Metaverse: Penjelasan Dan Dampaknya Dalam Dunia Digital

Metaverse ini digadang-gadang akan menjadi dunia nyata versi digital atau online, beberapa elemen...
Penulis
Admin
Kategori
Teknologi Web
Estimasi
2 menit baca
Dilihat
1.0K
Posting
04 Aug 2022
Metaverse: Penjelasan Dan Dampaknya Dalam Dunia Digital Metaverse ini digadang-gadang akan menjadi dunia nyata versi digital atau online, beberapa elemen teknologi seperti Virtual Reality, Augmented Reality, Teknologi 3D atau Cryptocurrency sangat berperan dalam Metaverse. Metaverse: Penjelasan Dan Dampaknya Dalam Dunia Digital
2022-11-25

Beberapa bulan yang lalu, dihebohkan dengan perusahaan besar Facebook telah menganti nama perusahaannya menjadi Meta Platforms Inc atau Metaverse, diikuti dengan perusahaan besar lainnya seperti Microsoft, Nvidia dan lainnya yang juga mengembangkan Metaverse ini. Lalu apa itu metaverse? sepertinya metaverse ini sangat penting di masa depan.

Gagasan ini belum sepenuhnya bisa dijelaskan, namun nampaknya CEO Facebook Mark Zuckerberg sangat ambisius dengan hal ini. Langkah ini menunjukan bahwa CEO facebook tersebut menginginkan Metaverse terwujud di masa depan.

Metaverse ini disinyalir akan menjadikan dunia nyata dengan versi digital, beberapa elemen seperti Teknologi 3D, Virtual Reality, Augmented Reality, bahkan Cryptocurrency disini akan sangat berperan dalam Metaverse.

 

 

1. Apa itu Metaverse?

Istilah Metaverse diciptakan oleh Neal Stephenson pada novelnya Snow Crash pada tahun 1992, dimana menjelaskan tentang dunia 3D yang dihuni oleh manusia sungguhan. Novel ini sungguh mengambarkan tentang bagaimana Metaverse itu bekerja.

Dikutip dari situs resmi Facebook, Metaverse merupakan suatu terobosan dalam berkomunikasi secara digital atau online, dimana orang dapat melakukan sesuatu yang berbeda yang tidak didapatkan dari website 2D. Dengan mengabungkan beberapa elemen seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), teknologi 3D, AI atau Cryptocurrency yang menjadikan internet lebih nyata.

 

Apa Itu Metaverse, Penjelasan, Cara Kerja Dan Dampaknya

 

Dengan kata lain, Metaverse bisa dikatakan sebuah simulasi dunia nyata yang diimplementasikan kedalam internet. Metaverse ini mungkin digagas atau lahir ketika dalam masa pandemi seperti ini, orang-orang tidak bebas melakukan sesuatu, akhirnya dengan platform digital, semua orang dapat bekerja secara online atau berkantor dengan kantor virtual.

Proyek Metaverse ini tidak hanya dilakukan oleh Facebook, perusahaan besar lainnya seperti Microsoft dan Nvidia melakukan project yang sama. Apa kelebihan dan kekurangan dari Metaverse ini?

 

Dampak metaverse bagi bisnis pendidikan keuangan dll

businessinsider.com

 

2. Bagaimana dampak, kelebihan dan kekurangan dari Metaverse

Beberapa aspek dalam kehidupan akan benar-benar berubah ketika Metaverse ini sudah benar-benar terjadi, entah itu dari aspek komunikasi, bisnis, keuangan, pendidikan dan lain sebagainya.

Metaverse akan merubah dari cara berkomunikasi antara manusia yang banyak dilakukan secara online atau digital, dimana manusia dapat merasakan sensasi fisik dan visual yang lebih real, pengabungan dari Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang menghadirkan orang dari jarak jauh dengan hanya melihatnya dengan gadget. Seperti ada kepuasan tersendiri ketika menggunakan Metaverse.

Lalu cara berbisnis yang berbeda dari biasanya. Ketika Metaverse ini terealisasi, sistem berjualan, cara perusahaan untuk mengiklankan produk akan sedikit berbeda dari biasanya. Pemilik bisnis dapat melakukan bisnis mereka dimana saja bahkan dirumah masing-masing. Contohnya seperti yang sudah kita rasakan sekarang, sebuah rapat penting atau besar dapat dilakukan dirumah saja dengan bantuan software Zoom.

Pengalaman Metaverse akan memberikan sebuah peningkatan kualitas dalam pengaplikasian dari aspek pendidikan yang lebih baik dan tidak terbatas. Lalu apa kekurangan dari Metaverse ini?

Dengan masifnya pengguna teknologi, tentu Metaverse ini sangat membutuhkan daya teknologi yang tinggi, apalagi pengaplikasian cara berkomunikasi manusia melalui digital secara real, hal tersebut membutuhkan sebuah hardware yang menghasilkan grafis yang sempurna.

Metaverse ini hanya bisa digunakan oleh orang yang mampu, mengingat penggunaan teknologi yang tinggi dan membutuhkan hardware dengan spesifikasi tinggi, membuat tidak semua orang dapat mengunakan Metaverse.

 

Kesimpulan

Metaverse ini mengambarkan manusia yang hidup dengan dunia digital dengan mengabungkan beberapa aspek Virtual Reality dan Augmented Reality yang menjadikan internet lebih nyata, dapat berkomunikasi satu sama lain dengan bantuan alat tertentu untuk merasakan sensasi real secara fisik. Bagaimana, apakah kalian sudah siap dengan Metaverse ini?

Share