Pengertian Dari RSS Feed

RSS Feed ini sangat dibutuhkan oleh website blog untuk menghubungkan konten kedalam platform lain...
Penulis
Admin
Kategori
Teknologi Web
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
976
Posting
14 Jul 2022
Pengertian Dari RSS Feed RSS Feed ini sangat dibutuhkan oleh website blog untuk menghubungkan konten kedalam platform lain tanpa harus melisting satu persatu konten informasi terbaru. RSS Feed merupakan teknologi untuk mendistribusikan konten, headline atau informasi ke banyak orang dan mengatur konten apa saja yang akan diberikan kepada platform lain agar mudah dibaca secara realtime Pengertian Dari RSS Feed
2022-11-25

Ketika membuat sebuah blog, konten merupakan komponen yang paling penting untuk menyebar luaskan kepada orang lain. Mungkin bagi kalian yang sudah terjun dalam dunia blog, sudah tidak asing lagi dengan teknologi ini. RSS Feed biasanya dibutuhkan oleh website blog dalam menghubungkan beberapa konten mereka kedalam website lain untuk menerima update atau informasi terbaru. Dengan kata lain, teknologi ini secara realtime mengumpulkan berbagai informasi didalam website. Jika kalian akan berkecimpung dalam dunia blog atau membuat website sendiri untuk blogging, mungkin artikel ini akan berguna untuk kalian.

 

Penjelasan RSS Feed Dan Manfaatnya Untuk Website Atau Blog

RSS Logo

 

 

1. Sejarah tentang RSS Feed

Teknologi ini pertama kali dibuat oleh Netscape ketika membuat RDF (Resources Description Framework) Site Summary pada website konten portal mereka yaitu my.netscape yang dikenal dengan RSS 0.9. Seiring berjalannya waktu, RDF Site Summary melakukan perubahan dalam teknologinya dan berubah nama menjadi Rich Site Summary.

Perang browser kala itu membuat Netscape menghentikan proyek RSS pada Netscape dan diambil alih oleh AOL yang menawarkan konsep baru dengan CDF (Channel Definition Format) untuk metadata website yang jauh lebih kaya informasi.

Akhirnya pada tahun 2000 hingga 2002, Dave winer mengembangkan ulang teknologi RSS ini dengan versi RSS 0.91 hingga RSS versi 2.0 dengan mengubah nama menjadi Really Simple Syndication yang digunakan hingga saat ini.

 

Apa itu RSS Feed

 

2. Apa itu RSS Feed

RSS Feed merupakan teknologi yang digunakan untuk mendistribusikan konten atau headline kepada publik dan mengatur konten apa saja yang akan diberikan agar mudah dibaca secara realtime. RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication yang memberikan solusi tanpa harus membookmark sebuah website secara manual untuk mendapatkan informasi terbaru dari sebuah website atau blog.

Teknologi ini membantu website untuk tetap memelihara komunikasi dengan penguna website agar terus terhubung agar mendapat notifikasi ketika terdapat konten terbaru. Dan biasanya digunakan kedalam website blog yang terus update secara berkala, juga membutuhkan sebuah alat tambahan yaitu RSS Reader untuk membaca semua konten.

Analogi sederhana bagaimana mengambarkan kedua teknologi ini bekerja adalah kotak surat pada setiap rumah. Dulu ketika berlangganan koran atau surat kabar, diperlukan kotak surat untuk mendapatkan koran atau surat kabar terbaru setiap harinya, tentu saja untuk mendistribusikan koran ke setiap rumah-rumah memerlukan biaya dan waktu, dengan kedua teknologi ini, semua masalah tersebut bisa teratasi dengan cepat dan terukur. Website atau blog hanya memerlukan sebuah alat untuk mendistribusikan semua kontennya dengan bantuan RSS Feed, kemudian dibaca dengan bantuan alat yaitu RSS Reader. Hal ini akan mempercepat proses pendistribusian konten kepada pelanggan.

Mengelola konten dalam internet memang tidak mudah dan kompleks, isi dari konten tidak hanya berbentuk tulisan saja, biasanya terdapat gambar maupun video yang memerlukan kompabilitas yang cocok kedalam semua feed pelanggan. Namun teknologi ini akan jauh lebih mudah untuk dibaca ketika mendapatkan notifikasi terbaru.

RSS Feed memang ditujukan untuk mempermudah pelanggan untuk melihat semua konten yang ada dan merupakan cara terbaik untuk terus memastikan semua konten yang ditawarkan tetap terjaga dan mendistribusikan konten dengan lancar dengan mengelompokkan konten kedalam kategori tertentu, tanpa harus melihatnya dalam platform sosial media seperti Facebook atau Twitter.

Tentu akan berguna ketika pengguna sedang tidak aktif didalam sosial media, dan dapat melihat konten website atau blog secara portable.

 

3. Bagaimana cara kerja RSS Feed itu

Untuk mendistribusikan konten kepada pengguna, diperlukan dokumen khusus dengan format XML untuk menentukan konten apa saja yang akan ditampilkan kedalam meta data seperti judul, deskripsi, kategori serta link pada setiap postingannya dan merupakan format standar yang harus dipenuhi.

Dokumen dengan format XML ini akan dibaca oleh RSS Reader untuk mengumpulkan konten serta mengatur semua informasi yang berada didalamnya, contoh implementasi dokumen XML yang digunakan:

<?xml version="1.0" encoding="UTF-8"?>
<rss version="2.0" xmlns:content="http://purl.org/rss/1.0/modules/content/" xmlns:dc="http://purl.org/dc/elements/1.1/" xmlns:atom="http://www.w3.org/2005/Atom" xmlns:sy="http://purl.org/rss/1.0/modules/syndication/">
<channel>
   <title>Catatanweb.com</title>
  <atom:link href="https://www.catatanweb.com/feed" rel="self" type="application/rss+xml" />
  <link>https://www.catatanweb.com/</link>
  <description>Platform berbagi artikel teknologi, website, tutorial dan bisnis</description>
  <lastBuildDate>Fri, 12 Dec 2021 09:48:19 +0000</lastBuildDate>
  <sy:updatePeriod>hourly</sy:updatePeriod>
  <sy:updateFrequency>1</sy:updateFrequency>
</channel>
</rss>

 

4. Cara membuat RSS Feed dalam website atau blog

Untuk membuatnya dalam CMS Wordpress, mungkin sudah disediakan plugin khusus untuk mengenerate seluruh url, judul, deskripsi maupun lainnya kedalam format dokumen XML. Dengan bantuan tersebut, kalian tidak perlu repot untuk mengaturnya satu persatu.

Namun jika website menggunakan framework atau native, ini memang dibutuhkan keahlian programming untuk membuat script khusus, tujuannya adalah untuk mengambil seluruh meta data seperti url, judul, deskripsi maupun kategori didalam website kalian yang nantinya akan digenerate menjadi dokumen XML secara realtime.

 

Apa itu RSS Reader

makeuseof.com

 

5. Apa itu RSS Reader dan mengapa dibutuhkan

RSS Reader merupakan platform yang berbasis situs atau website yang bertujuan untuk menerjemahkan feed untuk menjadi konten yang dapat terbaca. Beberapa situs atau website yang bisa digunakan untuk membaca dari  teknologi ini diantaranya feedburner, innoreader atau feedly.

Mungkin yang paling populer adalah feedly, karena sudah mendukung berbagai platform seperti add-on browser maupun mobile phone. Tidak hanya feedly, seluruh platform RSS Reader ini akan menghubungkan feed kedalam reader dengan hanya memasukan url feed blog atau website dengan mengklik berlangganan atau follow untuk terus memantau update konten terbaru dari website favorit.

 

6. Manfaat RSS Feed pada website atau blog

Dengan mengunakan teknologi ini, blog atau website dapat membangun artikel atau blog yang terbaru untuk memberikan engagement yang baik kepada pengguna. Misal jika ada seseorang menyukai blog kalian, pelanggan website tidak harus mem-bookmark satu persatu halaman dan mengecek secara manual ketika memposting sebuah artikel. Teknologi ini sangat bermanfaat untuk blog atau website yang terus memposting sebuah artikel setiap harinya yang dapat dinikmati oleh pelanggan secara berkala. Berikut adalah manfaat lainnya:

  • Pemilik website dapat mempererat hubungan dengan pengguna

Pelanggan dapat mendaftar feed untuk mendapatkan informasi atau artikel terbaru dari sebuah blog atau website.

  • Mudah disebar-luaskan

Semua konten artikel sangat mudah disebarluaskan dalam internet.

  • Mendistribusikan konten dengan mudah

Segala konten terbaru atau terupdate akan mudah dibaca dengan menggunakan RSS Reader untuk pengguna.

  • Menghasilkan traffic tinggi

Teknologi ini terbukti dapat menghasilkan traffic yang tinggi karena konten yang berada didalam blog mudah untuk disebarluaskan.

  • Dapat melacak kebiasaan pengguna

Dapat melacak bagaimana kebiasaan pengguna ketika mengklik konten kalian dan seberapa sering membacanya.

  • Lebih efektif daripada menggunakan email

Semua konten artikel pasti terjamin akan sampai ke pengguna, berbeda dengan menggunakan email marketing yang kadang menimbulkan kendala, sehingga konten artikel kalian tidak 100% sampai ke pengguna.

 

Kesimpulan

RSS Feed maupun RSS Reader sangat membantu kalian dalam memanage dan menghubungkan dengan pengguna dengan website atau blog kalian secara real-time. Teknologi ini cukup memberi efek positif kepada pemilik website untuk terus mendistribusikan semua konten didalam blog atau websitenya kepada orang lain dengan cara yang cukup simple dan mudah.

Dan juga dapat membaca konten secara cepat, dimana pengguna tidak perlu untuk mengingat semua url didalam blog atau website. Tidak ada salahnya untuk menerapkan teknologi ini kedalam blog atau website segera, teknologi ini cukup memberikan dampak yang baik tidak hanya untuk pengguna tapi juga blog atau website dalam mesin pencari seperti Google.

Share