Machine Learning: Manfaat Dan Cara Kerjanya

Machine Learning membuat model matematis dalam pola-pola data yang biasa disebut dataset. Sedangk...
Penulis
Admin
Kategori
Teknologi Web
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
899
Posting
20 Jul 2022
Machine Learning: Manfaat Dan Cara Kerjanya Machine Learning membuat model matematis dalam pola-pola data yang biasa disebut dataset. Sedangkan AI dapat melakukan tugas dengan kecerdasan tertentu. Machine Learning sangat berpengaruh dalam dunia industri. Sebagian besar dari industri telah bekerja dengan teknologi yang menggunakan Machine Learning. Tujuannya jelas, untuk membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan lebih cepat dengan data-data baru. Machine Learning: Manfaat Dan Cara Kerjanya
2022-11-25

Teknologi pada komputer terus berkembang pesat hingga saat ini, yang mana mesin komputer dapat melakukan sesuatu untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pada awal mula komputer ditemukan, mesin mendapat sejumlah perintah untuk melakukan sesuatu yang diinginkan manusia sesuai dengan ketentuan dan aturan. Akhirnya tahun 1822 silam, seorang matematikawan dan seorang pengagas komputer pertama Charles Babbage, menciptakan suatu mesin yang dapat menjalankan operasi aritmetika. Pengembangan metode ini terus berkembang dan menjadi sebuah komputer yang hingga kini kita pakai sehari-hari dalam bekerja atau membantu banyak hal. Pengembangan komputer akan selalu berkembang terutama pada kecerdasan buatan atau teknologi Machine Learning (ML) dan AI (Artificial Intelligence).

Ada perbedaan antara Machine Learning (ML) dengan Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence (AI) mengacu pada pemrograman komputer untuk mengambil keputusan yang rasional, sedangkan Machine Learning (ML) berfokus pada hubungan antara variabel data dengan pendekatan matematis. Machine Learning adalah model matematis yang dibentuk dalam suatu pola data, yang biasa disebut dataset. Sedangkan AI akan melakukan tugas yang dikerjakan dengan menggunakan kecerdasan buatan. Dimana kita perlu membuat agar mesin dapat bekerja sendiri berdasarkan pada pengalaman masa lalu manusia.

Metode ini cukup berpengaruh dalam dunia industri dan sebagian dari industri saat ini telah bekerja dengan menggunakan metode Machine Learning. Untuk apa industri menggunakan ini semua? menurut kami tujuannya sudah jelas yaitu membuat pekerjaan atau proses produksi menjadi lebih cepat.

 

Apa itu Machine Learning, Manfaat Dan Cara Kerjanya

 

 

1. Apa itu Machine Learning

Secara garis besar, Machine Learning merupakan suatu pengembangan sistem yang dapat bekerja tanpa bantuan manusia secara berulang. Mesin dapat membaca berbagai data, menganalisa data dan menentukan data.

Machine Learning adalah metode pendekatan pada jenis kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence (AI) dapat memprogram mesin untuk mengingat dan mengambil keputusan seperti kita manusia dan dapat mempelajari berbagai macam data melalui kecerdasan buatan (AI). Data tersebut adalah kode komputasi atau pemrograman logika.

Sebagai contoh pengunaan AI pada kamera yang mendeteksi wajah, bentuk wajah atau AI yang mendeteksi pengenalan wajah pada hewan, contohnya kamera AI yang dapat mengenali wajah kucing dan anjing.

Sedangkan Machine Learning berada pada lingkungan representasi data atau ilmu pengetahuan dalam bentuk matematis. Metode ini ibarat sebuah alat, bagaimana melakukan berbagai tugas untuk memecahkan suatu masalah dengan pendekatan dalam kecerdasan buatan (AI).

Metode ini mempelajari berbagai pokok dalam pengembangan sistem mesin dengan menggunakan data-data yang ada, data-data tersebut berdasarkan kebiasaan dan pengalaman manusia dimasa lalu.

 

Apa itu machine learning

blog.imarticus.org

 

2. Penggunaan Machine Learning dalam berbagai industri

Berbagai manfaat dan tujuan dari Machine Learning pada saat ini, sudah kita rasakan maupun dalam bidang industri atau bidang-bidang yang lain. Beberapa contoh implementasi dalam berbagai industri:

1. Kesehatan

Machine Learning membantu dalam berbagai metode di dunia kesehatan untuk menganalisa dan mengidentifikasi suatu penyakit dengan cepat seperti kanker atau penyakit jantung.

Metode ini dapat mengidentifikasi dengan cepat dibandingkan secara manual, tentu jika secara manual akan membutuhkan banyak tenaga untuk memproses data-data atau proses pemantauan.

2. Perbankan

Biasanya penggunaan Machine Learning dalam dunia perbankan dapat mengidentifikasi nasabah yang memenuhi syarat untuk dapat diberikan sejumlah kartu kredit atau pinjaman agar nantinya tidak cenderung gagal dalam melakukan pembayaran ke bank.

3. Perangkat

Teknologi yang semakin pesat dalam industri smartphone, sudah dapat mengekstrak berbagai informasi dengan menggunakan metode Machine Learning. Berbeda dengan jaman dulu, telepon genggam hanya bisa digunakan untuk keperluan tertentu seperti telepon atau SMS saja.

Saat ini, banyak smartphone flagship seperti iPhone atau Samsung sudah menerapkan metode ini dalam smartphone mereka, seperti pengenalan wajah dan scan wajah pada manusia.

4. Informasi

Machine Learning sangat umum digunakan oleh perusahaan besar seperti Google atau Microsoft. Sebagai contoh penggunaannya yaitu dalam mengelola informasi yang biasa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti penerjemah bahasa pada layanan Google Translate.

Berbagai informasi yang kita inputkan akan diolah oleh mesin untuk memberikan output yang kita inginkan. Hal ini tentu sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

 

3. Lalu bagaimana cara kerja Machine Learning itu?

Riset dan algoritma menentukan bagaimana Machine Learning bekerja. Pola ini dapat melakukan berbagai prediksi yang melibatkan berbagai proses struktural untuk membangun mesin lebih baik. Beberapa tahapan bagaimana Machine Learning itu bekerja adalah:

1. Mengumpulkan data

Beberapa data dikumpulkan dalam berbagai bentuk, bisa dengan Excel atau lainnya. Langkah ini bertujuan untuk memvalidasi data, mentraining data atau pembelajaran mesin agar relevan.

2. Analisa data

Analisa data diperlukan untuk menentukan kualitas data yang akan digunakan oleh mesin. Data-data ini perlu untuk dievaluasi dan diperbaiki jika terdapat masalah.

3. Pemodelan data

Membangun pemodelan data dengan melibatkan algoritma dan representasi yang tepat bertujuan untuk mencapai fitur yang sesuai dengan Machine Learning.

Pengujian model data dapat dilakukan ketika validasi data sudah baik untuk mendapatkan input, proses dan output yang sesuai.

4. Test model dan optimasi

Melakukan test model untuk menguji keakuratan data yang digunakan. Test data melakukan perbandingan kinerja yang telah divalidasi lalu mengaplikasikan data yang sudah terlatih tersebut untuk menciptakan prediksi data yang baru.

Langkah ini akan menentukan algoritma apa yang akan digunakan, untuk mencapai tujuan tertentu.

 

Jenis algoritma dalam machine learning

mathworks.com

 

4. Jenis-jenis algoritma Machine Learning

Ada 3 jenis algoritma Machine Learning yang perlu kalian ketahui diantaranya Supervised Learing, Unsupervised Learning dan Reinforcement Learning. Berikut penjelasannya:

1. Supervised Learning

Algoritma Supervised Learning digunakan untuk memprediksi berdasarkan data historis di masa lalu. Supervised Learning sudah diberikan instruksi yang jelas untuk melakukan tahapan apa yang harus dipelajari.

K-Nearest Neighbour (KNN) dan Naive Bayes merupakan beberapa contoh algoritma yang digunakan. Misalnya dalam mengetahui kondisi alam seperti gempa bumi, tornado dan lainnya.

2. Unsupervised Learning

Algoritma Unsupervised Learning digunakan untuk mempelajari data dengan melakukan pendekatan data yang biasa disebut Clustering atau menarik kesimpulan dari dataset. Misalnya dalam industri kesehatan, untuk memprediksi penyakit apa yang bisa terjadi secara bersamaan dengan penyakit jantung.

K-Means Clustering Algorithm merupakan contoh algoritma yang digunakan.

3. Reinforcement Learning

Algoritma Reinforcement Learning berbeda dengan Supervised Learning dan Unsupervised Learning. Algoritma ini digunakan untuk membuat komputer dapat mempelajari sendiri dari lingkungan atau environment melalui sebuah agent. Yang artinya komputer melakukan self discovery dan berinteraksi dengan environment secara langsung.

Mesin dilatih secara terus menerus untuk mengambil keputusan secara spesifik berdasarkan kebutuhan bisnis untuk memaksimalkan efisiensi.

Proses ini sangat menghemat waktu karena tidak melibatkan banyak manusia. Markov Decision Process merupakan contoh algoritma yang digunakan.

 

Penutup

Dengan mengetahui apa itu Machine Learning atau Artificial Intelligence mudah-mudah dapat memperluas wawasan kalian dalam dunia digital, Machine Learning atau Artificial Intelligence saat ini menjadi sebuah peluang bisnis menjanjikan di dunia digital. Karena saat ini sudah banyak perusahaan yang mengunakan Machine Learning dan Artificial Intelligence dalam bisnis mereka.

Share