna, lalu apa pengertian dari PaaS dan IaaS?

1. Pengertian PaaS

PaaS atau Platform as a service merupakan layanan cloud yang digunakan oleh pengguna untuk membuat aplikasi diatasnya artinya pengguna diberikan kebebasan untuk membangun aplikasi yang dibutuhkan, ketika menggunakan layanan PaaS, semua server, storage dll dikelola oleh pihak ketiga, pengguna hanya mengelola aplikasinya sendiri, contohnya seperti Microsoft Azure atau Google Cloud Platform.

PaaS memiliki ciri karakteristik tersendiri diantaranya:

  • Sumber daya dapat ditingkatkan atau direndahkan sesuai dengan perubahan yang ada.
  • Menyediakan layanan tambahan untuk membantu proses pengembangan dengan cepat.
  • Proses integrasi berbasis web atau database yang mumpuni.

2. Pengertian IaaS

IaaS atau Infrastucture as a Service merupakan jenis layanan cloud yang menawarkan server fisik atau virtual server yang artinya pengguna tidak perlu membeli hardware tambahan, melakukan pemelihaaan rutin karena semua kebutuhan pengguna sudah disediakan oleh vendor. Penyedia layanan IaaS akan memberikan resource seperti server, jaringan, storage atau data center. Contoh perusahaan yang menawarkan layanan IaaS seperti Cloudflare.

IaaS juga memiliki karakteristik tersendiri diantaranya:

  • Layanan yang disediakan sudah diberikan oleh vendor.
  • Biaya dapat disesuaikan dengan penggunaan resources.
  • Sangat flexibel
  • Memiliki kendali penuh atas semua infrastukturnya.


Kesimpulan

Dengan adanya teknologi SaaS ini, kita dapat dengan mudah untuk menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaan kita tanpa harus memikirkan bagaimana aplikasi tersebut dibuat, kita sebagai pengguna hanya menggunakannya saja yang sesuai dengan biaya yang ditawarkan oleh vendor. Layanan berbasis cloud seperti SaaS ini memang sedang populer-populernya, sehingga banyak perusahaan yang menawarkan layanan SaaS kepada masyarakat umum.

Share