12 Jenis Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari Saat Ini

Jenis pekerjaan freelance yang populer diantaranya penulis artikel, membuat desain logo, sosial m...
Penulis
Admin
Kategori
Serba Serbi
Estimasi
5 menit baca
Dilihat
979
Posting
04 Jul 2022
12 Jenis Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari Saat Ini Jenis pekerjaan freelance yang populer diantaranya penulis artikel, membuat desain logo, sosial media , tapi adakah jenis pekerjaan freelance lain yang dicari banyak diminati oleh pemilik bisnis atau perusahaan. 12 Jenis Pekerjaan Freelance Paling Banyak Dicari Saat Ini
2022-11-25

Setelah kita membahas sebelumnya di artikel tentang situs freelancer yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai karir freelance kalian, kali ini kita akan membahas jenis-jenis freelance yang biasa dicari dan diminati untuk menambah referensi kalian.

Peluang freelance dimasa pandemi ini terutama saat WFH, orang berbondong-bondong menjadi freelance karena banyak sekali diminati, karena selain bekerja yang flexible, jenis pekerjaannya pun bisa kita kuasai dengan hobi kita atau secara otodidak. Hanya berbekal internet yang lancar, pekerjaan freelance ini sudah bisa dilakukan.

Jenis pekerjaan freelance yang populer diantaranya penulis artikel, membuat desain logo, sosial media banyak diminati, tapi adakah jenis yang lain yang juga banyak diminati oleh pemilik bisnis yang mencari freelancer, yuk kita simak.

 

12 Jenis Pekerjaan Freelance Paling Dicari Saat Ini

 

 

1. Voice over

Jenis pekerjaan freelance ini cukup diminati karena menyenangkan, hal yang paling utama adalah jenis suara yang dicari oleh klien. Voice over ini digunakan untuk keperluan yang macam-macam seperti suara pada video game, suara pada e-learning, audiobook dan lain sebagainya.

Semakin banyak portfoliomu dalam voice over, semakin berpeluang besar untuk mendapatkan klien dengan cepat dan orang lain akan tahu akan keahlian kalian dalam voice over dan direkomendasikan ke teman-temannya yang lain.

 

Web Designer Freelance

 

2. Web designer

Bidang IT saat ini menjadi primadona, bagaimana tidak.. hampir seluruh aspek sudah beralih ke digitalisasi. Jenis pekerjaan Web designer menjadi pekerjaan freelancer yang banyak dicari karena pemilik bisnis memerlukan tampilan UI yang baik pada website bisnis mereka.

Sebagai seorang Web designer memang diwajibkan untuk menguasai keahlian dalam HTML, CSS dan Javascript dan software pendukung lainnya seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop.

Tujuan Web designer adalah membuat tampilan website menjadi indah, eye catching dan menarik. Pekerjaan ini yang cukup sulit memang, namun setimpal dengan bayaran yang dihasilkan. Penghasilan yang didapatkan sesuai dengan tingkat kesulitan tertentu. 

Jangan diragukan lagi, saat ini banyak pemilik bisnis mencari seorang freelancer Web designer.

 

SEO Expert Freelance

 

3. SEO Expert

Tidak kalah populer dengan Digital marketer atau social media, SEO Expert bisa menjadi pilihan. Bagaimana tidak SEO Expert termasuk kedalam bayaran yang cukup tinggi. Tujuannya SEO Expert untuk mengoptimasi suatu website kedalam peringkat nomor 1 dan mudah ditemukan kedalam internet.

Bayaran mahal memang sepadan untuk SEO Expert karena tanggung jawab yang tinggi untuk membawa suatu website mencapai puncak tertinggi. SEO Expert memang sangat susah dan butuh waktu untuk mencapai hal tersebut.

 

Content Creator Freelance

 

4. Content Creator

Saat ini banyak perusahaan yang mencari dan memperkerjakan seorang content creator kedalam bisnis mereka. Dan jenis pekerjaan ini termasuk cukup diminati karena banyak digandrungi oleh anak-anak muda milenial.

Tugas seorang content creator adalah mengumpulkan ide, data untuk melakukan konsep dalam mempromosikan produk atau jasa pemilik bisnis ke khalayak umum.

Promosi yang dihasilkan akan sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan oleh klien mereka.

 

Penulis artikel freelance

 

5. Penulis artikel

Jika kalian suka menulis atau menulis kedalam suatu blog, jenis pekerjaan ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari uang tambahan. Bagaimana tidak.. banyak sekali perusahaan atau pemilik bisnis yang mencari freelancer content writer untuk membuat konten artikel pada website mereka.

Penulis artikel biasanya membuat konten tulisan sesuai dengan pesanan klien seperti tema, niche, bahasa yang digunakan dll. Keahlian untuk menguasai berbagai bahasa dibutuhkan untuk menjalani penulis artikel ini. Karena biasanya klien meminta konten tidak hanya dari bahasa indonesia saja. Dan pekerjaan ini bisa kamu lakukan dimana saja.

Jika kalian suka menulis dan memiliki keahlian dalam berbagai bahasa, menjalani content writer freelancer ini akan menjadi suatu kesenangan tersendiri.

 

Editor freelance

 

6. Editor foto

Bagi yang senang edit foto atau sudah ahli dalam mengunakan Adobe Photoshop, jenis pekerjaan ini bisa menjadi pilihan selanjutnya. Dalam industri periklanan, seorang editor foto cukup banyak dicari oleh perusahaan besar.

 

Web developer freelance

 

7. Web developer

Apakah kalian lulusan IT atau memiliki keahlian dalam bahasa programming seperti PHP, Java, Phyton, Node.Js, Go atau Mobile Developer. Jenis pekerjaan freelance ini bisa pilihan dan paling banyak dicari diantara jenis freelance lainnya.

Keuntungan dan bayaran yang tinggi untuk freelancer web developer yang mencapai puluh juta hingga ratusan juta per tahunnya. Dibutuhkan skill yang tinggi dan kreatifitas untuk menekuni web developer ini.

Web developer juga harus bisa menguasai hal lainnya seperti Database, Server, Security, karena itu menjadi nilai plus untuk klien ketika memiliki keahlian lainnya tersebut selain menguasai bahasa pemrograman.

 

Data scientist freelance

 

8. Data scientist

Jenis freelance yang satu ini bereratan dengan angka dan data. Tugas utama dari seorang data scientist adalah membuat algoritma untuk mengumpulkan data yang relevan, menyusun dan menganalisa data yang kemudian diserahkan ke klien dalam bentuk laporan.

Jika kamu senang dengan angka-angka, sangat cocok untuk menekuni data scientist ini.

 

Digital marketer freelance

 

9. Digital marketer

Pasti sudah pernah dengar dengan istilah digital marketer dan mengapa pekerjaan digital marketer ini cukup diminati dan dicari. Di era digitalisasi dan serba modern, untuk memasarkan produk atau jasa hampir sebagian besar dipromosikan melalui internet. Oleh karena itu banyak perusahaan atau pemilik bisnis yang memerlukan jasa digital marketer ini.

Pekerjaan digital marketer ini dituntut untuk bisa melakukan strategi dalam pemasaran online, email marketing, search engine marketing (SEM) atau management SEO.

 

10. Jasa perencana keuangan

Jenis freelance yang satu ini bisa kalian pertimbangkan untuk mengembangkan karir freelance kalian, bagaimana tidak.. sektor pekerjaan ini cukup memiliki bayaran yang cukup tinggi.

Memiliki keahlian dalam bidang finance atau keuangan yang tugasnya melakukan pembukuan, mengatur dan menghitung arus kas dan pajak ini semakin bertumbuh pesat dalam dunia freelancer. Sudah banyak orang yang mengandrungi jenis pekerjaan freelance ini dan banyak pula klien diluar sana yang mengunakan jasa perencana keuangan ini.

 

11.  Social media planner

Bagi kalian yang senang dengan sosial media, menjadi freelancer social media planner bisa mengisi waktu dan menambah pemasukan dompet kalian. Mirip dengan digital marketer dalam hal marketing, social media planner ini membantu perusahaan untuk mengoptimasi suatu konten yang akan diposting kedalam social media mereka.

Seorang social media planner merencanakan dengan matang konten atau postingan seperti apa yang akan dipublish, agar bisa menjangkau konsumen dengan tepat sasaran.

 

12. Fotografi

Suka dengan fotografi? jenis pekerjaan freelance ini bisa menjadi pekerjaan menyenangkan kalian, selain menekuni hobi juga bisa menghasilkan uang. Dari hasil foto yang dijepret tersebut, bisa kalian manfaatkan untuk menjualnya kedalam situs-situs jual foto seperti Shutterstock, Adobe Stock, Alamy dan lainnya.

Alternatif lain selain menjual berbagai foto tersebut, kalian juga bisa menyewakan jasa untuk berbagai project seperti acara pernikahan, wisuda dan lainnya.

Yang terpenting jangan menjual jasa fotografi dengan tarif yang mahal dulu, utamakan untuk mengumpulkan berbagai project untuk portfolio kalian. Semakin banyak portfolio yang dihasilkan project besar pun akan menanti dan lebih mudah untuk mendapatkan klien.

 

Kesimpulan

Diera yang serba digitalisasi dan modern ini, berbagai jenis freelance bisa kalian tekuni sesuai dengan minat kalian untuk menghasilkan uang tambahan atau pemasukan utama.

Share