Rekomendasi CMS Gratis Untuk Berbisnis Toko Online!

Toko online saat ini sudah menjadi wajib untuk pemilik bisnis skala kecil atau besar, adanya webs...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
10 menit baca
Dilihat
909
Posting
06 Jul 2022
Rekomendasi CMS Gratis Untuk Berbisnis Toko Online! Toko online saat ini sudah menjadi wajib untuk pemilik bisnis skala kecil atau besar, adanya website CMS yang memudahkan untuk menjangkau konsumen secara luas Rekomendasi CMS Gratis Untuk Berbisnis Toko Online!
2022-11-25

Toko online saat ini sudah menjadi wajib untuk pemilik bisnis skala kecil atau besar, adanya website CMS yang memudahkan untuk menjangkau konsumen secara luas dan juga dapat memudahkan transaksi antar konsumen dengan berbasis sistem secara online.

Namun terkadang bingung untuk menentukan CMS atau platform apa yang ingin digunakan dalam memulai bisnis toko online, kami akan merekomendasikan beberapa CMS toko online yang worth kalian coba, apa sajakah itu?

 

 

6 Rekomendasi CMS Toko Online Untuk bisnismu

Opencart logo

 

1. Opencart

Opencart adalah aplikasi CMS E-Commerce berbasis web, dimana user dapat mengelola konten mereka dengan mengunakan sistem CMS yang mudah digunakan dan memiliki fitur yang sangat baik.

Opencart mengunakan PHP sebagai bahasa yang digunakan dan CMS ini termasuk Open Source. Opencart kini sudah banyak digunakan oleh toko online di berbagai belahan dunia, beberapa alasan mengapa Opencart ini banyak digunakan adalah:

  • Multiuser

Opencart mendukung multiuser yang artinya dapat dikelola oleh lebih dari satu user, tentu saja hal ini akan memudahkan pemilik untuk mengelola toko online mereka, untuk mengelola produk, pesanan, dan lainnya.

  • Affiliate

Affiliate adalah program kerja sama secara terarah untuk mendapatkan keuntungan yang telah disepakati bersama baik dilakukan oleh individu, badan usaha atau organisasi lainnya, dengan bantuan afiliasi ini, pemasaran bisa menjangkau sangat luas dan opencart sudah mendukung hal ini.

  • Tema dan responsive design

Dari tema yang disediakan yang gratis maupun berbayar, sebagian besar sudah mendukung tampilan responsive design dimana tampilan aplikasi dapat menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh user, dengan nilai plus ini dapat meningkatkan engagement kepada user agar berlama-lama berada diwebsite toko online kamu.

  • Pengelolaan yang mudah

Dengan navigasi admin yang mudah dipahami, kamu dapat dengan mudah mengelola seperti produk, kategori produk, diskon, mata uang yang digunakan, tema yang akan digunakan, pesanan yang masuk, dan masih banyak lagi dan juga memiliki tampilan dashboard admin yang modern dilengkapi dengan chart.

  • Multivendor

Opencart mendukung multivendor dimana toko online bisa disulap menjadi marketplace, dimana user yang teregistrasi dapat membuat toko online mereka sendiri, contoh sederhananya seperti bukalapak atau tokopedia, namun fitur ini tidak termasuk dalam default opencart, dimana kamu harus membeli addons ini di marketplace opencart yang disediakan.

Fitur yang disediakan Opencart ini termasuk sangat powerfull dan beragam, bila dibandingkan dengan CMS lainnya, Opencart ini sangat lengkap tentu saja ini merupakan keunggulan tersendiri bagi toko online yang mengunakan CMS ini. Hal lainnya yang penting adalah, CMS ini dapat di kustomisasi, bila kamu menginginkan perubahan sesuai keinginan yang tidak bergantung pada default bawaan Opencart.

Kostumisasi merupakan pilihan terbaik, kustomisasi berperan penting agar tampilan User interface tidak berantakan dan dapat menjaring pengunjung, bila kustomisasi dapat dilakukan dengan baik maka pengunjung akan semakin berdatangan, opencart mendukung kustomisasi ini dan juga memiliki pengaturan untuk melakukan kustomisasi.

 

6 Rekomendasi CMS Toko Online Untuk bisnismu

Shopify Logo

 

2. Shopify

Shopify adalah aplikasi E-Commerce berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat toko online yang memiliki beberapa fitur seperti management produk, harga, pembayaran maupun pengiriman.

Shopify sangat cocok bagi pemilik toko online yang menginginkan toko online tanpa memliki basic coding. User hanya perlu mendaftar dan memilih paket yang dapat digunakan untuk memulai toko online.

Shopify memiliki tiga paket yang disediakan yaitu basic, standar dan advanced, jika kamu penasaran ingin mencoba platform ini, kamu bisa coba dulu trial selama 2 minggu untuk menguji apakah cocok dengan platform ini atau tidak, jika dirasa cocok kamu bisa mengunakan salah satu paket yang disediakan.

Paket basic sangat cocok untuk pertama kali yang ingin mencoba Shopify pertama kali dengan biaya per transaksi 2%, selanjutnya paket standar dimana biaya berlangganan lumayan tinggi dan perbedaannya adalah biaya per transaksi hanya 1% lalu yang terakhir yaitu advanced, yang merupakan paket tertinggi didalam platform ini, biaya berlanggannya cukup tinggi dan tentu saja kaya akan fitur yang ditawarkan dan biaya pertransaksi hanya 0.5%, paket ini hanya cocok bagi pemilik toko online yang memiliki bisnis yang besar.

Beberapa keunggulan dari Shopify adalah:

  • Drag and drop builder

Berbeda dari CMS lainnya, Shopify menawarkan fitur drag and drop pada pembuatan toko online, hal ini sangat cocok bagi pemilik yang tidak memiliki basic coding sama sekali dan semuanya dapat dibangun dengan sangat mudah.

  • Varian tema dan kustomisasi

Banyak sekali tema yang beragam yang hadir pada Shopify ini, dimana tema merupakan elemen yang penting untuk meningkatkan engagement terhadap pengunjung agar berlama-lama di toko online kamu, memliki ratusan tema yang beragam dan dapat dikustomisasi sesuai dengan tema berbayar atau gratis.

Perlu diketahui bahwa Shopify merupakan layanan yang bersifat hosted dimana data yang kamu upload ke shopify masuk kedalam server shopify itu sendiri. kamu hanya perlu memikirkan nama domain yang akan digunakan yang nantinya akan dihubungkan dengan shopify.

 

6 Rekomendasi CMS Toko Online Untuk bisnismu

WooCommerce Logo

 

3. WooCommerce

WooCommerce sebenarnya sebuah plugin dalam wordpress yang mengaktifkan fitur tambahan toko online, WooCommerce bersifat open source dimana pengguna dapat mengutak atik sesuai yang diinginkan. banyak kalangan yang memulai bisnis online mereka dimulai dari WooCommerce ini.

Bagi kamu yang menginginkan platform yang fleksibel dalam mengelola toko online, menginginkan kontrol penuh dalam memantau performa, visitor dan manage produk dan fitur tambahan yang melimpah, kamu bisa mengunakan plugin dari wordpress ini untuk memulai toko online.

Beberapa hal yang menarik lainnya yang terdapat pada WooCommerce ini adalah

  • Plugin

WooCommerce sebenarnya memiliki plugin standar yang bisa kamu gunakan secara langsung, hal yang menarik disini adalah kamu bisa membuat plugin sendiri sesuai yang kamu inginkan, untuk melakukan ini... kamu harus memiliki basic coding terutama dalam bahasa PHP karena wordpress mengunakan PHP sebagai bahasa pemrograman utama mereka dan juga kamu bisa mengunakan plugin buatanmu sendiri untuk toko online kamu atau bisa juga menjualnya kembali.

  • Analytics

WooCommerce menawarkan banyak tools analytic yang dapat digunakan oleh user untuk memonitor data penjualan, stok barang, omset, laba dsb secara mudah dimana hal ini sangat penting untuk dimiliki oleh toko online.

  • Komunitas

Pengguna wordpress hampir tersebar di seluruh dunia termasuk WooCommerce ini, dengan masifnya jumlah pengguna wordpress maka platform ini tidak akan pudar seiring berkembangnya waktu.

Ketika kamu kesulitan untuk mengunakan platform ini atau mencari sesuatu yang berkaitan dengan WooCommerce kamu bisa dengan mudah menemukan solusi di mesin pencari ataupun media sosial.

WooCommerce memliki motto "The most customizable eCommerce platform for building your online business" dengan kata lain platform ini dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan pemilik didukung dengan ribuan ekstensi yang melengkapi toko online kamu menjadi luar biasa.

 

6 Rekomendasi CMS Toko Online Untuk bisnismu

Magento Logo

 

4. Magento

Apa itu Magento ? Magento yang sekarang berubah menjadi Adobe Commerce adalah sistem aplikasi eCommerce berbasis web yang menyediakan fitur untuk toko online yang cukup lengkap, mulai dari pengelolaan produk, pengaturan pembayaran, pengaturan pengiriman, pengelolaan pesanan hingga sistem belanja semuanya tersedia dalam platform ini, dalam skala kecil maupun besar.

Magento ini cocok digunakan sebagai pilihan kamu untuk membuat toko online, desain website yang modern yang user friendly serta optimasi untuk mesin pencari seperti SEO. Magento ini termasuk self hosted dimana kamu sendiri yang mengelola aplikasi ini dari mulai pengaturan database hingga installasi.

Ekstensi yang tersedia lebih dari ribuan ekstensi memudahkan kamu untuk memulai toko online dengan mengunakan magento, ekstensi yang disediakan tersedia dari berbagai kategori mulai dari tema, sistem, pembayaran, pengiriman dan masin banyak lagi.

Sudah banyak perusahaan besar yang mengunakan platform Magento dalam toko online mereka yang tentu sudah menerima transaksi jutaan dolar. dapat disimpulkan bahwa Magento ini memang cocok digunakan untuk toko online skala besar yang dapat menghandle ribuan transaksi setiap harinya.

Apa saja keunggulan Magento ini? 

  • Dashboard admin yang lengkap

Fitur yang penting dalam pengelolaan toko online adalah admin yang dapat mengontrol konten dalam toko online kita, dalam magento sendiri memiliki dashboard yang cukup apik dalam mengelola konten seperti management produk hingga konsumen serta memiliki laporan penjualan yang mendetail meliputi laporan pesanan, pelanggan yang terdaftar, semuanya dapat dikelola hanya melalui panel admin.

  • Seo friendly

Sudah bukan lagi rahasia umum bahwa SEO merupakan elemen yang sangat amat penting dalam sebuah website termasuk eCommerce, magento merupakan platform yang SEO Friendly dimana slug yang ditargetkan bisa disesuaikan dengan produk kita kedalam mesin pencari, serta menambahkan masing-masing meta pada produk kita seperti meta title, meta deksripsi dll, selain untuk SEO hal ini untuk mencegah duplikasi pada konten produk kita.

  • Bahasa dan keamanan

Megento mendukung berbagai bahasa untuk memperluas kembali cakupan konsumen kita dan juga dalam hal security, magento cukup memperhatikan hal ini dengan mengupdate secara rutin sistem keamanan mereka agar terhindar dari DDoS.

  • Komunitas

Karena magento merupakan aplikasi Open Source, banyak sekali developer yang ikut berkontribusi untuk meningkatkan performa maupun pembaharuan software, dengan begitu kamu tidak perlu takut jika kamu mendapatkan masalah ketika terdapat error dalam magento, karena mereka akan membantu kamu untuk menyelesaikan permasalahan toko online magento.

 

6 Rekomendasi CMS Toko Online Untuk bisnismu

PrestaShop logo

 

5. PrestaShop

PrestaShop merupakan aplikasi eCommerce berbasis web yang bersifat open source dan dapat dikembangkan sesuai yang kita inginkan, prestashop merupakan self hosted dengan mengunakan PHP pada bahasa yang digunakan dan MySQL pada penyimpanan datanya.

Sudah banyak juga toko online yang mengunakan Prestashop dalam toko online mereka salah satu alasan mengapa prestashop ini diminati adalah banyaknya tema yang bertebaran.

Sistem yang mudah untuk digunakan, gratis dan fitur yang melimpah, yang memiliki ribuan komunitas yang siap membantu kamu dalam menemui permasalahan dalam pengunaan prestashop ini. ketika kamu mencari platform toko online apa yang bisa saya coba, prestashop mungkin bisa menjadi salah satu list.

Prestashop juga sangat mudah diinstall dalam hosting kamu dan jika kamu memiliki basic PHP kamu bisa mengedit source codenya sesuai yang kamu inginkan. Prestashop telah membuktikan bahwa mereka merupakan platform terbaik dengan mendapatkan penghargaan sebagai best open source solution pada tahun 2010 dan 2011.

Lalu apa saja keunggulan dari PrestaShop ini?

  • Modules

Prestashop mendukung sistem berbasis modules, dimana ketika kamu ingin menambahkan fitur-fitur baru secara dinamis sesuai kebutuhan toko online.

  • SEO optimized

SEO Optimized merupakan fitur lainnya yang terdapat pada PrestaShop, yang mendukung slug SEO friendly, meta title, meta deskripsi yang memungkinkan toko online menjadi baik dalam peringkat mesin pencari.

  • Laporan penjualan

Fitur Laporan penjualan yang membantu dalam mengelola toko dalam menganalisa statistik penjual, real time dan bisa kamu cek kapanpun setiap saat.

  • Pembayaran

Dan juga menyediakan berbagai macam jenis pembayaran yang disediakan berupa transfer bank, paypal, stripe, kartu kredit ataupun pihak ketiga yang dapat diintegrasikan kedalam sistem toko online kamu.

Bagi kamu yang baru pertama kali mempunyai toko online, dalam proses menambahkan produk kedalam PrestaShop tidaklah sulit, dan juga dapat menuliskan deskripsi yang lengkap dan detail karena prestashop tidak membatasi jumlah karakter pada deskripsi mereka.

 

6 Rekomendasi CMS Toko Online Untuk bisnismu

Joomla! logo

 

6. Joomla!

Joomla merupakan CMS untuk membuat suatu website dengan cepat dan mudah, Joomla! sepenuhnya open source yang dapat dirubah sesuai yang kamu inginkan dan mengembangkan untuk menjadi lebih baik lagi secara gratis

Joomla sangat mudah untuk dipelajari walaupun tidak memiliki basic IT, kenyataan ini dapat dilihat dari banyaknya orang lain yang mengunakan Joomla dalam mengunakan kedalam blog, ataupun website lainnya.

Perlu diketahui bahwa CMS ini memiliki banyak sekali ekstensi yang tersedia yang dapat kamu manfaatkan, salah satunya adalah ekstensi Toko Online, paket ekstensi eCommerce umumnya terdiri dari module dan plugin yang bersifat gratis adapun yang berbayar, beberapa ekstensi joomla yang dapat kamu gunakan untuk menjadi CMS ini menjadi toko online yaitu

  • VirtueMart

VirtueMart merupakan salah satu ekstensi Joomla yang sudah tersedia sejak 2006, dengan perjalanan dan pengalaman yang sangat panjang, ekstensi ini semakin matang dan sudah banyak yang mengunakannya, sejumlah fungsionalitas yang banyak dan juga kekuatan utama yang menjadi ekstensi ini begitu kuat adalah komunitasnya yang begitu masif.

  • HikaShop

HikaShop adalah ekstensi e-commerce untuk CMS Joomla yang dibuat dengan mengusung kemudahan dan fleksibitasnya, membantu pengelolaan produk dan juga menyediakan pengelolaan termasuk pajak, bahasa, mata uang yang menyesuaikan dengan keperluan kamu, ekstensi ini termasuk ekstensi yang banyak dipakai karena gratis.

  • JoomShopping

JoomShooping merupakan salah satu ekstensi eCommerce dari joomla yang responsif, ringan dan user friendly, dan juga menyediakan forum dalam website resminya terkait update, permasalahan terkait dengan ekstensi ini, ekstensi ini juga cocok untuk pemilik toko online berskala kecil, ekstensi ini gratis tapi akan dikenakan biaya tambahan jika ingin mengunakan fungsionalitas lainnya.

 

Penutup

Berikut adalah beberapa platform dan ekstensi toko online yang bisa kamu coba sebelum kamu menemukan platform yang cocok untuk toko online dalam jangka waktu yang panjang, dengan berbagai fitur yang disediakan, fungsionalitas dan komunitas yang membantu.

Share