Apa itu Bisnis Online? Manfaat & Kelebihannya

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengetahui pengertian dari bisnis online, bisnis onli...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
4 menit baca
Dilihat
1.1K
Posting
26 Jul 2022
Apa itu Bisnis Online? Manfaat & Kelebihannya Mungkin masih banyak dari kalian yang belum mengetahui pengertian dari bisnis online, bisnis online sendiri sering digunakan oleh banyak sekali orang untuk melakukan kegiatan bisnis mereka. Apa itu Bisnis Online? Manfaat & Kelebihannya
2022-11-25

Bisnis online sendiri sering digunakan oleh banyak sekali orang untuk melakukan kegiatan bisnis mereka.

Yang tentu saja dapat memanfaatkan media internet untuk memperjualbelikan barang ataupun produk, adapun bagi kalian yang ingin mengetahui pengertian lebih lengkapnya, kalian bisa menyimak nya sebagai berikut.

 

Memahami Bisnis Online Dan Manfaatnya

 

 

1. Apa itu bisnis online?

Adapun bisnis online sendiri seperti namanya memiliki arti bisnis yang dijalankan dengan menggunakan media internet.

Yang mana artinya segala aktivitas bisnis dan juga segala jual beli serta pelayanan kepada konsumen dilakukan secara daring atau semuanya melalui media online.

Hal ini mengakibatkan tidak adanya batasan bagi para calon konsumen melihat produk dan juga membeli produk di seluruh Indonesia bahkan di dunia.

Kita juga bisa mengelola di rumah dan juga di tempat manapun selama kita bisa mengakses internet, bahkan sampai saat ini banyak juga orang yang telah melakukan ini dengan tidak bermodalkan uang sama sekali dan hanya memanfaatkan media internet tersebut.

Kita ambil contoh saja saat ini sangat banyak sekali orang yang melakukan bisnis online ini dengan cara melakukan dropshipping, yang mana orang ini hanya memasarkan ataupun menjual barang orang lain dengan harga yang sedikit tinggi agar nantinya ketika barang tersebut terjual mereka mendapatkan untung.

 

2. Mengenal jenis dari bisnis online

Hingga saat ini ada banyak sekali jenis-jenisnya yang sering digunakan oleh para penjual yaitu salah satunya adalah sebagai berikut:

  • 1. Melalui website

Untuk jenis yang pertama adalah melalui website dan biasanya menggunakan media website untuk memperjualbelikan produk mereka.

Salah satunya ketika kalian mempunyai sebuah produk dan kalian ingin memasarkannya kalian bisa membuat terlebih dahulu website perusahaan kalian untuk nantinya para pembeli bisa membeli produk tersebut di website langsung.

  • 2. Melalui media sosial

Jenis selanjutnya adalah melalui media sosial, biasanya sering kita jumpai di berbagai sosial media baik itu Facebook Instagram dan juga sosial media lain.

Kelebihan melalui sosial media ini tentu saja cara menjualnya bisa dibilang cukup mudah kita hanya perlu untuk memposting produk kita pada sosial media tertentu kemudian menunggu pembeli untuk membeli produk kita.

  • 3. Melalui marketplace

Kemudian berikutnya adalah jenis melalui marketplace, biasanya digunakan bagi para penjual yang menjual produk mereka melalui aplikasi marketplace seperti Tokopedia shopee dan juga marketplace lainnya.

Selain beberapa jenis yang telah sesuai sebutkan diatas bisnis online sendiri memiliki beberapa manfaat yang tentu saja sangat menguntungkan bagi para penjual dan juga pelaku bisnis, bagi kalian yang penasaran dan ingin mengetahui apa saja manfaat yang kalian dapatkan dengan menyimak pembahasan lebih lengkapnya sebagai berikut:

 

3. Apa manfaat yang didapatkan dari berbisnis online

Setelah kita mengetahui apa saja jenisnya selanjutnya kami akan membahas apa saja manfaat yang dirasakan, mari kita simak sebagai berikut.

  • 1. Biaya lebih hemat

Manfaat yang pertama tentu saja bisnis online memiliki biaya yang lebih hemat dibandingkan dengan bisnis offline, dalam segi biaya bisnis online tidak terlalu banyak memakan biaya.

Dan ketika kita memulai bisnis online kita tidak perlu untuk menyewa tempat ataupun ruko untuk kita berjualan, kita hanya perlu memanfaatkan kan baik itu website ataupun sosial media dan juga marketplace untuk berjualan.

Bahkan kita tidak perlu untuk menyiapkan modal ketika kita ingin memulai, karena kita bisa menjadi dropship dan memperjualbelikan produk orang kemudian mendapatkan untung.

  • 2. Lebih fleksibel

Manfaat berikutnya adalah lebih fleksibel, bisnis online tentunya memiliki kelebihan ini karena kita bisa melakukan penjualan baik itu ketika kita sedang berada di rumah ataupun di luar.

Beda halnya ketika kita mulai bisnis offline dan membuka sebuah toko di salah satu tempat tentunya kita tidak bisa melakukan transaksi ataupun jual beli ketika kita tidak sedang berada di lokasi tersebut.

Asalkan kita memiliki jaringan internet dan juga handphone ataupun laptop kita bisa melakukan transaksi atau jual beli produk kita ke client.

  • 3. Pasar luas

Manfaat berikutnya tentu saja memiliki cakupan pasar yang luas, kita bisa menjangkau pembeli baik itu dari dalam negeri ataupun luar negeri dengan memanfaatkan berbagai jenis media salah satunya adalah menggunakan sosial media ataupun website.

Hal ini dikarenakan bisnis online tidak memiliki batasan wilayah karena kita melakukan transaksi ataupun jual beli melalui media internet jadi pelanggan di berbagai belahan dunia pun bisa membeli produk kita.

 

4. Lalu apa saja kelebihan berbisnis online?

Setelah kita mengetahui apa saja manfaatnya selanjutnya kita juga perlu mengetahui apa saja kelebihan dari bisnis online ini, adapun untuk kelebihannya sendiri sebenarnya tidak jauh dari manfaatnya tetapi untuk kelebihan dari bisnis online tentunya tidak bisa dihitung dengan kata.

Kita ambil salah satu contoh dari kelebihan bisnis online adalah bisa mencakup pelanggan dari seluruh dunia, dengan kita melakukan ataupun memulai bisnis Online kita bisa memasarkan produk kita baik itu dan dalam negeri ataupun ke luar negeri sekalipun karena tidak ada batasan wilayah.

 

Kesimpulan

Dengan mengetahui apa itu bisnis online dapat membuka ilmu baru bagi kalian yang mungkin awam dengan jenis bisnis ini. Seperti yang sudah diketahui dengan adanya platform e-commerce, sudah banyak orang yang sudah mengeluti bisnis online ini karena banyak manfaat yang dirasakan.

Share